Asinan Buah

Asinan Buah
Asinan yang asam manis seger....cocok banget deh buat cuaca panas kayak gini...


Ini dibikinnya beberapa hari lalu. Saking segernya ampe gak bisa tahan lama, siangnya dibikin, besok pagi udah abis lagi. Biasanya saya yang ogah-ogahan makan asinan kemarin mah jadi doyan banget. Bawaan cuacanya nih, Bandung panas banget emang, ya iya lah, sekarang kan musim kemarau.

Eh, sebenernya asinan buah ini ada yang kurang. Gak pake mangga muda ama kedondong. Gak ada. Di tukang sayur adanya ya cuma bengkoang, nanas, mentimun, dan ubi. Buah-buahannya kurang lengkep. Tapi ga apa-apa sih, teteup enak meski ada yang kurang gitu.. nah, kalo temen-temen mau bikin juga, tambahin aja buah-buahannya sesuai selera ya.


Asinan Buah


ASINAN BUAH



Asinan Buah









1 buah nanas
2 buah bengkoang
2 buah mentimun
1 buah ubi jalar kuning
100 gr kacang tanah, goreng





1200 ml air
1/2 sdt terasi bakar atau 1/2 sdt ebi, sangai
5 buah cabe merah besar, sangrai
1 buah cabai rawit [tambahkan sesuai selera]
150 gr gula merah
3 sdm gula pasir
2 sdt garam
5 sdm cuka
1/2 sdt asam
1 sdm kacang tanah goreng








Ulek cabe dan terasi, tambahkan 1 sdm kacang tanah, asam, serta gula merah, ulek sampai halus. Didihkan air, masukan bumbu yang sudah diulek tadi. Masukan gula pasir dan cuka. Masak terus hingga mendidih. Cicipi, paskan rasanya. Angkat dari kompor, dinginkan. 

Kupas dan cuci buah-buahan. Potong-potong sesuai selera, lalu masukan ke dalam wadah. Tuang rebusan cabe tadi. Simpan dalam lemari es minimal 2-3 jam. Sajikan dengan kacang goreng.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



16 comments :

  1. nah ini dia makanan yang pernah nipu waktu di rawabelong. aku pikir namanya manisan kan manis, berarti asinan tuh asin. begitu embat, semprul pedesnya minta ampun. langsung termodol modol tuh, ceu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya setuju banget kadangmah kalo ada yang bilang, apalah arti sebuah nama.. kalo akhirnya cuma buat tipu-tipu lha wong rujak pedes-asem kok dibilang asin-an...

      kepriben yo?
      *biasanya mas riwin suka bilang gt* hehhehe

      Hapus
    2. tau salah kenapa atuh ikutan..?
      mendingan inovasi bikin haseuman atau apa lah sok...

      Hapus
    3. seperti katamu mas, susah ngerubah kebiasaan..
      kalo tetep nyeleneh ntar dikira aneh:D

      Hapus
  2. apalagi yg masih keliatan serpihan cabenya, wahahaha.... Jijaaaaayyyy...

    Tp ari buatan si teteh mah looks so yummy... Olweys...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehhehe...
      gak suka kalo ada cabae ngarambang nya teh..:P

      Hapus
  3. mangkoknya sama, daku juga punya, apa jangan2 itu punyaku???

    Hmmmm....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini dapet dari ibu mertua teh hehhe...
      hadiahana dari sabun kali makanya samaan wkwkwk

      Hapus
    2. wakakakakakakakak....

      Bener etah teh hadiah dari deterjen cair.... Hihi...

      Hapus
    3. hihi itu jg belakangnya ada tulisan WINGS... hihihi

      Hapus
    4. wkwkwkwkwk...

      Dilarang sebut merk!!!

      Itu pan dari soklin cair!!!
      Lho...?

      Hapus
    5. hihi...soalnya bumer py toko, jadi yg namanya piring, gelas ama mangkuk, numpuk di gudang, dan mantunyalah yg seneng mungutin hahaha..

      Hapus
  4. belon pernah makan sih tapi kayaknya seger2 gitu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa? belom pernah makan asinan rujak?

      :D
      berarti melewatkan salah satu kenikmatan dunia hahahha..

      Hapus
  5. klo di jawa timur ga ada ginian...pertama kali makan disuguhi temen di kumamoto sini malah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih terkenal di Jabar atau betawi kayaknya um...:D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^