Talam Ubi Kuning

Talam Ubi Kuning
Talam ubi bertekstur lembut dengan toping santan nan gurih...


Assalamua'likum..
wilujeng enjing...

Rebo nyunda sapertos biasa nya pemirsa... dina danget ieu kaleresan simkuring bade ngabahas kueh tradisional anu bahan na gampil dipilarian, mirah, tapi raos. Kantenan saderek tos tarerang, naon ai talem teh. Da di pasar-pasar, utamina di pasar tradisional nu kieu teh seueur nu ngical. Pangaosna rupi-rupi tapi InsyaAlloh teu awis. Mung langkung sae, pami ngadamel nyalira. Kualitas bahan na tiasa dipilih ku urang, nya kitu oga kabersihan nana, angkung kajamin lah... 

Sataun kapungkur, waktos abdi masih keneh linggih di Ujungberung kantos mendakan talam hui anu raos pisan. Dugi ka ayeuna masih keneh kaemutan eta cakial na. Sababaraha kali kantos ngadamel kueh talem ieu, mung teu pernah sami. Sanaos kitu, talem anu ditulis resepna ku simkuring ayeuna oge raos, pedah teu sami sareng nu eta we nu kapungkur kantos dicobian... Teu kedah hariwang  kanggo nu nembe diajar masak, [da saleresna simkuring ge sami, nuju diajar] kumargi talem salah sahiji resep nu anti gagal sareng gampil lah didamelna... tah kukituna mugi-mugi saderek nu nuju lieur milarian resep talem, tiasa kabantos ku ayana tulisan ieu. 
______________________

Wooow pembukaannya panjang. Yang gak ngerti gak usah protes, lewat aja... toh resepnya tetap ditulis dalam bahasa Indonesia. Dipikir gampang apa ngeblog pake bahasa daerah... xixixi...*deritamu...

Jadi ini percobaan kedua saya dengan resep Talam nya mbak Hesti dan mbak Ira Rodrigues, kalo dulu pake jagung. Nah kalo yang ini pake ubi kayak aslinya. Dan udah bisa ditebak, memang enak dan lembut. Meski begitu, karena saya penyuka talam bertekstur kenyal, saya tambahkan sedikit takaran tepung tapiokanya. Tapi tetap lembut kok... 

Kali ini saya pakai cetakan kue pie mini yang dari alumunium itu loh... yah cari aman daripada terus bertanya-tanya soal BPA free apa nggak  cetakan kue talam plastik dan sebagainya itu... mending saya pakai cetakan pie aja deh. Tapi ternyata agak susah dikeluarkan pemirsa. Nempel aja, padahal udah dioles minyak. Akhirnya saya keluarin pake jarum. Jadi pinggirannya diselipin jarum terus jarumnya diputar, syukurlah bisa keluar. Meski hasilnya seperti tampak dipoto, tak semulus  pipi bu Atut...hihihi...



Talam Ubi Kuning

Talam Ubi Kuning


TALAM UBI KUNING


Talam Ubi Kuning








180 gr ubi yang sudah direbus dan dihaluskan
2 btr telur
40 gr tepung beras
35 gr tepung tapioka [seharusnya 25 gr]
200 ml santan kental
1/2 sdt garam
100 gr gula pasir


Lapis santan
180 ml santan kental
40 gr tepung beras
1/2 sdt garam







Siapkan kukusan, jangan lupa membungkus tutupnya dengan serbet bersih.
Campurkan semua bahan kemudian blender sampai halus. Biarkan beberapa saat sebelum dituang ke dalam cetaka. Siapkan cetakan [saya pakai cetakan pie], olesi dengan minyak. Tuang adonan yang sudah di blender kedalam cetakan dengan ketinggian 3/4 cetakan. Kemudian kukus selama 10 menit.

Sekarang kita akan menyiapkan lapisan santannya. Campur dan aduk semua bahan hingga rata. Setelah 10 menit lapisan ubi dikukus, tuang lapisan santan. Kukus lagi kira-kira 5-7 menit, atau hingga matang. Angkat dari kukusan, kemudian dinginkan, baru dikeluarkan dari cetakan. Sajikan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



10 comments :

  1. yang pertama pengen ngerti bahasa sundanya tapi kepanjangan ah hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. maenya orang Tasik gak ngerti hihihi...
      [kalo gak salah pernah cerita mamah orang Tasik bukan?:D]

      Hapus
  2. Mau nyobain ah... Nyontek resepnya ya. Nuhun ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mbak... mudah-mudahan suka ya..
      Sami2....:)

      Hapus
  3. hu ummmmhhh... talam ubi kuning ini memang enyaaakkk...

    BalasHapus
  4. tipsnya supaya kue mudah lepas baiknya setelah diselipin jarum lalu dicungkil dikit trus ditiup agar udara msk kebgn bawah kue mk kuex akan mudah terlepas.. sy biasa bgt mbak biar kuex cpt terlepas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oo pake ditiup jg tah? hihi oke deh lain kali saya cobain ditiup.:D
      makasih tipsnya :)

      Hapus
  5. kak ini jadinya berapa porsi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hiks.. dah lama bikinnya kak, jadi lupaa, maapkan T_T

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^