Brownies Pisang Panggang

Brownies Pisang Panggang
Brownies...  dimana-mana bahan utamanya ya gitu-gitu aja tepung terigu, dan coklat.. tapi kali ini saya tambahin pisang, biar lebih moist dan beraroma...



Untuk ketiga kalinya saya bikin brownies pisang resepnya mbak Endang JTT. Dulu saya pernah nyobain plek seperti di resep aslinya yang versi kukus. Terus nyobain juga yang versi panggangnya, sukaa enak, jadi bikin lagi. Baik yang dikukus atau panggang, hasilnya sama-sama lembab kok, karena pisangnya lumayan banyak. Dan, karena baking powdernya saya skip, jadinya lebih padat... tapi apalah artinya brownies kalo gak  bantet padat kan? heheheh.. tapi ini bukan bantet sih, padet aja... kalo bantet kan jadi kayak dodol, kalo ini tetep bertekstur... atau gimana yah jelasinnya ya pokoknya begitulah... 

Bagi yang tidak suka dengan brownies bertekstur padat, silahkan tambahkan baking powder ke dalam adonanya. Sebenarnya saya bukan penggila berat makanan sehat, sampai-sampai menghilangkan baking powdernya itu. Saya masih makan gorengan, cake, gula-gula... donat, rerotian,  keripik dan aneka makanan bergula tinggi lainnya... di mana sisi sehat nya? tapi sekiranya ada zat-zat aditif yang bisa dihindari, ya hindari saja.. kecuali kalo muffin... bingung saya nyari resep muffin yang gak dipakein baking soda atau baking powder... makanya ya tetep pake juga, meskipun jumlahnya saya kurangi dari resep aslinya.

Well ya, pada akhirnya pilihan berpulang ke tangan masing-masing... yang terpenting kita tau batasannya, dan tidak makan secara berlebih-lebihan. Kok jadi serius gini ya...*nyengir...



Brownies Pisang Panggang

Brownies Pisang Panggang


BROWNIES PISANG PANGGANG
Source:  Justtryandtaste



Brownies Pisang Panggang






150 gram dark cooking chocolate/coklat hitam masak 
125 gram gula pasir
3 sendok makan mentega/margarine suhu ruang [saya ganti dengan 50 ml minyak jagung]
1/2 sendok teh teh vanili bubuk jika menggunakan vanili bubuk, ayak bersama tepung terigu 
300 gram pisang ambon, haluskan dengan garpu
2 butir telur ayam ukuran besar
100 gram tepung terigu serba guna 
1/2 sendok teh baking powder [skip] 
20 gram coklat bubuk, gunakan yang berkualitas baik  
1/2 sendok teh garam








Siapkan loyang ukuran 20 x 20 cm olesi dengan mentega dan alasi bagian dasarnya dengan kertas minyak. Sisihkan. Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu, coklat bubuk, baking powder [jika pakai] dan garam, aduk rata. Sisihkan. Siapkan mangkuk tahan panas (kaca atau alumunium), letakkan mangkuk diatas panci berisi air mendidih. Masukkan coklat blok ke mangkuk, dan panaskan dengan api kecil menggunakan teknik double-boiler (tim) hingga coklat meleleh. Angkat dari api. 

Kocok telur dan gula hingga mengembang, masukan coklat [Pastikan coklat tidak panas agar telur tidak matang] dan mentega/margarine/minyak. Masukkan puree pisang ke dalamnya, aduk rata. 

Masukkan tepung dalam tiga tahapan, aduk perlahan dengan spatula. Tuangkan adonan ke dalam loyang, ratakan permukaannya. Masukkan ke oven. 

Panggang kue selama 45 - 50 menit atau hingga brownies matang dan tidak lengket saat di tusuk dengan lidi. Keluarkan dari oven. 

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



18 comments :

  1. keliatannya manisnya pas yah say? suka sebel kalo brownies model gini, kadang praktek malah kemanisan, gak laku deh sama anak2ku mah.... tapi kalo 125gr gak terlalu manis kalee ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak teh, gak begitu manis... keculi makannya sambil ngaca pasti kemanisan hahahha...

      Hapus
  2. Jadi laperrrrr, enak buat temen minum kopi pagi hari di kantor :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. atau buat bekel jelong-jelong...
      mas cumi suka backpacking kan?:P

      Hapus
  3. heummm...look so yummiiee,kurang satu...kopiiiii mbk hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa.. kopi nya maish ketinggalan di warung:)

      Hapus
  4. aduh ayu....bisa bikin sy jilat skrin ni!!! craving 4 chocolate!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kya kya...
      jangan donk, masak screennya dijilatin:)

      Hapus
  5. sukaaa brownies pisang....enaaak :))))

    BalasHapus
  6. bentuknya mengerikan
    keliatan manis karena diletakin di papan butut tuh
    abis itu terus dimakan gak..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dimakan, tap bawahnya yang nempel ke kayu diiris dl..
      dah gt dipanggang lagi hahahha...

      Hapus
  7. Aku baru bikin lho mbak... Enyak banget walau ada insiden ketika mau di panggang. Ovennya aku colokin langsung ke stabilizier dan ternyata tuh stabilizier nggak sanggup nanggung watt oven dan meletus lah tu stabilizier, jantungan... Ku pikir ovenku yang meledak. Akhirnya aku kukus aja deh brownies nya dan walau gak pake baking powder hasilnya tetap moist dan padat khas brownies. Tapi mbak menurutku rasanya kurang manis deh, jadi kerasa pahit coklatnya. Lainkali kalo bikin lagi gulanya yang harus ditambah atau coklatnya ya yang dikurangi ??? Salam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ampuun ngeri banget, kalo saya udah paling kapok kalo urusan sama listrik...
      ovennya gak apa tapi yah...
      memang resep alsinya dikukus kok mbak, jadi pasti lebih moist deh...:)
      saran saya mungkin sebaiknya gulanya yang di tambah, biar tetep nyoklat^^
      terima kasih sudha mampir dan ngasih laporan disini ya mbak^^

      Hapus
  8. saya kmrin bikin njiplak resep ini..tpi dengan mengurangi bbrp bahan di antaranya dcc,gula,pisang karena keterbatasan stock xixixi...tp hasilnya tetep nyoklat dan mbrownies kok hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah...
      Terima kasih testimoninya ya... Hehe

      Hapus
  9. legit banget mba hasilnya.. banyak juga ya jumlah pisang yang digunakan. Sewaktu nyampur bahan agak sedikit deg-deg serrr...takut kalo over aduk, baca-baca bisa jadi dodol karo over aduk.
    Makasih sudah sharing resep ya mba... Oiya..salam kenal mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mbak Brigita.. hehe iya yah kok banyak -banget tapi teuteup pas kok dirasanya...:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^