Tempe Balado

Tempe Balado
Tempe balado biasa aja sih... tapi biarpun biasa-biasa aja sukaaaaa banget....


Hari ini kehabisan ide mau masak apa. Nanya sama Daddy jawabannya selalu cari aman, "apa ajah!" padahal di kamus mana pun, mana ada menu bernama "apa ajah". Tapi suka serba salah sih emang... kalo minta dibuatin soto, saya nya suka langsung nyolot, "repot tauuuuuu..." kalo minta ayam katsu, ngeluh juga, "ribet ih bikinnyaa..." makanya daripada berdebat panjang lebar, kayaknya belio pilih jawaban yang aman aja, menu andalannya "apa ajah". Kalo sudah begini, mati kutu, clingukan di tukang sayur... dan biasanya, tempe tahu yang jadi menu alternatifnya, karena selain murah meriah orang serumah suka semua, juga bisa dibikin macem-macem, bener kan emak-emak?

Balado ini beda sama kering tempe biasanya. Tempe ini digorengnya tidak begitu kering, supaya bumbunya meresap, dan tempenya jadi lebih gurih. Kalo tempenya di goreng sampe kering, bumbunya jadi kurang berasa, beda lah pokonya...cobain aja. Terus untuk tingkat kepedesan, bisa diadjust sesuai selera masing-masing yah... tambahin cabe rawit aja dibumbunya^^


Tempe Balado


TEMPE BALADO


Tempe Balado









1/2 papan tempe [sekitar 300 gram]
4 siung bawang merah, iris halus
1 sdt gula pasir
1/2 sdt garam
kaldu bubuk, bila suka
2 lembar daun jeruk, sobek-sobek
Minyak untuk menggoreng




Bumbu yang diulek kasar:
2 siung bawang putih
5 buah cabe merah besar





Goreng tempe hingga setengah kering, tiriskan.
Tumis bawang merah hingga harum dan kecoklatan, masukan daun jeruk, bumbu yang sudah diulek kasar, masak sampai harum dan matang. Masukan tempe, aduk, bubuhi gula, garam, dan kaldu bubuk, aduk lagi hingga merata. Cicipi, angkat. Sajikan dengan nasi hangat.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



16 comments :

  1. ya iya atuh...
    kalo digoreng kering mah namanya kering tempe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. he'em nya..ieu nu nulis resep teh lieur jigana:D

      Hapus
    2. kebanyakan mengkonsumsi susu kuda lieur nya..?

      Hapus
  2. waduuuuuhhhh.... salut dah ama kerajinannya si mamih teaaa..... ketinggalan sayah... :D

    itu mah baladonya kurang nampol mamih... kurang cabe ah!!! sana bikin lagih!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang begini uniknya balado mak..
      cabenya klewer2 nggak halus, jadinya karena nguleknya kasar, warnanya gak bisa merah biar banyak pun...^^

      Hapus
    2. halaaaaaahhhh... bilang aja males nguleknya.....!
      udah, jangan banyak alasan, bikin lagi sana!!!

      Hapus
    3. hihi..
      tapi hari ini aku bikin rendang bu gulu...
      *bye bye tempeee...

      Hapus
    4. nguleknya pake blender...

      Hapus
    5. bukan ngulek atuh jadinya...
      tapi ngblender...:p

      Hapus
  3. momy dulu marni teh pernah liat postingan gecok tempe kalo gak salah di blog momy ini, tapi pas kemaren mau liat lagi resepnya kok gak ada... bener gak yah, atau marni yg salah liat ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak teh, saya belom pernah bikin gecok tempe..:D
      kayaknya bukan liat dimari teh, mangga gugling deui hehh...

      Hapus
  4. waah...ngeceess...lagi ga punya tempe ni....jd single parent ditinggal suami mudik :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ke Indonesia ummu? kok gak ikut?

      Hapus
    2. iya, suami ada konferen di bali, sekalian mudik......
      klo saya ikut mah....buntutnya ikut semua, berat di ongkos plus dimarahin sensei ntar, konferen kok ngajak keluarga :p

      Hapus
    3. xixiiixiiiii...
      betul yah, berat di ongkos:D
      ummu, hebat ih ngurus anak2 sendirian...:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^