Request Post: Sorbet Santan Nangka

Sorbet Santan Nangka
Santan, nangka, gula dengan dibubuhi sedikit vanilla dan garam..simple, yet....emh.. meleleh di hati hahaha...


Ini postingan rikues dari salah satu sahabat pembaca momylicious, mbak Dewi,  yang meminta resep ini ditayangin lagi dengan catatan, takaran resepnya dibikin sedetail mungkin, nggak asal gebrus katanya heheh...so... this is it... sorbetnya mbakyu... meskipun rada-rada telat yah, padahal rikuesnya udah dari bulan kemarin gitu... cuma karena saya susah nyari nangkanya, harus turun gunung dulu, jadi baru bisa aplod sekarang.

Dulu resep Sorbet Santan Nangka nya nggak pake takaran yang detail karena kalo gak salah sih cuma memanfaatkan nangka sisa yang khawatir keburu  busuk, jadi cara bikinnya asal gabrus sajah... lagi pula itu percobaan peratama, jadi masih belum tau enak apa nggaknya. Untunglah, hasilnya enak banget. Nah karena saya gak mungkin juga nulis resep ngarang-ngarang, jadi saya harus balikan deui alis bikin lagi untuk memastikan seberapa banyak takaran yang pas menurut saya. Tapi meski begitu resep ini tidaklah saklek, silahkan dimodif lagi sesuai selera. Misalnya takaran gulanya, barangkali ada yang tidak suka terlalu manis, kurangi, begitu juga dengan jumlah nangkanya, kalo mau lebih kerasa tambahkan lagi sajalah....^^


Sorbet Santan Nangka

Sorbet Santan Nangka


SORBET SANTAN NANGKA


Sorbet Santan Nangka










1200 ml santan agak kental
270-300 gr gula pasir
3/4 sdt vanilla bubuk
200 gr nangka potong kecil-kecil
1 sdt maizena, larutkan dengan sedikit air
1 kuning telur
1/2 sdt garam
1-2 lembar daun pandan, simpulkan





Rebus santan, daun pandan, gula garam, dan vanilla hingga mendidih, kecilkan api. Ambil 1 sendok sayur santan, tuang ke dalam kuning telur, aduk cepat, besar kan lagi apinya,  langsung masukan ke dalam rebusan santan, aduk rata, tambahkan maizena dan nangka. Rebus lagi beberapa saat, matikan api. Biarkan dingin.

Tuang ke dalam wadah, kemudian bekukan. Tidak perlu ditunggu sampai benar-benar keras, asal tampak beku, langsung keluarkan dari freezer, lalu mikser. Masukan kembali ke dalam freezer, setelah mengeras, mixer lagi. Lakukan proses tersebut sampai didapatkan tekstur yang lembut sesuai keinginan. Kalo saya cuma dua kali saja...

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



16 comments :

  1. kebayang wangi nangka.. \^-^/ jadi pengen mbikin, tapi cari nangka susaah :( ada ide nangkanya diganti apa Teh? *ga kreatif banget saya :p

    BalasHapus
  2. eskrem nangka.....tak pernah makan ni...kalo ada nangka mmg tak sempat buat apa-apa..terus diratah...tp boleh dicuba ini..looks super delicious!

    BalasHapus
  3. heummm..baunya nyampe sini mbk,bau nangka yang khas dan seger bangettt,,eh ditambahin daun pandan kayaknya tambah sedep ya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak... hahaha kelewat daun pandannya lupa gak ketulis, udah saya edit mbak, makasih ya..^^

      Hapus
  4. pernah dulu banget bikin sorbet melon plus sirup rasa mellon... enak sih, tapi kerasa kresek2 (baca "e" = lega) gitu, kalo ini mah keliatannya halus ya teh....
    males bikin ah, minta ajah.... boleh doooooooong......

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus di mixer terus teh, biar teksturnya lembut..^^
      boleeee donkkk sini ajah, tapi udah abis sekarang mah xixiix...

      Hapus
  5. huwaaa.....nangkaa....puasa nangka duluu....btw saya jarang mbikin es krim sendiri selama disini, krn blender saya kecil ga bisa kalo buat mblender es krim....cepet panas :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya mah gak pake blender um, respot harus dikeluarin dari tempatnya, jadi dimixer aja langsung diwadahnya hahahha... tapi yang diblender bisa lebih cepet halus kayaknya..:)
      apalagi blender sy um, merk cosmos, udah jadul... bentar2 harus dimatiin hihihi...

      Hapus
  6. glek...glek...ngileerrrr mba liat ini :(

    BalasHapus
  7. Mb aku abis nyobain ini. Kan resepnya nanga dimasukin. Pas di mixer nangkanya hancur dong? Tp difoto mb nangkanya kok msh utuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya sama sekali gak hancur, persis seperti yang dipoto, saya ngemixernya pake speed terendah. Saya 2 kali bikin ini, tapi dua-dunya percobaan saya nangkanya masih utuh kok. nggak hancur, karena ngemixernya pake speed terendah, tidak cukup cepat untuk menghancurkan tekstur nangka... punya mbak gimana setelah dicobain hancur gak?

      Hapus
  8. sebagia besar hancur mb waaupun ada yg utuh. nangkanya letoy kan dimasak mb. ga seseger punya mb. soal rasa si enaaak banget. suami suka bgt. kaya es puter di acara kondangan. aku sajikan sama roti tawar dan mutiara dsisa bikin ronde kemren. pake resep mb juga lo. tp rondenya ga manis ya mb. gula sama kacangnya aku uleg. tr bsnysk yg meletus juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. emh.... mungkin merebusnya terlalu lama. Klo gt, setelah nangkanya dimasukin, matiin apinya. karena gak mungkin kalo gak dimixer, teksturnya jadi kasar. dan gak mungkin jg kalo nangkanya dimasukin setelah dimixer, ntar aromanya gak keluar, ya paling2 begitu, segera matikan api setelah nangkanya dimasukin biar nangkanya gak kburu mateng di wajan.

      Ronde yg mana yah? wedang ronde atau kolak ronde? seingat saya dua duanya manis... tapi mungkin tiap orang berbeda2 tingkat kesukaan manisnya. lain kali boleh dicoba lagi, dgn menambahkan takaran gula nya mbak...
      terimakasih sudah ngasih feedback di mari:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^