Sambal Goreng Teri Tempe

Sambal Goreng Teri Tempe
Sambel goreng, yang banyak cabenya itu dipakein teri dan tempe...ada yang punya nasi kepul-kepul?


Tempe lagi ya... hehehe... berputar terus antara ayam, tempe, tahu, teri ayam lagi, tempe lagi... karena saya gak doyan ikan [kecuali ikan teri dan beberapa jenis ikan asin]. Jadi menu makan kita gak jauh dari tempe tahu teri dan daging. Nah, karena temen makan nasinya itu-itu aja, makanya ngolahnya harus variatif. Digoreng, dibacem, dibalado, disambel dan kali ini dicampur teri dbikin sambel goreng. Cuma sayang pete nya ketinggalan. Di tukang sayur, pete belum menampakan wujudnya sampai saat ini... begitu pula di pasar..ada sih, tapi harganya masih rada-rada maharani. Hoream jadinya... 

Terakhir saya posting tempe itu yang dibikin balado... warnanya agak-agak kusem. Teh Lina ampe protes... hahaha... nah kali ini karena judulnya sambel goreng, jadi citarasanya dibikin se-sambel mungkin. Warnanya gojreng dan rasanya pedes. Pokoknya ini merupakan menu yang bisa bikin program diet jadi porak-poranda. Selalu bikin yang makan pengen lagi dan lagi... nah kalo sudah begitu, saran saya segera lah ber-istigfar sambil letakan piring di tempat cucian, jangan balik lagi ke mejikom...heheh...*its works, trust me LOL



Sambal Goreng Teri Tempe


SAMBAL GORENG TERI TEMPE


Sambal Goreng Teri Tempe









500 gr tempe, potong sesuai selera, goreng kering atau setengah kering, [suka suka deh ya..]
100 gr teri, goreng kering
3 lembar daun jeruk
2 ruas jari lengkuas, geprek
1.1/2 sdt gula
Garam, tambahkan secukupnya.
1/2 sdt kaldu bubuk, bila suka [pilih yang non msg kalo menghindari micin]
1 mata asam jawa, larutkan dengan sedikit air
Minyak untuk menggoreng




Bumbu yang dihaluskan
100 gr cabe keriting
5 buah cabe rawit [cabe domba yang puedes itu], tambahkan atau skip kalo gak mau terlalu pedas.
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih








Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan minyak sampai wangi, tambahkan daun jeruk, air asam dan lengkuas, masak lagi sampai matang. Masukan tempe, aduk-aduk, tambahkan teri, gula, garam dan kaldu bubuk, bila pakai. Kecilkan api, aduk terus hingga rata, kemudian cicipi. Jika rasanya sudah pas, angkat, sajikan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



14 comments :

  1. sambel terinya aja cakep gitu sih :)

    BalasHapus
  2. teteh punten,,pami cabe domba th nu kumaha??nembe nguping,,heheee ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ha??? teu terang? hihihi kinten teh cabe domba sudah menjadi bahasa nasional :D
      cabe rawit nu beureum teras ageung geuningan teh, pami di abdi mah disebat na teh cabe domba atanapi cabe taiwan..:D

      Hapus
  3. owh,,anu d anggo garnis ati ampela yaa?,,

    Klo dsni nmina cabe setan,,,Hihii,,serem ya nmina ,,,tp pas klo d bkin abon cabe ,,manteppbb,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. muhun tah nu eta hehehe..
      eh iya bener cabe setan kayaknya lebih mendunia ya ketimbang cabe domba hehhehe...

      Hapus
  4. udah lamaaa ga mbikin tempe....dingin2 gini male ribet2....masak yg gampang2 aja....:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. he'em, apalagi sy yg males2an bikin sndirimah aduh ampun deh keburu kitanya yang jamuran hehhehe

      Hapus
    2. kapan hari pernah sih...udah ngerebus kedelai, trus saya rendem...pas giliran mau ngupas, ga sempat2....hiks akhirnya basi, saya buah deh :(

      Hapus
    3. waduhh sayang bgt..:(
      gak jd deh bikin tempenya ya...

      Hapus
  5. kalau buat sambel goreng teri tempe saya pake gula merah mbk,enakkk bangettt hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oo gt? he'em ntar kalo bkin lagi dicobain deh..makasih ya tipsnya mbak:)

      Hapus
  6. naaaaahhh..... gini nih.... coba tuh terinya pake yang rada gede itu tuh apa sih namanya yah, kalo gak salah teri jengki teh... rada asin tapi sedep pisan anu dipedesin teh...

    *kemruyuk deh cacing perutkyu.......:P

    BalasHapus
    Balasan
    1. heem, ini teri medan teh, jadinya terinya gak kliatan deh...iya kali yah, lain kali harus nyobain yang jengkinya juga.... ^^ lebih kriuk jg kan...gede2 lagi kya kya...sama laper jg nih...

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^