Kue Kerang

Kue Kerang
Terbuat dari tepung terigu, diberi sedikit campuran tapioka, ditambahkan keju, air, garam, margarin, merica dan telur. Digoreng hingga kuning kecoklatan. Renyah dan gurih....


Kue kerang, kue garpu, atau kalo di kampung saya kadang disebut juga biji ketapang. Berbagai cara orang menyebutnya, namun ciri khasnya selalu sama yaitu "dicetak" dengan garpu. Mungkin ini pula alasannya kenapa kebanyakan orang menyebutnya demikian. Tapi Kalo diamati sekilas, penampakannya juga mirip dengan kerang [kewuk kalo kata orang Sunda mah], makanya disebut juga dengan kue kerang. Namun yang paling aneh adalah, ketika kue ini juga disebut biji ketapang. Padahal nama yang sama juga dipakai untuk camilan manis yang cara pembuatannya digunting-gunting memanjang. Bahan pembuatannya memakai campuran kelapa parut, rasanya renyah dan manis. Tahu kan biji ketapang yang itu? tapi terserah lha ya... mau nyebutnya apa, saya tulis di sini sebagai kue kerang saja. Bagaimana pun postingan ini harus dikasih judul kan...?

Kue kerang aslinya gak pake keju, cuma terigu aja dengan campuran telur, tapioka, air dan margarin. Tapi iseng aja saya tambahin keju, biar lebih gurih, jadinya malah mirip-mirip ke cheese stick... Kalo gak suka keju, bikin yang versi originalnya aja, paling-paling tambahannya seledri yang diiris halus, bisa juga daun bawang, atau bila suka yang bercita rasa pedas, tambahkan cabai rawit ulek di adonannya. Suka-suka deh yah...^^

Cara ngebentuknya udah kebayang kan? Jadi ambil aja sedikit adonan, tempelkan di atas bagian belakang garpu, lalu gulung. Untuk memudahkan "mencetaknya", adonan harus benar-benar kalis, tidak boleh menempel-nempel nantinya agak susah digulungnya. Bacanya sih kayak ribet ya, padahal kalo udah praktek sih gak seribet itu kok. Santai aja, setengah jam aja udah beres... kecuali kalo bikinnya sekarung gituh... dijamin gak cuma jari nya yang kriting, garpunya juga bisa ikutang bingkeng hehehe....


Kue Kerang

Kue Kerang


KUE KERANG


Kue Kerang






300 gr tepung terigu
3 siung bawang putih, parut halus
50 gr margarin, lelehkan
30 gr tepung tapioka
80 ml air
100 gr keju cheddar parut
1/3 sdt garam
1/2 sdt merica
1 btr telur, kocok lepas
minyak untuk menggoreng





Campur semua bahan kering sampai rata. Buat lubang di tengahnya, masukan telur, bawang putih parut dan margarin yang di lelehkan, aduk rata sambil dituangi air sedikit-sedikit. Hentikan penambahan air apabila adonan telah kalis. Aduk hingga rata sampai tidak lagi menempel di tangan. Bulatkan, kemudian diamkan selama kurang lebih 10-15 menit.

Ambil sedikit adonan, kemudian tempelkan di atas garpu [bagian belakangnya] lalu gulung. Lakukan sampai habis. Panaskan minyak kemudian goreng adonan sampai kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan. Setelah dingin, masukan ke dalam toples.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



14 comments :

  1. wah...saya pikir kue plintiran/tambang ..... cara mbikinnya unik ya Mbak....kapan2 pgn nyobain ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi kalo kue tambang belum pernah bikin... kue waktu kecil ya um..:)
      iya, cobain um, lumayan daripada bengong, anak2 biasanya suka yang gurih2..^^

      Hapus
  2. hwaaaa... Jd pgn bikin lg nich... Kalo jajanan manis mah kadang bosen (kadang lho yaaa...), tp kl yg gurih begini....Sllu laris buu...

    *maruk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. trs bisa tahan lmyan lama ketimbang kues basah, jadinya biarpun anak2 gak doyan santei aja simpen di toples biar emak yg ngabisin..:D

      Hapus
  3. Mba ayu, aku ga ngerti yang dimaksud nempelin adonan di belakang garpu terus digulung itu gimana? Maaf yaa nanyanya ga penting, br belajar masak. hihihi. makasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksutnya, ambil sedikit adonan trs ditempelin dibelakang garpu, agak diteken, nah abis itu gulungin nanti adoannya jadi bergurat-gurat gitu...:D
      ntra deh InsyaAlloh kalo bikin lagi dipotoin step by step nya:)

      Hapus
    2. ohh gituu, makanya bentuknya bisa keriting2 gitu yah. baiklah, nanti aku coba ah. makasi ya mba penjelasannya ;)

      Hapus
    3. iya sama2, mudah2an sukses yah percobaannya...^^

      Hapus
  4. serasa lebaran,,,,hihiii,,,,
    Jd ngiler liat nya,,, ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi pami lebaran sok aya nukieu nya? sami... gurih2 gmn gitu..:D

      Hapus
  5. nyam....nyam........pengen buat tapi males hihi, pengennya dibuatin ayu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kya kya..
      masa iya di Amrik bikin yg beginian jeng ..:D

      Hapus
  6. akar kalapa eta mah...
    *meureun...

    BalasHapus
    Balasan
    1. akar kalapa mah panjang, dibejaan kue kerang ih....

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^