Bugis Ubi Kuning

Bugis Ubi Kuning
Kue yang terbuat dari ketan dengan campuran ubi dengan isian kelapa yang dimasak bersama gula merah...

Assalamua'likum...
wilujeng wengi...

Pendak deui kana dinten rebo. Sapertos biasa rebo nyunda. Tah kaleresan tadi enjing simkuring ngadamel kueh bugis anu pastina tos pada tarerang nya urang Sunda mah. Ieu kueh kaetangna gampil didamel, tapi raoos pisan, tangtosna teu kedah dicarioskeun dei. Kumargi ieu kueh teh bahan utami na didamel tina ketan ditambih kalapa, santen, sareng gula beureum, dibungkus ku daun cau teras diseupan. Dituang na,  pami tos tiis, cocok pisan kangge ngeteh atanapi ngopi pasosore.

Bilih aya nu peryogi resep na mangga kantun discrol ka handap.....^^
__________________________________

Bikin kue bugis lagi. Kalo kemarin kue bugis dengan campuran kentang,  dan itu cuma dikit, kali ini saya ganti pake ubi, dengan jumlah ubi yang lumayan banyak. Untuk isiannya sama aja kayak kemarin dan gak ditambah takarannya, karena kali ini kulitnya saya bikin lebih tebel, jadi tetap pas untuk isian segini. Karena dibikinnya ditebelin itu, maka jadinya cuma sebelas buah aja, kalo kemarin jadi 13 buah. Lumayan kenyang buat dimakan berdua sama Aiko heheh...

Hasilnya?  enaaak.... banget. Ternyata penambahan ubi ini ngaruh ya,  baik ditekstur maupun warnanya. Keliatan kan yang ini gak pucat kayak kemarin, begitu juga teksturnya jadi lebih chewy, dan kalo ditarik jadi elastis gitu... gak alot sama sekali. Padahal saya simpan di udara terbuka agak lama dalam keadaan tanpa dibungkus daun, kayak yang dipoto itu, tapi pas digigit tetep lembut dan kenyal. Kalo rasa sih sama aja, maksudnya, aroma ataupun rasa ubi nya nggak dominan, malah kalo warnanya gak jadi kuning, gak ketauan kalo itu pake ubi. Pokoknya enak, cobain deh...^^






Bugis Ubi Kuning


BUGIS UBI KUNING


Bugis Ubi Kuning







Kulit
150 gr tepung ketan
100 gr ubi kuning yang sudah dikukus dan dihaluskan
1/4 sdt garam
100-120 ml santan hangat [atau hingga adonan dapat dibentuk]



Isian
120 gr kelapa parut
50 gr gula pasir
75 gr gula merah, sisir [takaran gula silahkan disesuaikan dengan selera]
1/4 sdt garam
1 1/2 sdt tepung ketan
1 tangkai daun pandan atau 1/2 sdt vanilla bubuk
150 ml air







Isian
Campur semua bahan, masak hingga gula larut semua dan air menyusut. Cicipi, paskan manisnya dengan selera masing-masing.


Kulit
Campurkan ketan, gula garam hingga rata, masukan ubi dan santan sedikit-sedikit sambil diuleni hingga rata. Hentikan penambahan santan apabila ketan sudah dapat dibentuk. Ambil sedikit adonan ketan, pipihkan, kemudian beri isian. Tutup. Bungkus dengan daun pisang yang sudah dioles minyak goreng, supaya ketannya tidak lengket ke daun. Lakukan sampai habis, lalu kukus selama 15 sampai 20 menit. Angkat, sajikan setelah dingin atau hangat.

 Selamat mencoba, semoga bermanfaat...


Salam,



2 comments :

  1. Kalo didiamkan d udAra terbuka selama 3bulan msh kenyal ga sis...?

    Mantep nih...
    Kebayang deh setok ubi nya segudang kali yah... segala mcm kue d ubi in...

    [°_°`]

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan cuma kenyal tapi juga bulukan jadi oncom..:P

      heem ceu dan itu masih nyisa banyak lho hahahha

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^