Cheddar Cheese Cake

Cheddar Cheese Cake
Nggak punya krimchiz dan whippie tapi pengen bikin cake berkeju nan lembut lumer di mulut? CCC solusinya...!*niru iklan di tipi...


Iya, ini adalah cake yang saya panggang kemarin, sewaktu saya posting Bakwan jagung bumbu kari itu... Cheddar cheese cake...! salah satu cake keju terbaik, [dari sedikit cake keju yang pernah saya icip],  jika dinilai dari segi rasa, tekstur dan aroma* minimal aromanya gak berbau ketek... tapi, buat saya ini adalah tipe cake yang agak-agak risih untuk dibikin. Mengingat saya masih baker pemula dengan sedikit pengalaman, maka acara membuat CCC terasa agak horor, karena tingkat kegagalannya yang cukup tinggi, serius...

Selama ini, saya memang selalu menghindari tipe-tipe cake yang dikocok pisah telur, dan dipanggang dengan cara au bain marie. Alasannya selain karena high risk itu tadi juga karena repot aja gitu, pake acara bungkus-bungkus loyang dengan alufoil, dan jadinya manggangnya lama. Cuma... kalo gak dicobain saya gak bakalan bisa, jadi meski rada malu-malu juga mamerinnya, tapi setidaknya saya sudah mencoba keluar dari jalur aman, dan mulai mengeksekusi resep yang menurut saya agak rumit.


Hasilnya... *nyamar jadi farah Quin..
this is it... cheddar cheese cake super lembut dengan permukaan keriput!
Bantet sih enggak, ngembang kok, cuma pas keluar dari oven, permukannya agak turun, untunglah tidak sampai amblas, tapi itu pun sudah cukup untuk membuat permukaannya  berkerut. Soal rasa mah, tidak perlu dipertanyakan... cheesy banget!

Satu lagi pemirsa... gambarnya nampak mengerikan ya? hihihi... jadi ceritanya saya agak kesulitan saat motret cake ini, karena si bungsu Aiko chan, ngejar-ngejar terus, sambil mengiba.."maaa...maaauuu", belum lagi ditambah cuaca kemarin yang gelap karena diluar hujan sangat lebat, jadilah potonya remang-remang gimanaa gitu...boro-boro mikirin styling, dapat cahaya kecil aja dibawah jendela, udah bagus. Tapi mudah-mudahan dengan segala kekurangannya, tidak menyurutkan niat teman-teman untuk juga mencoba kelezatan dari CCC ini. Iya sekali lagi, cake ini sangat lezat, sungguh..^^


Cheddar Cheese Cake


CHEDDAR CHEESE CAKE


Cheddar Cheese Cake








Bahan I
130 gr susu cair
40 gr butter
125 gr keju cheddar, parut halus




Bahan II [campur & ayak]
20 gr tepung terigu
15 gr tepung maizena




Bahan III
3 kuning telur
1 sdt parutan kulit jeruk lemon




Bahan IV
3 putih telur
90 gr gula pasir
1 sdt air jeruk lemon



Toping 
Selai atau glaze, sesuai selera [saya nggak pake]









Siapkan loyang berdiameter 18 cm, olesi dengan margarin, alasi kertas roti, oles lagi dengan margarin [tapi seperti teh Ricke, saya pakai loyang oval], sisihkan.

Tim bahan I sampai larut, jika masih ada yang bergerindil sedikit, tidak apa-apa.  Kemudian masukan bahan II selagi bahan I masih hangat,[hangat ya, bukan panas]. Aduk hingga rata dan lembut, tidak ada yang menggumpal terigunya. Masukan bahan III, kemudian sisihkan.

Kocok putih telur sampai berbusa, masukan air jeruk lemon dan gula apasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga soft peak [tandanya, creamy tidak kaku, dan masih mengkilap]. Ambil sedikit adonan putih telur, masukan ke dalam campuran keju, aduk rata. Masukan campuran ini ke sisa putih telur, aduk balik perlahan sampai merata.

Panggang dengan cara au bain marie selama 50 menit dengan suhu 150-160'C, atau gunakan api kecil hingga matang dengan permukaan yang berwarna keemasan. Setelah matang, biarkan di loyang hingga agak hangat dan bagian pinggirnya terlihat agak menjauh dari sisi loyang. Gunakan pisau tipis untuk menyisit bagian pinggirnya. Balikan perlahan di atas serbet kering dan balikan kembali ke piring saji. Biarkan dingin. Jika suka, oles permukaannya dengan glaze atau buah-buahan.

____________

Catatan!
kunci utama dari pembuatan cake ini adalah di pengocokan putih telurnya. Jangan sampai terlalu kering, karena hasilnya nanti cake akan menjadi berpori besar, kering, dan akan nampak seperti cake biasa. Karena normalnya cake ini berpori halus dan lembut, lumer di mulut. Selain itu, pengocokan berlebihan juga mengakibatkan cake amblas ketika dikeluarkan dari oven. Chese cake yang normal, memang akan turun tapi tidak lebih dari 1 cm saja.

Au Bain Marie, memanggang dengan cara steam bake yaitu loyang adonan diletakan di atas loyang lain yang berisi air panas. Ketinggian air maksimal 1/3 tinggi loyang adonan. Lebik baik jika memakai loyang tanpa sambungan, kalo tidak ada, bungkus terlebih dahulu loyang adonan dengan alumunium foil yang tebal, tujuannya supaya air tidak merembes ke dalam adonan saat proses peng-oven-an. Satu lagi, please handling with carefully, pada saat membalik cake, kalo nggak cakenya bisa rusak.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



12 comments :


  1. weeee.... hebaat... itu geuning berhasil teh....
    bakalan sering baking dong yah....

    hidup CAKE....!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh lumayan...
      lumayan keriput mksdnya :D

      Hapus
  2. ga papa teh, bukan buat dagang inih... tapi keliatan empuk banget yak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. heem,
      bukan empuk lagi teh, ini mah lumer gituuhhh, lembut...^^

      Hapus
    2. berarti berhasil dong...?
      *keploookkk....

      Hapus
    3. lumayan...cuma agak turun aja teh, kurang sempurna gituuu..

      Hapus
  3. nampak sngat gebussss!!!! tak prnah ada chance buat kek ni...selalu cedar cis out of stock!

    BalasHapus
    Balasan
    1. keluarga penyuka cheddar semua ya ummi...^^

      Hapus
  4. belum pernah nih...males mbikin cake yg dipisah2in telurnya gitu...hehe ga bakat jualan, mbikinnya yg disenengin aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini juga baru pertama kalinya ummu..hahha sama gak ada bakat jualan juga, secara kalo bikin apa2 gak bisa rapi:D

      Hapus
  5. Dear mba, salam kenal.. Saya baru mencoba resep mbak yg ini.. Dan hasilnya...subhanallah..ennnaaakkk :) . Terima kasih y mbak resepnya.

    Irma-Medan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo mbak Irma...
      makasih dah mampir.. iya sama2.. Alhmdulillah kalo suka...^^

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^