Chicken Curry Puff


Chicken Curry Puff
Pastel lilit dengan tekstur pastry yang diberi isian bumbu kari... renyah, dan gurih....


Pastel lilit, pastel singapura, pastel keong atau apalah terserah namanya, yang jelas saya tidak suka menyebutnya karipap, bukan apa-apa, karipap mengingatkan saya pada lagu lawas... "pap karipap... preman...preman..." heheheh....kiddin'... pokoknya saya tulis sesuai ejaan aslinya, yaitu curry puff saja...^^

Setelah saya coba sendiri bikin curry puff ini, akhirnya saya tau kenapa di negeri sebelah disebut karipap pusing, emang bikinnya musingin sih, pas digoreng, isiannya pada ambrol, untunglah, tidak semua. Meskipun hasilnya kurang begitu memuaskan tapi saya suka sekali dengan kulitnya yang renyah itu. Pas banget pokoknya. Oyah, resep yang saya coba kali ini, yaitu dari NCC, dan saya cuma bikin 1/3 resepnya saja. Tapi untuk isiannya pake resep saya sendiri. Bagi yang masih bingung bagaimana step-by-step pembuatan curry puff ini, silahkan lihat di sumber aslinya disini ya...


Chicken Curry Puff


Chicken Curry Puff


CHICKEN CURRY PUFF
Source: Fatmah Bahalwan NCC


Chicken Curry Puff






Kulit
Bahan A
250 gr tepung terigu
150 gr margarine


Bahan B
750 gr tepung terigu
80 gr minyak goreng
300 ml air dingin
50 gr gula
1 sdm garam





Isian [untuk 1/3 resep kulit]
150 gr dada ayam fillet, cincang
1 buah kentang, potong kecil-kecil
1 buah wortel, potong kecil-kecil
1 buah bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang merah, cincang halus
1 sdm margarin, untuk menimis
1/2 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt bumbu kari bubuk
1/4 sdt kunyit bubuk
1 tangkai daun bawang
150 ml air
1/2 sdm gula
1/4 sdt garam










Isian
Tumis bawang dengan margarin hingga harum, tambahkan kunyit bubuk dan bumbu kari bubuk, aduk rata. Tambahkan ayam, dan daun bawang, masak hingga berubah warna, masukan wortel dan kentang, masak hingga layu, tambahkan air. Masak hingga airnya menyusut. Masukan gula, garam, dan kaldu bubuk, aduk rata, cicipi, paskan rasanya. Masak hingga airnya mengering. 


Kulit
Campur semua bahan A hingga menjadi adonan yg dapat dipulung. Bagi menjadi 4 bagian, bulatkan. Sisihkan.
Bahan B: dalam wadah, masukkan tepung, minyak goreng, gula, garam, uleni sambil tuangi air sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan yg kalis. Bagi menjadi 4 bagian, bulatkan.
Pipihkan 1 bagian adonan B, isi dg 1 bagian adonan A ditengahnya. Bulatkan hingga adonan A rapat terbalut adonan B. Rapikan bulatannya. Lakukan pada semua adonan. Diamkan 15 menit.

Ambil satu bagian adonan, gilas tipis lalu lakukan lipatan single, yaitu adonan dilipat tiga kearah tengah. Gilas lagi memanjang hingga sangat tipis. Kemudian gulung, dan padatkan. Lakukan hal yang sama pada tiga adonan lagi. Potong-potong adonan horizontal setebal kurang lebih 1-1,5 cm hingga didapat potongan bulat dan terlihat tekstur pusaran.

Gilas tipis tiap potongan, beri isian dan bentuk menjadi pastel. Goreng dalam minyak yang sudah panas, hingga kuning kecoklatan. Angkat, sajikan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



6 comments :

  1. orang2 pada mabok karipap semua apa ya? abdi sorangan iyeu katinggalan jauh...

    kapan bikin yah...?

    *ngelirik currypuff nya teteh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. *Tarik2 teh Lina..*
      biar ketularan bikin currypuff..:D

      Hapus
  2. saya juga sukaa resep Bu Fatmah ini...renyah guriih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. heem bener banget ummu, pke gula gtu kulitnya jd pas deh rasanya...^^

      Hapus
  3. Kalo liat pastel beginian, jadi inget makcik yg juara banget pastel nya :-)

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^