Curry Puff Bulat

Curry Puff Bulat
Pastel lilit berbentuk keong dengan isian tumisan ayam dan sayur yang dimasak dengan bumbu kari...


Ini percobaan kedua saya membuat curry puff. Dulu kurang sukses karena kulitnya kebuka saat digoreng. Mungkin karena menggilasnya kurang panjang. Sehingga, ketika digulung, gulungannya jadi kurang rapat. Atau mungkin juga ketika pas udah diiris menggilingnya terlalu tipis. Makanya lapisan menteganya merenggang, jadi pada saat lapusan menteganya meleleh, gulungannya  kebuka, dan kalo udah begitu ambrol deh, pada keluar*kalimatnya panjang banget ya... Terus pas menggoreng adonannaya, sekali ngegoreng langsung banyak, iya kayaknya ini ngaruh juga. Untunglah gak gagal semua, cuma beberapa aja sih. Sisanya bisa digoreng dengan sukses, meskipun dengan hati-hati dan satu-satu gitu menggorengnya. Hasilnya seperti yang udah saya posting disini...

Mengingat percobaan saya yang kemarin itu tadi, makanya kali ini saya menggilas adonannya cukup panjang, dan digulung sangat rapat. Hasilnya memang isiannya gak ambrol, tapi garis-garisnya kurang tegas. Saya gak tau jadinya lebih baik yang mana, yang ini atau yang sebelumnya. Yang jelas, kalo yang ini meski dibolak balik dengan kasar dan "agak arogan", kulitnya gak ngebuka. Hm... entahlah salah satu sisi dalam diri saya yang selalu menuntut kesempurnaan mengatakan: mungkin ini pertanda supaya saya melakukan percobaan yang ketiga untuk memastikan bahwa saya bisa membuat curry puff dengan tampilan cantik, tapi gak ambrol, sekaligus dengan garis melingkar yang lebih keliatan.*sekali lagi kalimatnya kepanjangan Hanya saja, di sisi yang lain diri saya mengatakan: cukuplah untuk saat ini, tangan saya bisa ikut-ikutan keriting kalo diteruskan. Biar ini pun jadi PR saya satu lagi. 

Jadi ini semacam apakah? perang bathin?
*ngikik...


Curry Puff Bulat


CURRY PUF BULAT

Curry Puff Bulat
Kumpulan piring terbang sebelum mengudara..eh sebelum kecemplung wajan...







Kulit
Bahan A
250 gr tepung terigu
150 gr margarine

Bahan B
750 gr tepung terigu
80 gr minyak goreng
300 ml air dingin
50 gr gula
1 sdm garam




Isian [untuk 1/3 resep kulit]
150 gr dada ayam fillet, cincang
1 buah kentang, potong kecil-kecil
1 buah wortel, potong kecil-kecil
1 buah bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang merah, cincang halus
1 sdm margarin, untuk menimis
1/2 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt bumbu kari bubuk
1/4 sdt kunyit bubuk
1 tangkai daun bawang
150 ml air
1/2 sdm gula
1/4 sdt garam







Isian
Tumis bawang dengan margarin hingga harum, tambahkan kunyit bubuk dan bumbu kari bubuk, aduk rata. Tambahkan ayam, dan daun bawang, masak hingga berubah warna, masukan wortel dan kentang, masak hingga layu, tambahkan air. Masak hingga airnya menyusut. Masukan gula, garam, dan kaldu bubuk, aduk rata, cicipi, paskan rasanya. Masak hingga airnya mengering. 


Kulit
Campur semua bahan A hingga menjadi adonan yg dapat dipulung. Bagi menjadi 4 bagian, bulatkan. Sisihkan.
Bahan B: dalam wadah, masukkan tepung, minyak goreng, gula, garam, uleni sambil tuangi air sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan yg kalis. Bagi menjadi 4 bagian, bulatkan.
Pipihkan 1 bagian adonan B, isi dg 1 bagian adonan A ditengahnya. Bulatkan hingga adonan A rapat terbalut adonan B. Rapikan bulatannya. Lakukan pada semua adonan. Diamkan 15 menit.

Ambil satu bagian adonan, gilas tipis lalu lakukan lipatan single, yaitu adonan dilipat tiga kearah tengah. Gilas lagi memanjang hingga sangat tipis. Kemudian gulung, dan padatkan. Lakukan hal yang sama pada tiga adonan lagi. Potong-potong adonan horizontal setebal kurang lebih 1-1,5 cm hingga didapat potongan bulat dan terlihat tekstur pusaran.

Gilas tipis tiap potongan, beri isian dan tutup dengan kulit pastel lagi, lalu rekatkan sisi-sisinya, kemudian pilin.  Goreng dalam minyak yang sudah panas, hingga kuning kecoklatan. Angkat, sajikan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



8 comments :

  1. Hmmmm... akupun msh blm mmbuat satu karipap pun! Apakah yg terjadi pd diriku ini?

    BalasHapus
  2. besok cobain ditambah semen biar ga ambrol...

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang kita kuda lumping, makanin semen..:P

      Hapus
    2. emang ada kuda makan semen..?
      beling meureun..?

      Hapus
    3. ada donk...
      jangankan semen oncom aja doyan didieu mah xixixi

      Hapus
  3. memang nagihin....tapi saya blm mbikin lg nih.....nunggu klo ada event kumpul2 aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. heem, yang bingung itu ngabisinnya biar bikinnya seuprit tetap aja jadinya banyak... :D
      padahal yg namanya gorengan gak lucu kan dimakan banyak2:(

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^