Ayam Saus Mentega

Ayam Saus Mentega
Ayam yang digoreng sebentar, kemudian dimasak bersama dengan aneka kecap dan mentega... Sedap!

Assalamua'laikum...
Wilujeng siang...

Rebo nyunda, sapertos biasa. Alhamdulillah tepang deui dina dinten rebo... Sehat sadayana? kaleresan pun lanceuk nuju teu patos sehat, kitu deui si bungsu hare'eng... Janten rada rarepot di rorompok. Tapi syukur masih keneh tiasa onlen heheh... 

Pami ninggal kana cuaca di Bandung sababaraha minggu kapengker, memang rada ngabingungkeun. Pami enjing katingalna cerah, tapi siang na mendung sareng panas hawa na... Pancaroba tea panginten, janten gampil pisan keuna ku panyawat. Sanaos kitu, mugi-mugi urang tiasa ngajagi kasehatan supados teu gampil pisan keuna ku panyawat. Diantawisna mulai tina tuangeun, kedah dijagi... henteu ngeun saukur raos, tapi oge sehat sareng bersih. Kitu oge tong hilap istirahat. Sapertos pun lanceuk, kumargi sibuk, tuang na teu dijadwal, teras kirang istirahat nu akhirna janten teu damang. Pami si bungsu mah, aktif teuing amengan di luar, kacapean jigana. Tapi mung hare'eng sakedap, alhamdulillah tos rerep... janten teu patos tagiweur ieu emutan teh...

Dina dangeut ini kaleresan aya resep hayam nu resepna gampil pisan. Hayam nu digoreng teras ditumis sareng mantega, bawang,  kecap, sareng rupi-rupi bahan nu sanes. Sanaos ngolahna gampil, tapi hasilna raos pisan. Mangga cobian...
_________________

Kalo dulu bikin saus mentega dengan udang nah kali ini bikin yang versi ayamnya. Maaf ya karena saya gak doyan ikan, jadi masakannya yang standar-standar aja, dari ayam. Bikin ayam saus mentega ini, sama aja kayak resepnya yang Udang saus mentega itu, cuma diganti udangnya pake ayam. Citarasanya manis, asin, pedas dan agak-agak asem seger gitu... Silahkan dicoba bagi yang pengen bikin olahan ayam dengan rasa yang enak, tapi dengan bahan dan cara memasak yang simple...^^


AYAM SAUS MENTEGA


Ayam Saus Mentega





500 gr ayam, potong-potong
1/2 sdt garam
1/2 buah jeruk nipis 
Minyak untuk menggoreng


Saus mentega
1 sdm mentega
1 sdm margarin
3 siung bawang putih, cincang halus
1 buah bawang bombay, cincang halus 
1/2 sdt merica bubuk
6 sdm kecap manis
1 sdm kecap inggris
1 sdm saus sambal
1 sdm kecap asin
1/2 sdt gula pasir
1/4 sdt kaldu bubuk
1/4 sdt garam
1 tangkai daun bawang, iris
80 ml air
1/2 buah jeruk nipis






Rendam ayam dengan jeruk nipis dan garam selama minimal 10 menit, kemudian bilas, buang airnya. Goreng ayam setengah matang. Angkat, sisihkan. 

Sekarang kita akan menyiapkan saus menteganya. Pertama siapkan wajan, masukan margarin dan butter, kemudian tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan kecoklatan. Tuang air, masukan ayam, merica, gula, garam, kecap manis dan asin, kecap inggris, saus sambal, kaldu bubuk dan air perasan jeruk nipis. Masak hingga kuah mengental. Masukan daun bawang, aduk rata. Cicipi, pas kan rasanya dengan selera masing-masing. Angkat, sajikan hangat.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



6 comments :

  1. yummy...jadi lapeer Mbak....

    BalasHapus
  2. Wih .... sepertinya lezat banget itu.... jadi pingin ...

    BalasHapus
  3. Saya coba baca tulisan pertama yg pakai bhs sunda, berlibet-libet lidahnya hehe
    kepengen coba masak ayam saus mentega jg :9

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo mbak Tika salam kenal...
      waduh mohon maaf kalo bilingual begini, bahkan orang sunda sndri kalo baca tullisan berbahasa sunda, kadang njlimet....:D, tapi ini cuma di hari rabu kok, hari biasa mah pake bahasa nasional heheheh...

      mangga silahkan dicoba resepnya, bebas untuk dimodif sesuka hati, dan muda2an suka ya:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^