Makaroni Panggang dengan Sosis, Wortel dan Jamur

Makaroni Panggang dengan Sosis, Wortel dan Jamur
Makaroni panggang dengan sosis, wortel, jamur dan di atasnya dikasih toping saus keju...


Beberapa hari ini koneksi internet lagi unyu banget. Bales komen aja rempongnya minta ampun. Bahkan pas nulis resep ini, harus berjuang biar ngetiknya cepet beres, sebelum koneksi putus di tengah jalan...

Ya baiklah sekarang mari kita bahas resep kita berikut ini... Makaroni panggang. Kayaknya menu yang pasaran banget deh yah, hihi... tapi barangkali aja ada yang mau nyoba makaroni dengan campuran jamur dan tanpa daging kayak yang ini nih, ternyata tetep enak kok, tetep gurih pastinya. Dan meskipun tanpa daging, tapi dengan adanya keju, susu dan telur di dalamnya kayaknya udah cukup buat nyumbang pasokan protein untuk asupan gizi kita... jadi ini  gak termasuk menu romusha lha ya... Masih tetep menjadi menu yang layak untuk disajikan buat anak-anak. Soalnya saya bikin menu ini pas masak nasi bakar beberapa hari kemarin itu... gara-gara nasinya pedas jadi anak-anak dikasih makaroni aja.

Dari beberapa kali percobaan bikin makaroni, saya paling suka sama resepnya mbak Fero Cakefever, meskipun dari segi bahan dan takarannya gak pernah sama, cuma saya suka step by stepnya. Jadi makaroninya dikukus dulu baru dipanggang. Hasilnya, luarnya garing tapi dalemnya lembut atau gimana yah... emh... nggak kering gitu... Pokoknya enak lah, minimal menurut saya dan anak-anak...^^


Makaroni Panggang dengan Sosis, Wortel dan Jamur

Makaroni Panggang dengan Sosis, Wortel dan Jamur


MAKARONI PANGGANG


Makaroni Panggang dengan Sosis, Wortel dan Jamur








100 gr makaroni, rebus dengan sedikit minyak, kemudian angkat sebelum benar-benar matang
150 gr jamur, potong kecil-kecil  [saya pakai honshimeji]
1 buah wortel ukuran besar
2 btr telur, kocok lepas
100 gr keju parut kasar, atau potong kotak kecil
200 ml susu cair
1/2 sdt merica
1/2 sdt pala bubuk
3 siung bawang putih
1 buah bawang bombay [saya gak ada stok jadi diganti pake 3 butir bawang merah]
1/2 sdt kaldu bubuk [bila suka]
1/4 sdt garam [atau tambahkan bila kurang]
1/4 sdt gula
2 tangkai daun bawang, iris halus





Toping
1 sdm butter
1 sdm tepung terigu
100 ml susu cair
Sejumput garam dan merica
100 gr keju parut, [50 gr untuk saus putih dan 50 gr lagi untuk taburan]







Tumis bawang sampai harum, masukan wortel, masak haingga layu, tambahkan jamur, masak sambil terus diaduk. Tambahkan daun bawang, gula, garam, merica dan kaldu bubuk. Masak hingga layu dan sayuran agak matang. Matikan kompor. 

Siapkan wadah, masukan makaroni yang telah direbus, tambahkan tumisan sayuran, telur, keju, pala, dan susu, aduk rata. Masukan ke dalam pinggan tahan panas atau ramekin. Kemudian kukus selama 15 menit [cukup 15 menit yah, jangan kelamaan], dengan api sedang, jangan lupa membungkus tutupannya dengan serbet bersih, kecuali kalau pake klakat ngukusnya.

Sementara itu, kita akan menyiapkan saus putih dengan campuran keju buat topingnya. Pertama panaskan butter, lalu masukan terigu aduk cepat, kemudian masukan susu, dan 50 gr keju parut, aduk hingga mengental. Tambahkan sejumput merica dan garam. Matikan api.

Keluarkan makaroni dari kukusan, kemudian tuang saus keju dia atasnya, lalu taburi lagi dengan keju parut. Panggang selama kurang lebih 20 menit dengan api 200'C. Angkat, sajikan hangat.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



10 comments :

  1. duuuh, teu ngartos andi mah ceu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. naon anu teu ngartos?
      perlu google translater?:D

      Hapus
    2. Kaya apa itu rasanya teh.....?

      Hapus
    3. kyk apa yah, ya kyk makaroni aja dijamurin...:D

      Hapus
  2. naha makaroni kayak gitu teh
    bukannya kaya selang dipotongin gituh..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan kayak selang, tapi kayak peujit kang:D

      Hapus
    2. enya lah kitu
      tapi kenapa di poto bentuknya kitu ?

      Hapus
    3. lamun teu diwadahan awur2an mas, jadi dimangkokan:D
      itu yang di atasnya mah saus keju mas, makaroni nya mah katutupan... nyumput aja...:P

      Hapus
  3. Balasan
    1. iya meskipun gak pake ayam, tapi keju susu dan jamurnya bikin gurih:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^