Gongso Ayam Suwir & Jamur Kancing

Gongso Ayam Suwir Jamur Kancing 
Ayam yang dimasak bersama jamur dengan citarasa manis pedas dan sedikit agak asam...

Assalamua'laikum...
Wilujeng siang...

Ya Alloh.. hilap pamiarsa.. dinten ieu teh dinten rebo, janten kedahna sapertos biasa rebo nyunda. Kumargi tadi enjing teu kantos online janten apdet resepna tos siang pisan, saparantos masak, beberes sareng popotoan. Teras meser pulsa heula, kumargi kuota internet tos seep, janten kahilapan pambuka na teu ngaggo basa sunda, nembe emut bieu...heheh... mugi-mugi dimaklum lah...

Dina dangeut ieu kaleresan aya resep hayam nu dimasak sareng supa. Raos pisan. Saleresna ieu resep teh biasana ngaggo babat sanes hayam. Tah kumargi abdi mah teu wantun masak babat janten digentos ku hayam wae. Teu keudah mang-mang tur salempang... sami raosna sanajan eta babat digentos kuhayam sareng supa, bilih teu percanten, mangga cobian...^^

____________________

Bikin gongso ayam dan jamur ini terinspirasi dari postingan temen-temen di dapurmasak yang menurut saya agak unik... Penasaran jadi pengen nyobain. Apalagi setau saya yang biasanya dibikin gongso itu babat sapi... cuma karena saya agak-agak ngeri membuat olahan dari jeroan sapi dan lagi belum tentu Daddy sama anak-anak mau makan jeroan dengan penampilan bak lap handuk basah hahah.. jadi saya pilih yang aman aja, pake ayam yang dicampur sama jamur kancing. Padahal saya sendiri gak pernah makan gongso, jadi ini kira-kira aja. Katanya citarasa gongso itu manis pedas, gitu.. jadi berbekal gugling sana sini akhirnya saya bikin gongso ala saya aja hehe...

Kalo temen-temen mau nyoba juga tapi gak punya jamur, skip aja jamurnya, ganti semuanya dengan ayam. Saya juga sebenarnya gak niat ditambahin jamur, cuma karena ayamnya seuprit jadi biar banyak ditambahin jamur.. dan biar lebih lengkep juga sih gizinya, karena jamur kan baik untuk kesehatan dan pencernaan..^^


Gongso Ayam Suwir Jamur Kancing

 
Gongso Ayam Suwir Jamur Kancing

Gongso Ayam Suwir Jamur Kancing



GONGSO AYAM SUWIR DAN JAMUR KANCING



Gongso Ayam Suwir Jamur Kancing








250 gr dada ayam, goreng, suwir-suwir
5 buah jamur kancing segar, iris tipis
1 sdm saus tomat
1 1/2 sdm kecap manis
1 buah tomat, potong kotak
1 tangkai daun bawang iris halus
1/4 sdt garam
1/4 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt gula
1/2 sdt merica
2 cm lengkuas, geprek
1/2 gelas air
Minyak untuk menumis





Bumbu yang dihaluskan:
4 buah bawang merah
3 siung bawang putih
3 btr kemiri
1/2 cm jahe
4 buah cabe keriting [jika ingin lebih pedas, silahkan tambahkan cabe rawit]







Panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum. Tambahkan lengkuas, masak sebentar. Masukan jamur, daun bawang dan tomat, aduk. Tuang air, masak hingga air mendidih. Masukan gula, garam, merica, kecap, saus serta kaldu bubuk. Masukan ayam, masak terus hingga kuah agak menyusut. Cicipi, paskan rasanya dengan selera masing-masing. Angkat, sajikan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



8 comments :

  1. enakkkkkkkk..apalagi makannya sama nasi putih anget,,nyemmmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa saya aja yang biasa makan sekali kemarin makannya jadi dua kali huaaaa..
      :D

      Hapus
  2. miss u n ur food sooooo much...bz sangat skarang ni....jamur tu apa ya?

    BalasHapus
  3. Ho oh... reboan si teteh teu nyunda... hehehe... ternyata porget nya...?


    Aku mah paling sebel kalo ada taburan daun bwg mentah tuh teh... rasanya jd males aja gt makannya...
    Sbnrnya td nya mah kl ada daun bwg d makanan tggal d pinggirin ajah.. tp pas hamil pertama jd makin illfeel gitu... smpe skrg kl masak pk daun bwg ya kudu mateng dia....

    Hehehe....
    *panjang amat komennyah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama teh aku jg gak suka kalo mentah, ini mah buat hiasan aja, paling yg makannya si dia aja hihihi...

      Hapus
  4. gongso=tumis, klo bahasa jawa ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooo gongso itu artinya tumis? kirain semacam soto atau bacem gitu hihi...dudul banget..

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^