Udang Goreng Saus Mentega

Udang Goreng Saus Mentega
Udang yang di goreng kemudian dimasak bersama mentega dan aneka saus...


Saya sangat menyukai olahan makanan yang mudah dibuat namun hasilnya sangat lezat. Seperti udang goreng saus mentega ini. Relatif sederhana cara memasaknya namun, citarasanya enak sekali. Padahal memasaknya hanya mencampurkan aneka macam saus saja, tidak terlalu memakai banyak bumbu. Meski pun sebenarnya udang yang digoreng begitu saja juga sudah enak sih, tapi akan lebih sedap jika udangnya direndam dengan saus yang kaya rasa seperti ini, ada rasa asam manisnya. Apalagi dengan tambahan mentega yang menambah aromanya lebih kaya.

Meski begitu, menteganya tidak saya masukan banyak-banyak. Khawatir enek, jadi menteganya saya campur dengan margarin. Ternyata hasilnya pas, masih beraroma tapi tidak terlalu tajam. O yah, seharusnya bawang yang dipakai itu bawang bombay, tapi karena gak ada stok, saya ganti saja dengan bawang merah yang dicincang halus. Sama saja ternyata, sama-sama enak. Silahkan dicoba bagi yang sedang bingung dengan aneka olahan udang. Karena saya yakin, bagi penggemar berat udang, akan suka dengan udang saus mentega ini...


Udang Goreng Saus Mentega

Udang Goreng Saus Mentega


UDANG GORENG SAUS MENTEGA


Udang Goreng Saus Mentega







250 gr udang, buang kepalanya, kerat punggungnya
1/2 sdt garam
1/2 buah jeruk nipis 
Minyak untuk menggoreng



Saus mentega
1 sdm mentega
1 sdm margarin
3 siung bawang putih, cincang halus
1/2 buah bawang bombay, cincang halus [saya pakai 2 btr bawang merah]
1/2 sdt merica bubuk
3 sdm kecap manis
1 sdm kecap inggris
1 sdm saus sambal
1 sdm kecap asin
1/2 sdt gula pasir
1/4 sdt kaldu bubuk
1/4 sdt garam
1 tangkai daun bawang, iris
50 ml air
1/2 buah jeruk nipis








Rendam udang dengan jeruk nipis dan garam selama minimal 10 menit, kemudian bilas, buang airnya. Goreng udang hingga matang. Angkat, sisihkan. 

Sekarang kita akan menyiapkan saus menteganya. Pertama siapkan wajan, masukan margarin dan butter, kemudian tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan kecoklatan. Tuang air, masukan merica, gula, garam, kecap manis dan asin, kecap inggris, saus sambal, kaldu bubuk dan air perasan jeruk nipis. Masak hingga kuah mengental. Masukan udang dan daun bawang, aduk rata. Cicipi, pas kan rasanya dengan selera masing-masing. Angkat, sajikan hangat.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...


Salam,



6 comments :

  1. huuuh.. lagi2 kurang gede udangnya ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. maharani kalo yang gede harganya hihi, dah gt di tukang sayur adanya yang mini-mini gini..:D

      Hapus
  2. mentega ama margarin bedanya apa ay?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Singkatnya perbedaan mentega & margarin itu, gini jeng:
      margarin terbuat dari lemak nabati [yang dicampur dengan bahan lain]. Contohnya blueband, forvita, simas dll... sedangkan mentega terbuat dari lemak hewan, sehingga aromanya lebih enak. Contohnya, wysman, anchor, atau orchid...^^

      Hapus
  3. Bumbunya sederhana banget ya. Kalau pake selain udang bisa gak?
    Aku alergi udang nih. Tapi kalau ikan ndak apa apa.

    Yuk, aku suka meja kayunya deh. Putih tapi masih keliatan tekstur kayunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. heem...irit bingit..:D
      emh...paling ayam mbak, soalnya aku kan gak makan ikan segar paling ikan asin sama teri jadi gak pernah bikin versi ikannya....

      itu papan mbak. papannya gak di amplas, langsung beli di matrial, trs dicat selapis, biar tekstur dan warna aslinya nongol2 dikit:D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^