Sate Maranggi a la Purwakarta, wanna be...

Sate Maranggi a la Purwakarta
Daging yang dimarinasi dengan bumbu  manis dengan aroma ketumbar yang kuat... salah satu panganan yang harus dicoba!



Makanan favoritnya daddy....
dan, ini pertama kalinya saya bikin sate maranggi sendiri di rumah. Biasanya suka beli, kalau mudik ke rumah mertua, karena kalo di Bandung sih saya jarang nemu. Sate ini, rasanya cenderung manis dengan aroma ketumbarnya yang wangiii banget. Sekilas bumbunya mirip dendeng, kalo menurut saya. 

Sate Maranggi cukup populer di Purwakarta. Di sana ada salah satu rumah makan yang menjual pangannan ini hingga menjadi semacam ikonnya kota purwakarta. Padahal kalo menurut daddy, sate tersebut populer juga di Karawang, jadinya sulit memastikan dari daerah mana sebenarnya asal mula sate ini. Tapi kalo dilihat dari segi kultural sih, antara Karawang dan Purwakarta itu mirip-mirip aja lha ya... misalkan dialek bahasa, makanya gak heran kalo sajian kulinernya pun jadi mirip, CMIIW*apa hubungannya dialek bahasa sama sajian kuliner ?:D Namun yang jelas, satenya enak..saya aja yang gak begitu doyan sate sapi, jatuh cinta banget dengan sate ini.

Salah satu yang menarik saat proses marinasi satenya, saya memakai daun pepaya. Tujuannya supaya dagingnya menjadi empuk, gak ngelawan saat digigit. Kenyataannya memang bener sodaraa... enzim papain yang terdapat dalam daun pepaya itu, sungguh ampuh dalah hal mengempukan daging. Selain itu, tidak perlu khawatir kalo dagingnya bakalan pahit kalo dikasih daun pepaya. Nggak, sama sekali nggak berasa daun pepayanya. Terus gimana kalo gak ada daun pepaya? bisa juga pake nanas, enzim bromelin di dalamnya juga memiliki kemapuan yang sama dalam hal mengempukan daging. Pokoknya, daripada pake bahan kimia mendingan pake yang ada disekitar kita aja, yang diambil langsung dari alam*kenapa mendadak jadi sok-sok-an ilmiah sih? hihihi

Jika melihat beberapa referensi dalam membuat sate maranggi ini, ditemukan berbagai variasi dalam penyajian sambalnya, misalnya, ada yang disajikan dengan sambal hijau, dan ada juga yang pake sambal oncom. Tapi, kalo saya, pilih yang ringkes, seger dan pedes. Saya cukup pakai sambel kecap saja. Tapi kalo temen-temen mau pakai sambal yang lain, silahkan berkreasi sendiri dengan sambalnya, atau cari saja resepnya di gugel^^



Sate Maranggi a la Purwakarta

Sate Maranggi a la Purwakarta

Sate Maranggi a la Purwakarta


SATE MARANGGI



Sate Maranggi a la Purwakarta










250 gr daging sapi, potong dadu
2 sdm minyak goreng
1 sdt garam
Daun pepaya untuk membungkus
Tusuk sate




Bumbu yang dihaluskan
1 sdm ketumbar, sangrai sampai harum
5 btr bawang merang
4 btr bawnag putih
1 ruas jari jahe
1/2 sdt merica butiran
60 gr gula merah, sisir halus


Sambal Kecap
Kecap manis secukupnya
Bawang merah, iris tipis
Tomat, cincang
Cabe rawit, iris-iris



Olesan
Kecap
Margarin







Lumuri daging dengan bumbu, tambahkan garam dan minyak, aduk hingga rata. Tata daun pepaya, masukan daging di atasnya, kemudian bungkus. Diamkan selama kurang lebih dua jam. 

Ambil potongan daging, lalu tusuk dengan tusukan sate. Panggang sampai matang, sesekali sambil dipanggang, lumuri daging dengan bahan olesa. Setelah matang, sajikan dengan sambal kecap, atau silahkan berkreasi dengan sambel yang lain.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,




23 comments :

  1. Urusan sate, favoritku cuma sate klatak
    Ga pake bumbu apa-apa cuma dilumurin garam doang

    BalasHapus
    Balasan
    1. ouuw itu tuh namanya sate klatak tah? heheh sate darurat yah... :D

      Hapus
    2. Eh jangan salah
      Itu sate khas. Paling enak yang di pasar Jejeran Bantul. Tempatnya nylempet di belakang pasar tapi antrinya minta ampun. Ga ada publikasi, taunya dari mulut ke mulut. Aku aja dikasih tau sama Butet Kartarajasa

      Hapus
    3. wah..hebaaatt..
      selalu ada yah, tempat2 kayak gitu..
      kalo di bandung mah, ada tuh perkedel bondon atau nasi kalong, yang suka antri dan nguler pembelinya..

      Hapus
  2. kepinginnya mau makan sate!!!!

    BalasHapus
  3. dagingnya cuma dibulen ja ma daun paya slama 2 jam? udah gtu? oke tar dicoba!!!

    BalasHapus
  4. wah, sate daging sapi , belum pernaah...

    BalasHapus
  5. asyiiik... ntr pas idul adha bikin sate sapi ahhhh.... hihihii... ga direbus tetep mateng mom dalemnya pas dibakar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya say...
      gak usah, kalo direbus kurang seru. Mending langsung bakar aja, cuma dibungkus daun pepaya dl biar empuk. Motongnya jangan gede2 kotak kecil-kecil aja kalo takut gak mateng..^^

      Hapus
  6. Balasan
    1. waduuh datang2 maen sikat aja, emang kita cuciah apa..:D

      Hapus
  7. cieeee... menang masbar niye.... ngomeng2, hadiahnya apa teh?
    ngikutan lagi yuk.... temanya Bluder, naon etah bluder teh, tapi boleh lah nyoba biar nambah pengetahuan per-Bluder-an... hihihi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya... aku pilih apron, padahal aku sih sebenernya mau dikasih hadiah apa aja gak crewet :D

      bluder? setauku bluder itu sejenis kawinan antara cake dan roti yang berakibat buruk pada konsumen yang menjalani program diet dan tinggi kolesterol karena pake kuning telor yang banyak hehehhehe...

      Hapus
    2. celemek tea??? mayan lah, buat serbet... hiihiihi...

      pengen nyoba bikin bluder ah... nyooo...

      Hapus
    3. iya hehhe...
      huum, tapi masih galau nih mau pilih yang mana:D

      Hapus
    4. Selamat ya Mbaak....memang pantas utk menang, kereeen ^^
      btw saya ga tau klo ternyata harus upload ke website Masbar ya....hehehe...kirain upolad di fb aja :D

      Hapus
    5. makasiih..

      oo gt? sy sih taunya diaplot ke webnya.. aja, baru pas dikasih tau sy mbak annadina sy aplot ke fb,:D
      yang bluder itu mau ikutan ummu?

      Hapus
  8. kangen pisan ke sini, makin keren, sayang notif-nya ga nyampee.. hik

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksaih mbak..
      he'em nih, belom dibenerin juga kenapa notifnya gak muncul2....:(

      Hapus
  9. Wah wah mas Rawims kena sama BUTET ya. Wowwwwwwww gaul juga nih

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^