Bakso Tahu Ayam Wortel

Bakso Tahu Ayam Wortel
Ayam giling dengan campuran wortel dan tepung tapioka dimasukan ke dalam tahu pong kemudian dikukus dan disajikan bersama kecap dan bumbu kacang...


Selain batagor, bakso tahu merupakan salah satu jajanan yang selalu tersedia di hampir setiap sudut kota Bandung. Dari yang harganya miring sampai yang mahil juga banyak. Cuma sayang, saya tidak bisa bersahabat dengan aromanya. Bau ikannya bikin kejengkang padahal dari jarak yang cukup jauh. Yang keliling komplek juga ada. Nah kalo yang ini, enaknya biasa, tapi mahal bok... dan baunya gak nahan. Jadi kalo saya beli biasanya cuma milih kentang atau telur rebus sama kolnya aja yang disiram bumbu kacang sama kecap. Bayangin, terus apalah arti beli bakso tahu tanpa bakso tahu di dalamnya? itu tuh kayak ke KFC terus yang dibeli cuma es krim atau pudingnya doang...heheh...

Membuat sendiri bakso tahu, bagi yang tidak senang dengan ikan, seperti saya,  tentunya lebih memuaskan. Dapat banyak, rasanya enak dan bersih pastinya. Selain ayam, kadang adonnanya saya campur juga pake udang. Dulu pernah posting resepnya disini, barangkali temen-temen pengen nyoba yang dipakein udang, silahkan klick aja. Tapi kali ini saya pakai dada ayam fillet plus satu paha ayam. Penambahan paha ayam ini memberikan tekstur yang agak agak gimana gitu, enak pastinya. Jadi pas digigit nggak cuma empuk aja tapi kayak kita lagi makan bakso urat gitu, lebih bertekstur. 

Adonan bakso ayam nya saya tambahin tepung sagu dan tapioka yang lumayan banyak. Karena saya suka bakso tahu yang kenyal, tapi kalo temen-temen suka yang lebih empuk, kurangi saja. Terus bumbu kacangnya saya tambahin santan kental supaya rasanya lebih gurih. Ini pertama kali nya saya bikin bumbu kacang pake santan, biasanya sih cuma pake air biasa aja hasilnya memang lebih enak dan lebih gurih. Tapi untuk takaran gula garam di bumbu kacangnya nggak begitu detail ya, meski begitu saya yakin temen-temen juga bisa ngira-ngira sendiri seberapa banyak takarannya. 


Bakso Tahu Ayam Wortel


BAKSO TAHU AYAM WORTEL

Bakso Tahu Ayam Wortel








350 gr daging ayam giling
20 buah tahu pong [kurang ternyata, idealnya sekitar 25-26 buah]
100 gr tepung sagu
50 gr tapioka 
1 buah wortel, serut
2 tangkai daun bawang, iris halus
20 ml santan kental
1 sdm kecap asin
1/2 sdt merica bubuk
5 sdm air es
1/4 sdm minyak wijen
1/2 sdt kaldu bubuk
1 btr telur
3 siung bawang putih, parut
5 buah bawang merah, iris halus + 3 sdm minyak untuk menumis
1/2 sdt garam
1 sdt gula




Pelengkap
Kentang rebus
Telur rebus
Kecap 
Jeruk nipis



Bumbu kacang [blender semua bahan kemudian masak hingga mengental dan berminyak]
150 Kacang tanah, goreng
50 ml santan kental instan
air secukupnya
5 sdm minyak
1/2 sdt kaldu bubuk
[2 buah cabe merah, 2 buah cabe keriting, cabe rawit, 4 btr bawang merah & 3 siung bawang putih, goreng sebentar]
Gula merah
Gula pasir
Garam








Goreng bawang merah dengan 3 sdm minyak, hingga harum, tidak perlu sampai kecoklatan, matikan api, sisihkan. 
Siapkan wadah, masukan ayam giling, telur, santan, gula, garam, bawang putih, merica, kaldu bubuk, wortel, dan daun bawang, aduk rata. Tambahkan tepung sagu dan tapioka. Masukan kecap, bawang goreng beserta minyaknya, minyak wijen dan air es, aduk rata, sisihkan.

Panaskan kukusan, jangan lupa bungkus tutupnya dengan serbet. Ambil satu buah tahu, belah tengahnya kemudian isi dengan adonan ayam. Lakukan sampai habis, lalu kukus hingga matang. Sajikan bersama dengan bumbu kacang, kecap, telur rebus, kentang dan jeruk nipis. 

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



10 comments :

  1. *langsung kakaratak kulkas cari bahan-bahan*

    BalasHapus
  2. Bikin ngiler ... sambel kacang nya itu makjossss

    BalasHapus
  3. Jenis tahunya bisa diganti yg lain enak gak ya teh? Trus kl gak pake minyak wijen, mengurangi rasa gak ya teh?soalnya gak ada minyak wijen di dapur. Cari di supermarket kok gak ada ya hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. bis ateh. Malah biasanya bakso tahu gini kalo di Bnadung kebanyakan pake nya tahu putih. Cuma saya gak begitu suka sama tahu putih jadi pake tahu pong. kalo teh ika suka sama tahu putih, pake itu aja lebih lembut jadinya..:)

      nggak apa2 gak pake. Ini mah iseng aja sayang ada minyak wijen nganggur. Tapi saya juga cuma nambahin dikit, karena aromanya bikin kleyengan, heheh jadi kalo gak ada skip aja teh...^^

      Hapus
  4. Waduuuuhhh... kirain spongebob kecebur...


    *haaaahaaaahaaa....

    BalasHapus
  5. curiga teh Lina buta warna hahha...
    spongebob kan kuning, ini mah coklat eceeeuuu...

    BalasHapus
  6. waduuh....asli ngileer....memang paling enak ngemil ginian....kalau bikin batagor/siomay...selalu cepet habis, bolak balik saya cemilin....ga bisa berhenti makaann ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa sama ummu... hahhaha... puas bangte deh kalo bikin sndri:D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^