Cimplung Pisang Goreng

Cimplung Pisang Goreng
Pisang yang dipotong kecil-kecil, dicampur adonan tepung beras dan sagu, lalu digoreng hingga kering


Assalamua'laikum...
Wilujeng wengi...

Pendak deui sareng dinten rebo. Rebo nyunda nya pamirsa... sawios nu teu ngartoseun mah teu kedah maca... heheh... Raos pisan hujan kieu nuang goreng cau sareng cai enteh sonten-sonten. Eh pami di tempat dulur-dulur kumaha, hujan oge? pami di Bandung mah Alhamdulilah sababaraha dinten kapengker teras-terasan hujan... sonten, boh wengi. Raoseun janten tiis deui sapertos biasa. Kumargi kamari-kamari mah panas pisan.

Cai enteh tawar sareng goreng cau haneut tangtos na tiasa janten salah sahiji tuangeun anu janten alternatif kangge "ngopi" pasosore. Pami nyarioskeun goreng cau, saha wae ge tangtosna tos apal pisan. Nanging, benten ti sasari, goreng cau na henteu pararanjang sapertos anu biasa di damel. Tah goreng cau nu ieu mah rada baruleud, kumargi cau na teh dipotongan aralit, henteu digelempengkeun. Teras, kumargi ieu mah didamel na teh nganggo tipung beas sareng sagu, janten langkung garing. Benten ti nu biasa nu bahan na di damel tina tipung tarigu. Janten, upami tos tiis oge, tetep garing keneh moal melempem.... tangtos na raos pisan lah... ^^
_______________________________

Cimplung ini dibuat dari pisang nangka, yang rasanya relatif agak asem, menurut saya.  Sebenarnya, pisang nangka adalah salah satu jenis pisang yang paling saya hindari karena rasanya yang agak asem itu. Tapi entah bagaimana, sekeras apapun saya menghindar, apabila sudah menjadi takdir Tuhan, maka sampai juga di dapur saya, dengan selamat, mulus tanpa cacat, gede-gede lagi....*doohhh... Saya tak perlu menceritakan persisnya bagaimana, yang jelas, di suatu sore yang cerah ceria, pisang ini sudah tergeletak dengan lugunya di meja dapur. Sempat saya kacangin beberapa hari, karena kebingungan, -dan sedikit dongkol tentunya-,  mau diapakan pisang asem ini, pikir saya... tadinya sempet mau dikasih ke pak satpam aja deh, tapi ini sudah kali kedua saya menyia-nyiakan pisang nangka... dan rasanya tak enak menolak rezeki... jadi biarlah, "tunggu sampai saya dapat ide, baru nanti kamu saya pegang... " batin saya, setiap kali melirik gemas pada si pisang.

Lalu saya ingat, dulu mama suka cerita kalo nenek saya, yang asli orang Bogor, sering membuat pisang goreng, tapi pisangnya dipotong kecil-kecil, cimplung namanya. Saya pikir lucu juga kayaknya kalo pisang nangka ini  dibikin cimplung, karena bisa mengurangi keasaman rasanya. Potongannya yang kecil, jadi setiap potongan pisangnya bisa selang seling sama adonan tepung yang di-gula-in, jadi entar pisangnya terasa lebih manis, dari tepungnya itu. Ngerti kan maksudnya...? engga? ya pokoknya gitu lah... Intinya, cimplung yang saya maksud ini adalah pisang goreng yang pisangnya dipotong-potong kecil. 

Sebenarnya, cimplung adalah sebuah nama dengan seribu wajah...*halagh, lebay banget... Jadi kalo di Bogor cimplung adalah pisang goreng, maka di Bandung Cimplung mewujud dalam bentuk bulat-bulat ala cimol, tapi bahannya dibuat dari kentang kukus yang dicampur tepung kanji [aci], semacam perkedel aci-lah... silahkan ceklik dimari untuk lebih jelasnya, dulu pernah saya share resep cimplung versi kentang ini. Nah di daerah lain [Sokaraja, kalo gak salah], cimplung juga ada, tapi bahannya terbuat dari singkong yang direbus dengan air nira, atau air gula hingga empuk. Nah beda banget kan? Tapi apapun itu bentuk atau bahan yang dipakainya, yang jelas semuanya mengklaim bernama cimplung... hihihi



Cimplung Pisang Goreng



Dari sekian panjangnya, basa basi busuk yang saya sampaikan di atas sebenarnya saya tidak akan membagi takaran resepnya secara detil, karena tadi pas saya bikin nggak ditimbang, cuma pake kira-kira aja. Jadi mohon maaf pemirsa... tapi saya harap, siapapun yang ngeclick link ini tidak begitu kecewa, karena sesungguhnya cimplung ini bisa dibuat dengan resep pisang goreng mana saja yang menjadi favorit pemirsa sekalian. Bahkan dengan tepung pisang goreng instan sekalipun. Yang terpenting, pisangnya dipotong kecil-kecil dan digoreng sesendok-sesendok... [sendok sayur, maksudnya, biar gak terlalu kekecilan]. Meski demikian, saya khawatir teman-teman jadi kepo berat kalo gak saya kasih bocoran, kenapa cimplung yang saya buat keliatan lebih kriuk, lebih tipis dan lebih gosong dari pisang goreng biasanya?..heheh... 

