Siomay Udang dan Ayam





Kirei putri saya suka sekali dengan siomay. Biasanya saya suka membelinya di penjual yang tiap sore lewat komplek. Tapi lama-lama suka khawatir juga dengan bahan-bahannya, kalau MSG sudah pasti pakai, nah bagaimana kalau memakai pengawet atau pengenyal juga? ngeri...apalagi lihat di tivi, suka dibahas bagaimana siomay dicampur dengan berbagai bahan kimia. Pastinya sangat beresiko bagi kesehatan, apalagi untuk anak-anak. Bukannya berprasangka buruk, tapi yah..buat jaga-jaga saja. 

Sebenarnya saya ingin sekali membuat siomay ini dari ikan, tapi karena saya agak phobia dengan ikan, jadi ikannya saya ganti dengan udang dan ayam. Tepung sagunya saya tambahkan agak banyak supaya teksturnya lebih kenyal.



Siomay Udang dan Ayam




Bahan Siomay:
200 gr ayam cincang
100 gr udang cincang
80 gr tepung sagu
60 gr tepung terigu
2 buah wortel, serut halus
1 tangkai daun bawang, iris halus
2 siung bawang merah, parut
2 siung bawang putih, parut
1 sdt minyak wijen
1 sdt garam
1 sdm kecap asin
4 sdm air es
1 sdt merica
1/2 sdt gula
1 butir telur
25 lembar kulit pangsit

Sambal Kacang:
200 gr kacang tanah, sangrai atau goreng, haluskan
4 buah cabe merah besar
6 buah bawang merah
4 buah bawang putih
2 sdm gula
4 sdm kecap manis
1 sdt garam
2 gelas air
1 sdm tepung maizena yang sudah diencerkan dengan air

Pelengkap:
10 buah Tahu Goreng
Kol
2 buah kentang
4 buah jeruk limau
Kecap
Sambal cabai

Sambal Cabai [haluskan]:
10 buah cabe rawit, rebus
3 tetes cuka
1/4 gelas air
1/2 sdt garam








Cara Membuat:
Campurkan semua bahan siomay kecuali kulit pangsit, lalu aduk sampai rata. Ambil satu lembar kulit pangsit, masukan satu sendok adonan siomay, lalu lipat dan simpan di dalam cetakan kue mangkok atau yang seukuran dengan itu. Ambil satu buah tahu, iris bagian luarnya lalu isi dengan adonan siomay. Lakukan satu persatu hingga semua bahan habis. Kukus siomay, dan tahu isi adonan siomay bersama dengan kentang dan kol sampai matang.

Sambil menunggu siomay matang, lebih baik menyiapakan sambel kacang dan sambel cabainya. Untuk sambel kacang, haluskan semua bumbu, lalu tumis hingga harum, masukan air dan kacang. Masak hingga mendidih, tambahkan kecap, gula dan garam. Kentalkan dengan air tepung maizena, cicipi rasanya, apabila sudah pas, angkat. Untuk sambel cabainya, haluskan cabai tambahkan garam dan cuka.

Kembali ke siomay yang sedang dikukus, pertama angkat kol terlebih dahulu, lalu angkat kentang. Gulung kol seperti pada gambar di atas. Lalu angkat siomay dan tahu isi siomay.

Penyajian:
Siapkan piring saji, ambil dua siomay, tahu, kol gulung dan kentang, potong-potong semuanya, kucuri dengan bumbu kacang, kecap dan jeruk limau. Tambahkan sambel cabai bila suka. Nah sekarang siap untuk disajikan.








Selamat Mencoba^^



0 comments :

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^