Lontong Sayur

Lontong Sayur
Lontong dengan kuah sayur santan labu siam dan kacang panjang... 

Masih dalam rangka menghabiskan lontong ya pemirsa. Maklum di rumah yang makan cuma berdua, kadang Kirei juga makan, tapi gak banyak, dan lagi saya cuma makan sekali, jadi meski bikin lontongnya sedikit tetep aja nyisa. Irit banget yah, sehari cuma makan sekali heheheh...*tapi kalo ngemil tetep segamreng lho.... Yah, dalam rangka menjaga berat badan supaya tidak lagi semok makanya jatah makan dan porsinya di kurangi tapi saya tetep makan apa aja yang saya suka, meski dalam porsi yang kecil-kecil. Yah masih butuh 5-6 kiloan lagi lah biar badan nampak setipis model produk pelangsing hahahha.... *ngarep...

Lontong sayur ini salah satu kesukaannya Daddy, saya juga. Biasanya ketika disajikan saya tambahkan kecap dan sambal, supaya pedasnya lebih nampol. Meskipun sebenernya kuah sayurnya aja udah pedes, tapi tetep sih kalo penggila cabe-cabean, gak berasa kalo gak ditambahin sambel. Bumbunya simple, bikinnya juga relatif mudah, yang susah itu ngumpulin niatnya buat bikin yang beginian....apalagi ngelontongnya kyaaaa males banged kaaannn....:D


LONTONG SAYUR

Lontong Sayur





4 buah lontong
12 lonjor kacang panjang. potong-potong
250 gr labu siam, potong korek api
4 btr telur, rebus, kerat-kerat, goreng sebentar hingga berkulit
2 cm lengkuas
2 lembar daun salam
750 ml santan encer 
2 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk
1 sdt gula
Minyak untuk menumis
Emping melinjo, untuk pelengkap
Sambal untuk pelengkap
Kecap untuk pelengkap, bila suka



Bumbu yang dihaluskan
5 buah cabe merah besar
3 btr kemiri, sangrai
7 buah bawang merah
3 buah bawang putih






Kuah Sayur
Panaskan minyak, tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum, tambahkan lengkuas dan daun salam, masukan santan. Tambahkan kacang dan labu, masak hingga empuk, sambil diaduk supaya santan tidak pecah. Masukan gula garam dan kaldu bubuk. Tambahkan telur.  Cicipi, sesuaikan rasanya dengan selera masing.

Penyelesaian
Siapkan piring saji, potong-potong lontong, siram dengan kuah sayur, tambahkan telur. Sajikan dengan emping, sambal dan kecap bila suka.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



12 comments :

  1. lontong sayurnya ke'nya makjleb banget deh....makanan paporit dikala pagi, selain kopi susu dan senyuman manis ibu'na..tah

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixixixi makjleb bangeed mang..
      enya komo pami disarengan ku pun bojo nuang na..:D

      Hapus
  2. Irit digaris bawahi ya kawans.....


    *hahay....

    BalasHapus
  3. waduh...
    ini sih makanan pokok waktu bujangan, ceu...
    tiap pagi ga ada yang laen. 3 rebu perak kenyang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. menu sarapan murah meriah... sekarang mah minimal 5 rebuan mang...:P

      Hapus
    2. enya soalnya itu harga 5 taun lalu
      3 rebu teh yang pake telur. kalo lagi miskin boleh tuh ga ditelurin... :D

      Hapus
    3. mas di Banudng 5rb teh 5 thn yang lalu sekarang mah 7rban gak di pake in telur... didieumah ararawis..:(

      Hapus
  4. aih, ini yg selalu dicari pagi2... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sarapan praktis, lebih maknyus dari sandwich xixixi*lidah ndeso..:D

      Hapus
  5. waah...piringnya persis piring Ibu mertua.....btw klo ga pake lontong namanya jadi apa ya Mbak? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini namnaya piring sejuta umat um, hihihi...
      saya juga ngambil piring ini dari tempatnya mertua heheheh, jadi kalo mudik, pasti ada aja barang2 di dapur mertua saya yang di bekel ke bandung hihihi, dan ibu mertua sy dengan suka rela selalu mengizinkan mantunya untuk ngambil apa aja piring2 sendok sendok atau gelas2 yang sy suka dari dapur beliau...:D

      emh, apa yah... sayur kacang labu mungkin?:D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^