Keripik Jamur Kancing

Keripik Jamur Kancing
Jamur kancing yang digoreng dengan campuran tepung, telur dan bumbu...

Assalamua'laikum...
Wilujeng enjing... selamat pagi...

 Iseng, bikin camilan dari jamur kancing sisa bikin Gongso ayam jamur kemarin. Jamurnya diiris tipis-tipis, dicelup ke dalam telur kemudian digulingkan ke dalam campuran tepung. Hasilnya, renyah, gurih dan enak banget... padahal saya melapis tepungnya asal gabres saja gak satu-satunya.. jadinya bergumpal gak karuan, gak setipis keripik.. tapi tetap kriuk dan gak keras, mungkin karena penambahan kuning telur dan perpaduan tepungnya yang pas...

Soal perpoaduan tepung, nah ini dia masalahnya saya gak nimbang dengan cermat berapa takarannya. Karena jamurnya cuma dikit, jadi saya masukin asal aja. Tapi kalo saya ingat-ingat, kira-kira perbandingannya gini, dua bagian untuk tepung beras dan satu bagian masing masing untuk tepung terigu dan tapioka [2:1:1]. Udah kebayang kan? yah... meski resepnya gak begitu akurat, tapi mudah-mudahan bermanfaat ya...^^


Keripik Jamur Kancing


KERIPIK JAMUR KANCING


Keripik Jamur Kancing







Campuran tepung beras, tepung terigu dan tapioka dengan perbandingan kira-kira 2:1:1
5 buah jamur kancing, itris tipis
1 btr telur
1/4 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt garam [atau disesuaikan dengan banyaknya campuran tepung]
1-2 siung bawang putih, parut
1/2 sdt merica bubuk
Minyak untuk menggoreng







Campurkan tepung terigu, tepung beras dan tapioka, aduk hingga rata. Sisihkan.
Kocok telur, masukan garam, kaldu bubuk, bawang putih dan merica, kocok lagi hingga rata. Ambil jamur yang sudah diiris, masukan ke dalam tepung hingga tertutup, kemudian celup ke dalam telur lalu gulingkan lagi di atas tepung. Jika ingin rapi dan tipis-tipis, lakukan satu persatu, kalo saya, karena malas, saya masukin sekaligus, jadinya patah-patah dan agak menggumpal. Goreng dalam minyak panas hingga kering kekuningan. Angkat, sajikan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



10 comments :

  1. Salam KRiuuukk...

    Pagi2 disuguhin jajanan gurih gini... hmmmm... bisa2 males nyuci n bebenah nie...

    Hahahaha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahha bener.. jadinya duduk aja depan meja, sambil ngemil..:D

      Hapus
  2. lagi edisi jamur ya, ceu..?
    *nunggu bahas jamur kulit ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga nunggu edisi jamur kuning melengkung nih,,,,,....
      ____________________^_*_________

      Hapus
    2. daripada geuleuh bahas jamur kulit, mending jamur baju aja ah...*ngacir*

      Hapus
    3. balik lagi ah ngacirna....
      janur atuh eta mah eceu...
      tapi piraku pak Azraf mau menjamur kuning lagi?:D

      Hapus
    4. Mendung ceu... gak usah jamur baju, bikin cape ajah... nti repot kan kalo kudu minum jamur pegal linu!!!

      Etah pak azraf mah ky'y cukup hiji oge awet...
      Hehehe...


      ________amitamitjabanggajahdah_______

      (×_×)'

      Hapus
    5. hihihi...
      tah makanya kade ah:D

      Hapus
  3. awet kriuknya ga Mbak? klo udah melempem bakal alot apa empuk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal langsung disimpan di wadah kedap udara, InsyaAlloh kriuk trs um,
      wah kalo alot apa nggaknya saya kurang tau, soalnya belum nyampe 3 jam, udah abis sama anak2 heheh... dan kondisinya masih garing setelah 3 jam itu......

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^