Tidak ada yang istimewa sebenarnya. Seperti biasa, saya kalo bikin pisang goreng, nggak pake terigu, tapi lebih suka pake tepung beras, dengan sedikit tambahan tepung sagu atau kanji [aci]. Tujuannya biar teksturnya kering gak mlempem kayak kalo pake tepung terigu. Bagaimana takarannya? Nah, kalo untuk itu, saya kasih gambaran kasarnya aja, misalnya untuk 100 gr tepung beras, maka ditambahkan kira-kira 1 sdt aci atau sagu. Bahan lain yang saya tambahkan selain air yaitu gula pasir [ini yang membuat warnanya jadi lebih gosong] dan vanilli bubuk, nah kedua ini ini, bisa ditambahkan sesuai selera takarannya. Konsistensi cairannya, jagan terlalu kental, karena bisa jadi alot, dan jangan terlalu encer, karena ntar pisangnya sulit terbalut adonan, pokoknya yang sedang-sedang saja. 

Just in case, ada temen-temen yang nanya, bagaimana persisnya kondisi pisang setelah dingin? alotkah? kalo menurut saya nggak, karena hasilnya itu nanti jadi kayak rempeyek gitu, kering, agak sedkit keras tapi tetap renyah... entah kalo temen-temen suka atau nggak dengan tekstur pisang kayak gini, tapi kalo saya sih suka banget. Makanya, kalo misalkan ragu-ragu sebaiknya pakai resep yang biasa dipakai temen-temen aja kalo bikin pisang goreng, hanya pisangnya dipotong kecil-kecil. Emang ngaruh ya, itu potongan pisang ke rasa? kalo menurut saya sih ngaruh banget, rasanya lebih enak, ketimbang yang dipotong gede-gede gitu... makanya sekali-sekali cobalah style kayak gini, biar tau bedanya...:D

Eh ya.. satu lagi, FYI, selain memakai pisang, kita juga bisa membuat cimplung dari bahan lain, seperti yang biasa dibuat mama saya, yaitu pakai nangka dan kelapa muda. Jadi secara keseluruhan sih sama aja kayak bikin pisang goreng, cuma pisangnya diganti dengan nangka yang dipotong kecil-kecil dan ditambahkan potongan kelapa muda, tambahkan sedikit garam juga, supaya rasanya jadi manis gurih... percaya deh, tiap gigitannya bikin merem melek, lupa kalo mertua lewat... *eh

Balik lagi ke bahasan pisang nangka....
Akhirnya setelah dua kali dibikin cimplung, -yang pertama atas inisiatif saya, yang kedua karena request dari anak-anak-, pisang nangka ini tak lagi tergeletak tanpa makna... kini saya mulai nyari-nyari ide yang lain, yang kira-kira bisa bikin pisang tersebut jadi lebih enak dan menarik saat disajikan. Tapi belum kepikiran mau dibikin apa... cake mungkin? atau nagasari? entahlah... yang jelas tak akan ada lagi ending dramatis dengan berakhir di tempat sampah...-seperti yang sempat saya bayangkan sebelumnya- ^^



*P.S: Sekian cerita lebay di hari ini... semoga apapun itu yang saya tulis di atas... tetap bisa bermanfaat dan menginspirasi....



Salam,



14 comments :

  1. ibu suka bikin nih, adonannya dicampur telor juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm..pasti jadi lembut adonannya yah...^^

      Hapus
  2. Salam rindu Ayu...waaaaa rindu banget sy sama dapur ayu...sentiasa ada makanan yg sedap-sedap...sy khabar baik saja..cuma sgt bz dan tak masak yg spesel mcm ayu...malu mau tunjuk di blog...hahaha..thanks 4 visiting ya..take care dear

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah ummi bisa aja ini juga cuma pisang goreng, gak ada yg special:D

      Hapus
  3. wah kayaknya enak yah, bikin ngiler aja, hihihi

    BalasHapus
  4. Aq sering bikin pisang goreng kyk gt. Bru tau namanya cimplung huehehehe... Klo d kampung mertua biasanya pisang kyk kue teh. Tau deh namanya apa. Pisang diancurin, kasi gula n tepung terigu trus digoreng kyk dadar telor. Klo aq becandaan sm medin q blg ini pizza pisang hehehe.... Klo buat medin sih tpungnya dganti havermuth

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya yang diancurin disaya juga ada cuma gak tau namanya apa... eh tapi gak pernah nyobain makan lho heuheu...

      Hapus
  5. Balasan
    1. coba tengok judulnya, lagian siapa yang bilang bala-bala sih?*ngikik

      Hapus
  6. Wah... Baru denger nama jajanan ini Mbak.... Klo pakai pisang cavendish pasti ga bisa ya, bakal mblenyek...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa juga kayaknya, soalnya tadi sy nyoba pake pisang ambon gak blenyek kok...:D

      Hapus
  7. nah emang bener di bogor cimplung itu pisang goreng yang dippotong kecil2 pisangnya...
    jadi begitu denger cimplung dari aci dan kentang aneh juga hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya teh... Asa gmn gt yah.sm jg wkt sy nemu buras isi oncom dibilangnya comro di tempat mertua sy.padahal comro kan dr singkong hehe

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^