Udang Saus Lada Hitam

Udang Saus Lada Hitam
Udang goreng yang kemudian dicampur dengan saus lada hitam, sensasinya manis asam pedas...


Kemarin, waktu saya bikin Sapi lada hitam, salah seorang sahabat saya, teh Vera, menanyakan bagaimana kalo dagingnya diganti dengan udang. Jadi kepikiran kenapa gak dicoba aja... akhirnya, kemarin nyoba juga versi udangnya... sama aja ternyata, sama-sama enak, meskipun cara masak dan bumbunya agak beda sih... 

Saya cuma icip-icip sedikit, sisanya diabisin Daddy, suka banget katanya. Di sausnya saya tambahin perasan jeruk lemon sedikit, biar ada sensasi asamnya. Soalnya pake kecap gitu, kan jadi manis, kurang seger kalo gak dipakein lemon. Kalo aroma sih cukup kuat dari lada hitam sama bawangnya jadi gak berbau amis...


Udang Saus Lada Hitam


Udang Saus Lada Hitam


UDANG SAUS LADA HITAM


Udang Saus Lada Hitam










250 gr udang, buang kepalanya, kerat punggungnya
2 siung bawang putih, cincang halus
1 buah bawang bombay, iris 
1 sdm lada hitam, ulek kasar
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt garam [tambahkan jika kurang]
1/2 sdt gula
1 sdm perasan jeruk lemon
1 sdt kecap asin
2 sdm kecap manis
150 ml air
1 sdt maizena, cairkan dengan sedikit air
Minyak goreng






Rendaman
1 sdm air jeruk lemon
1 siung bawang putih, parut
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt garam





Baluri udang dengan bumbu rendaman, kemudian simpan dalam lemari es selama 1-2 jam. Goreng udang hingga matang, sisihkan.

Tumis bawang putih hingga harum, masukan bawang bombay, masak hingga bawang layu, tambahkan air, masak hingga mendidih. Masukan gula, garam, kecap manis dan asin, merica, lada hitam, kemudian masukan maizena yang telah dicairan, masak hingga mengental. Tambahkan perasan jeruk lemon. Masukan udang, cicipi, paskan rasanya dengan selera masing-masing. Sajikan hangat.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



11 comments :

  1. asikasikasik....
    besok cuss praktek ahh...
    haturnuhun teteeeh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 teh, mudah2an kali ini gak keaseman, masukin bumbu gula garam sama jeruknya dikit2 dl teh:)

      Hapus
  2. pasti enak banget ya mbak,..
    tapi,
    apa daya,saya elergi bgt sama udang,..
    dan reaksinya itu 5 menit setelah makan udang,gatel2 ni lidah,..
    hhi,.. jdi,curcol..

    BalasHapus
    Balasan
    1. huaaa...kasian deeeeh...
      kalo gitu cobain yang sapi lada hitamnya aja :D

      Hapus
  3. nyam nyam.....pasti enak, udah diolah apa aja selalu enaaaak......

    BalasHapus
  4. ogah udang ah bikin alergi
    jadi gatel gatel pengen lagi...

    BalasHapus
  5. kurang gede ah udangnyah!!!
    mamih pelit!!!!

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^