Timphan Ubi Jalar

Timphan Ubi Jalar
Ubi jalar, dicampur ketan dan santan, dikasih isian sarikaya dengan irisan nangka... mantap!


Masih edisi Lebaran Idul Adha...Taqabbalallahu minna wa min-kum, tetap semangat dan ceria meski kebanyakan makan daging ya pemirsa hehehehe.. dan jangan lupa untuk mencoba resep Sate Maranggi nya!

Nah... ini dia kreasi selanjutnya dari ubi Cilembu hibahan dari tante saya kemaren-kemaren itu, dibikin timphan. Kue ini asalnya dari Aceh, dan konon katanya yang dikasih campuran pisang yang paling enak. Cuma, karena saya adanya ubi jalar, jadi saya pake ubi aja, enak juga kok. Luarnya kenyal tapi lembut dengan isian manis dan beraroma nangkaaaa banget. 

Uniknya, Timphan ini dibungkus dengan daun pisang muda yang masih bergulung. Saya pake daun pisang muda juga sih, tapi gulungannya udah kebuka, jadi gak terlalu muda banget. Makanya setelah timphannya dibungkus pake daun, ujung-ujungnya dilipat, karena kalo gak dilipat, gak enak diliatnya, soalnya daunnya gak sefleksible daun yang masing bergulung. Padahal, sepertinya timphan ini khasnya memang gak dilipet. Pemirsa ngerti gak maksutnyah..? coba liat poto paling bawah, disitu keliatan timphan yang masih ber-baju pisang kan? ujungnya dilipat kan? nah itu harusnya gak dilipat gitu...tapi dibiarin aja, ntar si ujung-ujungnya menempel sendiri.. gitu lho kamsutnyah....


Timphan Ubi Jalar


Timphan Ubi Jalar


TIMPHAN UBI JALAR
Source: Hesti Kitchen



Timphan Ubi Jalar









Bahan kulit
250 gr ubi jalar, kukus haluskan
250 gr tepung ketan
250 ml santan encer
2 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
daun pisang muda, untuk membungkus






Bahan sarikaya
3 btr telur
120 gr gula pasir
100 ml santan
1/4 sdt garam
1 sdm tepung terigu
50 gr nangka, potong kotak kecil [saya pake 100 gr]










Sarikaya
kocok telur, gula, dan garam hingga larut, tambahkan santan, aduk hingga rata. Masukan larutan telur ke dalam tepung sambil diasuk menggunakan whisk hingga rata dan tidak bergerindil. Tambahkan nangka, lalu masak di atas api sedang sambil terus diaduk. Masak hingga mendidih dan kental. Angkat, dinginkan.


Kulit
Masak ubi jalar, santan, gula dan garam sampai tercampur rata. Masukan tepung ketan ke dalam adonan ubi, uleni hingga menjadi adonaan yang dapat dipulung. Jika masih terasa lembek, tambahkan sedikit tepung ketan. 
Siapkan daun muda, olesi minyak. Ambil adonan sebesar bola pingpong, pipihkan, beri isian 1 sendok teh sarikaya, lalu rapatkan adonan dan bungkus dengan daun pisang, tidak perlu disemat, kalo saya cukup dilipat saja.
Kukus dalam dandang yang sudah dipanaskan dengan api sedang selama kurang lebih 15 menit. Angkat, sajikan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



12 comments :

  1. pengeeeen ..... pasti enaaak......baca resepnya jd.kangen nangka nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa enaaaak..
      weleh harus mudik dl ummu:)

      Hapus
    2. ini suami saya lagi mudik, tapi ga mungkin bawa oleh2 nangka :D

      Hapus
    3. eh iya yah, nangka kan gak tahan, nyampe2 bisa2 busuk...

      Hapus
    4. hihihi...iyaa....tapi saya dah request, saya suruh bawa singkong....wkkwkkk...smg aja ga lupa :D

      Hapus
    5. emang singkong rada susah disana yah?
      he'em...
      ngebayangin singkong goreng beeuuuuh....:D

      Hapus
  2. apa lagi ini namanya timpaan..?
    eh kenapa dari tante, emang siamang lembu ga mau nyeponsorin..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. timphan mas, salah kibot ya..
      huum, si tante jg kan tinggal di cilembu :D

      Hapus
  3. kenapa atuh ga main ke cilembu
    sekalian nengokin si mamang masih kaya mumi apa engga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. si tante nya lagi di sukabumi om..
      lagian sekarang lagi pailit, ndak bisa jalan2, abot di bensin:D

      Hapus
  4. wah sayang nya saat ini lg g msm nangka,bs d gnti dgn yg laen g?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh pake apa yah... heuheu soalnya itu yang bikin rasanya jadi khas, mungkin hrs nunggu musim nangka dulu aja mbak :)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^