Kue Lumpur Singkong

Kue Lumpur Singkong
Kue tradisional yang terbuat dari singkong, sedikit terigu, margarin, susu dan gula...

Assalama'laikum....
Wilujeng siang...

Haaii met wikend...
Kemarin iseng nyobain bikin kue lumpur singkongnya Bynsacake yang resep aslinya dari majalah Muzzaki.  Saya nyontek resepnya dari diblog mbak Hesti [makasih ya mbak...^^]. Hasilnya nyam-nyam sesuai perkiraan saya... teksturnya padat, tapi lembut dan enak meski disajikan panas atau pun setelah dingin. Rasanya tidak begitu manis, dan bau langu-langu ala singkongnya hilang karena pake margarin.

Seharusnya resep ini dikukus dicetakan kue kecil-kecil, kayak kue talam gitu. Tapi seperti biasa, saya menghindari cetakan dari plastik, jadi saya pake ramekin aja. Dan karena males repot, sekalian saya masukin ke ramekin ukuran sedang, jadi lebih praktis donk, gak banyak cucian.... makannya tinggal dipotong-potong atau disendokin...



 Kue Lumpur Singkong


Keseluruhan plek udah mirip banget sama resep asli, kecuali santannya saya ganti pake SKM. Bukan kenapa-kenapa, males aja ngobrak-ngabrik nyari santannya, kelupaan ntah di taro dimana... Entahlah, mulai rempong nih sama bahan-bahan kue dan masakan, bertumpuk-tumpuk gak jelas... jadi saya pakai, apa yang memungkinkan untuk dijangkau saja, ada satu sachet susu kental manis sisa, ya pake itu... tetep gurih kok... Tapi kalo temen-temen mau pake santan aja, tambah gulanya jadi 50 gr...^^



KUE LUMPUR SINGKONG
Source: Hesti Kitchen


Kue Lumpur Singkong






250 gr singkong yang sudah diparut
50 gr tepung terigu
1 sachet SKM [sekitar 42 gr] cairkan hingga menjadi 125 ml,  atau ganti dengan 125 ml santan
3 sdt gula
1 sdm margarin, cairkan
1 btr telur [atau 2 btr jika ukurannya kecil] 
1/4 sdt garam
Kismis untuk taburan




Kocok gula dan telur asal rata, saya cuma pake handwhisk. Masukan singkong parut, aduk rata. Masukan garam, santan, aduk rata. Terakhir masukan margarin cair, aduk lagi hingga rata. Masukan ke dalam ramekin atau cetakan yang sudah dioles minyak/ margarin. Taburi dengan kismis. Kukus selama kurang lebih 20 menit, jangan lupa membungkus tutup kukusan dengan serbet ya... Kelurkan dari kukusan, biarkan dingin, baru keluarkan dari cetakan.

Selamat mencoba semoga bermanfaat...

Salam,




6 comments :

  1. namanya meyakinkan pasti makanan ini ngga enak dan menyeramkan, tapi gituh liat gambarnya..ehmmm....makjleb banget kayanya tuh nikmatnya.
    sayangnya cuman diisengin doang, coba kalau diberdayakan lebih lanjut, tentu akan memberi nilai ekonomi bagi para tetangganya.

    BalasHapus
  2. Hasilnya sllu menggoda, sayang hanya bisa memandang sambil sedikit...ngecsss :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga apa2 mas minimal masih bisa ngintip...:P

      Hapus
  3. lama tidak berkunjung dan sekalinya bertamu aku malah naksir ramekinnya hahaha.. tapi isi ramekinnya juga bikin laper :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. heuheu..
      lagi sneng sama ramekin nih mbak...:D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^