Bakso Tahu Sayur

Bakso Tahu Sayur
Bakso tahu ayam dengan campuran jamur, daun bawang dan wortel...


Assalamua'laikum...
Wilujeng sonten...


Hari ini ngantuk berat, jadi ngapdet resepnya kesorean. Ngapain aja gitu? tidur? nggak juga... ngemil aja seharian.. heheh...
Yarrp... resep hari ini saya bikin bakso tahu lagi. Sebenarnya bikinnya sih kemarin, cuma karena banyak, jadi saya simpan di frezeer sebagian. Enaknya bikin bakso tahu itu kalo pun gak habis dalam sehari, bisa dibekuin. Buat berapa lama? hm.. kalo saya sih gak lebih dari dua hari, bukannya karena gak tahan lama, tapi karena gak tahan pengen makannya hihi... ya kira-kira 3 hari lah di suhu frezer yang stabil.

Kalo Bakso Tahu yang saya bikin bulan kemarin kan pakenya wortel aja, kali ini selain wortel saya tambahin jamur kuping dan daun bawangnya lumayan banyak. Tapi jumlah ayamnya cuma 200 gr aja, ngabisin stok di frezer, jadi seadanya. Untuk adonannya kalo yang ini saya tambahin sedikit terigu, tetap kenyal sih tapi lembut. 

Bumbu kacang dan adonan bakso tahu nya seperti biasa saya tambahin santan biar gurih. Cobain deh, aroma dan rasanya lebih nendang kalo pake santan itu. Gak usah banyak-banyak juga. Misalnya satu bungkus santan instan itu kan isinya 65ml, nah yang 25 ml nya untuk adonan bakso tahu, sisanya masukin ke bumbu kacang. Segitu aja udah bikin rasanya gurih banget. 

Penyajian bakso tahunya saya bikin yang lumayan komplit. Pake kentang, kol rebus dan telur rebus. Yang kurang cuma pare aja. Kalo di Bandung bakso tahu itu lazimnya pake pare, entah kalo di daerah temen-temen suka pake pare juga gak? jadi si pare nya itu dimasukin adonan bakso tahu terus dikukus gitu... pait-pait asoyy... Sayang Daddy gak suka jadi gak pake. Tapi kalo temen-temen penggila berat pare, silahkan tambahin aja ya...^^



Bakso Tahu Sayur

Bakso Tahu Sayur

Bakso Tahu Sayur


BAKSO TAHU  SAYUR


Bakso Tahu Sayur







20 buah tahu pong
200 gr dada ayam fillet, haluskan
100 gr jamur kuping, iris halus
100 gr wortel, serut halus
2 tangkai daun bawang, iris tipis
1 btr telur
25 ml santan kental instan
125 gr tapioka
25 gr tepung terigu
4 siung bawang putih, parut halus
4 siung bawang merah, iris tipis
1 sdt minyak wijen
1/2 sdt kaldu bubuk
1 sdt gula
3/4 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
3 sdm minyak untuk menumis


Bumbu kacang [blender semua bahan kemudian masak hingga mengental dan berminyak]
150 Kacang tanah, goreng
40 ml santan kental instan
air secukupnya
5 sdm minyak
1/2 sdt kaldu bubuk
[2 buah cabe merah, 2 buah cabe keriting, cabe rawit, 4 btr bawang merah & 3 siung bawang putih, goreng sebentar]
Gula merah
Gula pasir
Garam








Panaskan minyak, tumis bawang merah hingga harum. Masukan jamur, wortel dan daun bawang, aduk sebentar, masak asal layu. Matikan api. Siapkan ayam, tambahkan gula, garam, merica, kaldu bubuk, bawang putih, minyak wijen, santan dan telur. Aduk rata. Masukan tumisan sayur, tapioka dan terigu, aduk hingga rata. Sisihkan.

Ambil satu buah tahu, kerat tengahnya, masukan adonan isian, lakukan sampai habis, kemudian kukus hingga matang. Angkat, sajikan bersama dengan kol yang sudah dikukus, kentang, telur, kecap, jeruk nipis, dan bumbu kacangnya. Sedap!

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



10 comments :

  1. Wah wah rasa yang seanggun penampilan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih pa Asep sok tahu!!!

      ini pakenya tahu kulit apa nih teh???

      Hapus
    2. tahu kulit biasa aja teh, seadanya di tukang sayur... yang coklat itu lho,

      Hapus
  2. klo saya nyebutnya batagor kukus...hehe...kadang tahu aci jg saya kukus :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihiihi...
      kalo disini kalo yang digoreng disebutnya batagor kalo yang dikukus disebutnya bakso tahu..:) adonannya sih mirip2...

      wah sy blm prnah nyobain yang tahu aci kukus, enak kali yah, dicolek sambel...nyamnyam..

      Hapus
    2. O gitu ya....memang enak ya....resepnya bisa suka2 ^^

      Hapus
  3. wah aq suka pare mba...ibuku kalau bikin pasti ada parenya dan parenya diisi daging giling, selain kentang dan kol rebus, tapi tahunya cuma diisi gilingan daging aja (bakso) ga pake sayur :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi... biar anak2 sekalian makan sayur gt mksdnya mbak.. :D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^