Pencok Kacang Panjang

Pencok Kacang Panjang
Kacang panjang yang diulek dengan cabe, kencur, bawang dan terasi.. kadang  juga ditambahkan kemangi... bayangkan saja bagaimana rasanya... pedes dan beraroma kuaaat banget...



Postingan iseng, motretnya pun kilat, karena ditunggu juragan yang udah kelaperan mau makan siang... jadi harap maklum kalo penampakannya rada-rada berantakan, ada nasi dipinggirnya, ya begitulah... gak kliatan tadi, jadinya gak rapi gitu potonya..:(
Janji mau dibuatin ini dari kemarin-kemarin, cuma karena kemarin saya agak kurang enak badan, jadi bedrest aja seharian, dan baru kesampain bikinnya hari ini.

Kalo di Bandung, ini disebutnya pencok kacang, ceunah... tapi kalo di Sukabumi, khususnya di kampung saya, disebutnya ya sambel kacang aja. Bikinnya gampang, tinggal diulek langsung disajikan dengan nasi hangat, kerupuk dan ikan asin. Cuma karena Daddy lagi pusing, jadi gak dikasih ikan asin, saya bikinin ayam goreng aja. Nasinya juga, bukan nasi putih biasa, saya tambahin oncom, jadilah Sangu tutug oncom, kebetulan aja lagi ada oncom hideung. Tapi sejujurnya saya gak tau ini enak apa nggak hahahha... hari ini lagi shaum jadi gak bisa icip-icip, kalo kata beliau sih enak-enak aja, mudah-mudahan bener...LOL


Pencok Kacang Panjang


PENCOK KACANG PANJANG
[porsi untuk 1-2 orang]


Pencok Kacang Panjang







130 gr kacang panjang, potong-potong
Terasi, sedikit saja, bakar sampai harum
1 ruas jari kencur
1 siung bawang putih
5 buah cabe rawit [tambahkan atau kurangi sesukanya]
1/2 sdt garam
1/4 sdt gula merah
Kemangi, bila suka [saya gak pake, lupa gak beli]








Ulek cabe, bawang, kencur dan terasi hingga halus, tambahkan gula dan garam, masukan kacang panjang dan kemangi [bila pakai]. Ulek kasar, aduk rata. Cicipi, pas kan rasanya dengan selera masing-masing. Sajikan dengan nasi hangat, kerupuk dan ikan asin...

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,





13 comments :

  1. Ayuu, aku mau culik kamu deh, masak di rumah hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kyaaa...tidaaaksss..
      aku ngebaying bule dikasih sambel pencok wkwkwkwk...

      Hapus
  2. etah kacangna mentah nya teh...? haaaarrrrrgggghhhh.... noooooo! bauuuu..... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya iyalah...kalo kacang nya mateng mah ganti judul jadi pecel:P...

      Hapus
  3. bapak marni seriiiiing sekali bikin ini teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bapaknya penggila sambel nih kayaknya:D

      Hapus
  4. aiihh,,,eta coet na ngiring exis,,hihii,,
    Hemm jd kepengen pulkam lg,,hiks
    Mun d kampung sya mah kdang ngaemam sok jeng sangu poe nu tiis,mam na ngariung,, enak,,
    Asli nya z,,jdi ngeces nihh,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. muhun pami nuang nu kieu mah kedah babarengan, bari botram nya teh xixixiix..
      muhun, coet ge ayeunamah hoyong ngagaya:D

      Hapus
  5. Ini tuh macem sambel gitu ya Teh?
    Kacang panjang mentah? Rrrr....... *ragu-ragu*

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya An sambel...:)

      heheh...
      Orang Sunda memang terkenal dengan tradisi sayuran mentahnya. Sambel ini mah boleh dibilang cemen banget dibanding yang lain-lain yang rasanya cenderung getir. misalnya sambal terong peuheur [terong kuning kecil], sambel leunca, sambel takokak, sambel peuteuy selong, sambel jaat [kecipir], sambel hiris, belum lagi dengan aneka lalapannya dari daun jambu mete, daun pepaya, antanan, poh-pohan, baluntas..dll... buanyak banget... bahkan kunyitpun suka dicoel sambel... kebanyakan rasanya getir.. tapi sangat digilai.....:D

      pokoknya lepaskan orang sunda di hutan dan mereka akan tetap survive, meski cuma makan pucuk-pucuk-an hihihi...

      Hapus
  6. makanan khas sana ya Mbak? baru denger ni.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul um, kayaknya cuma populer di jabar ya?
      saya kira didaerah lain jg ada sejenis makanan ini, tapi mungkin beda nama... ternyata memang asing:D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^