Cimplung

Kentang dicampur tepung kanji dan bumbu, kemudian digoreng hingga kering...

Assalamua'laikum...
Wilujeng wengi...

Cimplung? apaan tuh..? aci kecemplung? hehhehe iya mungkin... ini juga baru pertama kalinya saya bikin. Gara-garanya kemarin di grup fb NCC ada yang posting cimplung ini. Katanya kalo dimakannya pas lagi panas kulitnya kering, tapi dalemannya jadi chewy kayak mozarella goreng... kebayang donk... tadinya saya pikir salah satu bahan pembuatnya emang pake mozarella, ternyata enggak, cuma kentang sama aci [kanji]. Nah kanjinya itu yang bikin teksturnya bak mozarellos... 

Resep asli cimplung ini kalo gak salah dari teh Dyvka Lydya. Resep yang saya tulis di bawah udah saya modif disesuaikan dengan selera saya. Saya tambahin sedikit keju dan irisan daun bawang, jadinya mirip-mirip ke perkedel hehehe... apalagi teksturnya gak begitu chewy, kayaknya kandungan airnya kurang, karena kentangnya saya dinginkan dulu gak langsung diuleni dengan kanji. Jadi kadar airnya udah menyusut karena menguap. 

Cimplung ini enak saat disajikan hangat, soalnya kalo udah dingin, jadinya kempis dan kurang elastis pas ditarik... kayak yang digambar di bawah, itu kondisinya udah dingin, kelamaan dipoto heheh... O yah saat menggoreng sebaiknya jangan langsung semua, karena agak nempel-nempel, rada repot misahinnya. Kalo temen-temen mau tau resep aslinya yang  dari teh Lydia, komposisinya kira-kira kayak begini: 1/2 kg kentang, kukus, haluskan, jangan digoreng, tapi dikukus ya.. ditambah 1 sdt merica butiran, diulek, ditambah, 3 siung bawang putih, dihaluskan, garam dan penyedap. Untuk modifikasinya, silahkan lihat resep di bawah...^^





CIMPLUNG

 








    300 gr kentang, kupas, kukus, haluskan
    60-70 gr tepung kanji
    1/4 sdt garam
    1/4 sdt kaldu bubuk
    Keju cheddar, parut halus, sesuai selera
    1 tangkai daun bawang, iris halus
    1/2 sdt merica bubuk
    3 siung bawang putih, parut halus
    Minyak untuk menggoreng






Campurkan semua bahan, kecuali minyak. Aduk hingga rata dan bisa dibentuk. Ambil sedikit adonan, bentuk bulat-bulat kecil, lakukan sampai habis. Panaskan minyak, goreng kentang hingga permukaannya kecoklatan dan kering. Angkat, tiriskan. Tusuk dengan tusuk sate, supaya penyajiannya lebih menarik.


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



12 comments :

  1. hmmm...jadi pengeen nih Mbak...

    BalasHapus
  2. Lah aq jg sering bikin cimplung.tapi ternyata beda. Haha. Ternyata banyak cemilan bernama cimplung. Klo aq dari singkong. Konon dari banyumas. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooo gt? maksudnya singkongnya diapaain mbak? dibulet2in juga kah...?:D

      Hapus
  3. Balasan
    1. bukan, ini buat main klereng..:P

      Hapus
    2. Ooohhh si eceu ngemilna kelereng ya...?
      Kirain kue cimplung...

      Ya sudah, kuenya buat sy aja yah....

      Hapus
    3. enya da aku teh kuda lumping..:P

      Hapus
  4. Teh ayu kalau di bogor mah cimplung teh pisang goreng ... jd pisangnya dipotong kecil2 truz baru dicampur terigu dan air truz digoreng kayak pisang..lah ini beda lagi yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya persis kayak pisang goreng mamah [mamah masih keturunan bogor] katanya pisang goreng yg dipotong2 itu namanya cimplung hehe satu nama beda2 jenis ya...:D

      Hapus
  5. Banyumas cimplung teh singkong balut gula merah,sama daerah saya juga,✗ί✗ί✗ί✗ί ✗ί✗ί✗ί✗ί :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooo beda lagi? hihihi... makin banyak aja makanan bernama cimplung:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^