Cake Cokelat

Cake Cokelat
Devil's Food Cake ditutup dengan coklat fudge yang lezat!


Rasa-rasanya saya memang tidak dilahirkan untuk bisa mendekor cake dengan penampakan yang aduhai hahhaha...Tapi percayalah pemirsa, meski tampilannya agak-agak mengerikan, cake  ini sangat lezat. Cake coklatnya  pakai resep Devil's food cake Martha Stewart, yang dipadukan dengan devil's food nya  Yasaboga yang dulu pernah saya posting. Sedangkan cokelat fudgenya pake resep dari Titly's Busy Kitchen. Perpaduan keduanya, enak banget, serius. 

Jadi begini, penampakan yang mengerikan ini terjadi karena kesalahan saya yang seharusnya menutup cokelat fudge nya dengan plasting cling wrap ketika akan dimasukan ke dalam lemari es. Kelupaan, saya masukin gitu aja. Jadinya, pas mau diaplikasikan, coklatnya keras banget. Makanya, saya cuma ngolesin sedikit aja di bagian tengah dan permukaanya, untunglah, karena cakenya masih hangat, cokelatnya agak mencair dan menempel. Tapi ya itu tadi karena keras, cuma sedikit yang bisa diolesin, saya nya keburu males, hilang mood. Ya sutrala...  apa mau dikata, sejadinya aja...*nyengir

Resep devil's food cake ala Martha Stewartnya saya contek dari blognya teh Ricke Ordinary Kitchen dan Cokelat fudgenya dari mbak Endang Justtryandtase. Thanks ya dah sharing resepnya^^


Cake Cokelat



CAKE COKLAT


Cake Cokelat





170 gr butter
180 g terigu protein rendah
1/2 sdt soda kue [saya ganti dengan 1/4 sdt baking powder]
30 g coklat bubuk [plus 1 sdt kopi instan]
60 ml air mendidih
150 g gula kastor [saya: 75gr gula pasir+75gr gula palem, digrinder]
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanila bubuk
2 butir telur, kocok lepas
120 ml susu cair



Coklat Fudge
150 gram mentega [jangan diganti margarin]
250 gram coklat blok, potong-potong 
40 gram gula palem
1/2 sdt vanilla bubuk



Simple syrup, [resep asli tidak pakai]: campur, rebus sampai mendidih
50 ml air
50 gr gula pasir







Pertama kita akan menyiapkan coklat fudge nya dulu. Lelehkan butter dengan cara di tim memakai dua buah panci [tehnik double boiler], setelah butter mencair, masukan cokelat, gula palem, dan vanilla. Aduk rata, hingga mencair semua. Angkat dari panci, masukan ke dalam wadah, tutup dengan plastik cling-wrap, lalu masukan ke dalam lemari es, hingga saatnya dipakai.

Siapkan loyang  oles margarine lapisi kertas roti dan oles lagi dengan margarine, panaskan oven, set di suhu 180'. 
Campur coklat bubuk dengan kopi instan dalam mangkok, tuang air panas aduk rata hingga berbentuk pasta. sishkan biarkan dingin. Dalam wadah lain, campur terigu dan soda kue atau baking powder serta garam.
Kocok butter dengan mikser kecepatan rendah sampai lembut, masukkan gula kocok lagi selama kurleb 3-4 menit. Masukkan telur kocok sampai rata. Tambahkan vanili, kocok sampai rata, kemudian campurkan susu cair ke dalam adonan pasta coklat, aduk rata. Kemudian, dengan mikser kecepatan rendah masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit dan berselang seling dengan larutan coklat. Awali dan akhiri dengan campuran tepung, kemudian aduk dengan spatula.  Tuang ke dalam loyang.  Oven selama kurleb 30 menit atau hingga matang, lakukan tes tusuk untuk memastikan. Keluarkan cake dari oven, kemudian diamkan selama 15 menit di dalam loyang, kemudian baru di balik ke atas rak kawat. Lalu potong menjadi 2 layer. 

Ambil 1 layer cake,  perciki dengan simple syrup, kemudian tambahkan coklat fudge di atasnya, lalu taruh cake yang ke 2. Perciki lagi dengan simple syrup. Cover semua permukaan cake dengan coklat fudge, kemudian  dekor sesuka hati.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,


12 Komentar

  1. Tetep mengggoda kok mbk :)..nyemmmmm

    BalasHapus
  2. Bleberan mbaak tapi enak kayaknya ya. Itu oreo fungsinya apa? Sok polos* hihi. Nyengir

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi alhmdllh mbak kalo rasa mah tidak mengecewakan, meskipun penampakannya mengerikan...

      si oreo di suruh nangkring aja disitu, itu pun beberapa kali kejungkel hahhaha...*parah

      Hapus
  3. Bikin ngiler teh ayu...namanya kue coklat mah tetep menggoda yah

    BalasHapus
  4. Malam mba ayudiah, saya afit again hehe, makasih utk jwbannya ya di muffin pisang.
    Cake pisangnya kliatannya menggoda ya,kyknya moist dan sdkt padat,saya penggemar cake tipe bgini. Saya tny ya mba, cake ini cocok ga klu utk base cake ultah anak2? Dan jika di dipoles buttercream coklat jg?

    Makasih sebelumnya mba ayu yg baik_afit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi sama2.. iya tekturnya memang moist dan agak padet.

      untuk cake ultah? wah bisa banget.. soalnya selain rasanya enak, juga bisa didekor sesuka hati heheh... yang penting hrs kreatif aja ngedekornya.. kalo sy sih urusan mendekor dah nyerah duluan hihihi....

      Hapus
    2. Duh senengnya prtnyaan saya dijwb hehe..thank's ya.
      dan maaf ya prtnyaan sy diatas koq blngnya cake pisang sihh,bru nyadar ni sy,mksud sy cake coklat.
      sy apa lg mba ga bs sm skali dekor cake tp ingin coba2 aja ni dan sy tertarikbdgn resep mba ayu ini.

      Hapus
    3. hehhe iya mbak sama2...
      kita sama2 belajar donk ya :D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^