Balado Ayam Suwir

Balado Ayam Suwir
Ayam suwir yang dimasak bersama cabe, bawang, gula, garam dan daun jeruk...


Assalamua'laikum...
Wilujeng siang...

Nemu poto ini di draft. Kayaknya sih udah sekitar 2 atau 3 bulan yang lalu dibikinnya tapi kelupaan karena bertumpuk-tumpuk dengan draft postingan yang lain yang sekarang mulai banyak lagi karena sekarang udah gak posting tiap hari, padahal masak-masak atau bikin kue gitu tetep jalan. Cuma kadang suka males karena koneksinya ampun-ampunan deh. Tadinya udah mau di delet aja nih poto-poto, tapi eh, sayang juga... Biarpun gambarnya rada aneh, entahlah saya gak suka sama tone warnanya, tapi bagaimanapun ini hasil jungkir balik motretnya heuheu... 

Resep ini sama aja kayak bikin ayam balado biasa, bedanya yang ini mah ayamnya disuwir-suwir dulu. Biar gampang makannya, gak perlu mempreteli lagi dari tulang.... Kalo gak punya dada ayam fillet, gak apa-apa pake ayam bertulang biasa aja. Sebelum dimasak, ayamnya boleh direbus atau digoreng dulu, nanti setelah itu baru disuwir-suwir. Bumbunya simple, sebagaimana halnya balado ayam, cuma cabe, bawang, gula, garam dan sedikit perasan jeruk nipis, bila suka, serta beberapa lembar daun jeruk...


Balado Ayam Suwir


Mudahan-mudahan bisa menginspirasi buat temen-temen yang udah bosan dengan aneka olahan ayam yang begitu-begitu saja. Meskipun, sebenarnya gak ada yang istimewa dari ayam balado ini, tapi karena disuwir-suwir itu, makanya jadi keliatan agak beda...^^


BALADO AYAM SUWIR


Balado Ayam Suwir






500 gr dada ayam, goreng atau rebus, angkat, tiriskan, suwir-suwir
2 lembar daun jeruk
1/4 buah jeruk nipis, peras airnya
1/4 sdt kaldu bubuk
Minyak untuk menumis
1/4 gelas air [optional]
1 tangkai daun bawang [bila suka] iris halus
Gula
Garam


Bumbu [ulek kasar]
8 buah cabe keriting
3 buah cabe merah besar
5 buah bawang merah
3 siung bawang putih





Panaskan minyak, tumis bumbu yang sudah diulek hingga benar-benar harum, masukan daun jeruk, aduk rata. Masukan ayam, aduk-aduk, tambahkan air bila terlalu kering, masukan gula, garam dan kaldu bubuk, aduk rata. Tambahkan daun bawang, biarkan hingga kuahnya menyusut. Cicipi, paskan rasanya dengan selera masing-masing. Angkat sajikan.
 

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



12 comments :

  1. aku sukaaa propertinya, biruuu. beli dimana teteh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di mutiara kitchen mbak, jadi itu tuh toko khusus prabotan di Bandung, tempatnya gede dan murah2, kayak ramekin gini harganya sekitar 10-14ribuan, lupa. pokoknya dibawah 15rban deh, padahal ukurannya lumayan sedeng, gak begitu kecil...^^

      Hapus
  2. Bahasa'y makin sharp aja nih si mamih... ky'y g ky dulu2 wkt aku br menemukanmu d blog ini deh...

    Hmmm... napa yaaaaahhh...? Kl dulu baca kata2 d tiap postingan bs bikin ngikik sndri... tp skrg mah bawaannya serius ajah gituh...

    *ngumpet aaahhh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. heu... iya teh aslinya emang aku tuh orangnya lempeng, penyendiri dan gak lucu... kadang suka pedes malah hehe... sering bgt pengen ngerubah kebiasaan, biar jadi ornag yang lebih terbuka, coba ikut di grup ini itu [grup masak-memasak] pada akhirnya teuteup gak bisa. kalo udah temenan ma orang itu, ya ituuu aja susah buat temenan sama yang lain.

      tapi sebegimanapun pedesnya, aku ornag yang selalu menghargai setiap apresiasi dari pembaca.tiap komen yang masuk pasti ku reply, kecuali kalo komennya masuk ke spam atau lupa. dan biasanya aku gak akan posting resep baru sebelum komen2 dr pembaca di riply semua, sebagai bentuk pengahrgaanku sama mereka... ^^

      Hapus
  3. biar nemu tetep anjrit lah poto si euceu
    hajarin aku atuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. masak sih om... hihi...
      *hajar pake halu*

      Hapus
  4. Balasan
    1. makasih ummu... tapi putihnya kurang bening:D

      Hapus
  5. klo aku kok malah suka ya ma foto ini teh..perpaduan biru-putihnya segeerr

    BalasHapus
    Balasan
    1. heuheu...iya lumayan, cuma warnanya kurang bening, putihnya kusem mbak Oki...^^

      Hapus
  6. tetehh..air jeruk nipisnya diapain?.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh diapain yah? haha lupa...
      kalo gak salah dimasukin ke bumbu pas dimasaknya... tapi optional kayaknya, kalo gak suka gak usah pake heuheu maap...:D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^