Sayur Labu & Kacang Panjang

 Sayur labu dengan kacang panjang yang dimasak santan dan bumbu cabai pedas...


Menu makan siang hari ini. Meskipun sederhana tapi enak banget... gurih. Apalagi penyajian sayur ini disandingkan dengan nasi putih hangat dan ditaburi teri nasi goreng kering yang dikasih bawang goreng yang banyak. Untuk resep sayur kacangnya, sama kayak sayur yang dulu saya posting di Lontong sayur itu lho... cuma kali ini nggak pake lontong makannya, pake nasi aja. Soalnya gak punya daun buat bikin lontong. Lagipula dinikmati dengan nasi biasa juga sama enaknya.

Sayur labu kacang ini lebih mantep lagi kalo ditambahin udang. Cuma, karena gak punya stok udang, saya tambahin yang ada di kulkas aja, tahu goreng sama telor rebus. Lumayan gak terlalu ribet masak hari ini, soalnya di satu menu ini aja udah ada sayur sama proteinnya.  Mau nyoba resepnya? yuk mareee...


Sayur Labu & Kacang Panjang


SAYUR LABU & KACANG PANJANG



Sayur Labu & Kacang Panjang





12 lonjor kacang panjang. potong-potong
250 gr labu siam, potong korek api
4 btr telur, rebus, kerat-kerat, goreng sebentar hingga berkulit
3 buah tahu, potong diagonal, goreng
2 cm lengkuas, geprek
2 lembar daun salam
750 ml santan encer 
2 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk
1 sdt gula
1 batang serai, geprek
Minyak untuk menumis



Bumbu yang dihaluskan
5 buah cabe merah besar
3 btr kemiri, sangrai
7 buah bawang merah
3 buah bawang putih








Panaskan minyak, tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum, tambahkan lengkuas dan daun salam, masukan santan. Tambahkan kacang dan labu, masak hingga empuk, sambil diaduk supaya santan tidak pecah. Masukan gula garam dan kaldu bubuk. Tambahkan telurdan tahu yang sudah digoreng.  Cicipi, sesuaikan rasanya dengan selera masing. Angkat, sajikan dengan nasi hangat dan taburan goreng bawang serta teri nasi. Sedap!

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



10 comments :

  1. mmg enak lauk yg simple mcm ni..lagi-lagi kalo da ikan goreng dan sambal belacan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul ummi... sedap bgt ya kalo pake sambal:)

      Hapus
  2. sayurnya benar-benar menggoda selera. apalagi kalau ditambah udang....untung ada resepnya, jadi bisa dicoba di rumah....
    keep happy blogging always..salam dari makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo kang Hariyanto...
      hehe iya memang seharusnya pake udang... tapi anggaplah ini sayur versi ekonomisnya ya :D

      salam balik dari kota kembang:)

      Hapus
  3. ini favorit sayaaa....*ngacung

    BalasHapus
  4. Sayur santan...suka bangeeet, pake ikan asin enak kali ya hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya makannya sama ikan asin juga enak, kalo sy mah pak eteri nasi yang digoreng keirng trs ditaburi bawnag goreng...duh uenak bangeeetd jeng..:D

      Hapus
  5. sayurnya baru jd nih mbak... hmmm dapurku jd wangiii bumbu hihi...kebetulan ada udang d kulkas jd sy tambahx... lupa beli tahu hehe.. rasax maknyus mkn siangku mbak enaak... thx mbak resepnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2... emh jadi kebayang deh, malem2 gini hiks.. apalagi dipakein udang... *slurppp...

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^