Soto Daging

Soto Daging
Soto daging yang membingungkan sebenarnya, karena ada campuran adasnya jadi kayak gule deh...LOL


Assalamua'laikum teman-teman...
Maap nih rada telat posting. Jadi, begini ceritanya...*gelar tiker... beberapa hari yang lalu sore-sore ,mendadak di telpon sama mama, katanya mau ke Bandung, saya pikir ya besoknya gitu, taunya hari itu juga langsung capcuz.. jadi kaget banget pas tiba-tiba minta dijemput di terminal bus... untunglah hari itu Daddy gak kemana-mana jadi kita berempat bisa jemput mama*repot emang kalo gak bisa nyetir...ngapa2in minta dianter. Nah kalo ada mama di rumah, udah bisa ditebak, makan serba enak, meski cuma sama telor dadar, asli enak banget jadi bikin saya males turun ke dapur karena urusan dapur, mama yang nyiapin. Udah gitu seharian seru-seruan aja ngobrol melepas kangen, jadi hampir gak sempet buka leptop, dan tadi pagi mama udah balik lagi ke Sukabumi... pas nyampe di rumah abis nganterin mama pulang, rasanya gimanaa gitu, sepi...

Demi melupkaan kemellow-an, akhirnya saya kembali ke leptop dan melihat beberapa draft postingan, salah satunya soto daging ini. Saya membuatnya sekitar 4 hari yang lalu. Gak niat sih awalnya, cuma waktu ke tukang sayur, ada daging sapi sementara pindang tongkol yang dipesan Daddy gak ada, jadinya saya putuskan mau bikin gepuk daging sapi aja deh. Sampai di rumah malah jadi berubah haluan, bikin soto, gak tau kenapa, padahal gak punya emping melinjo, daun bawang dan seledri, tapi karena tiba-tiba pengen itu, ya sudahlah... gepuknya dibuat lain waktu. 

Resep soto daging ini sudah, sama aja kayak resep Soto Ayam yang biasa saya buat. Bedanya ya dagingnya diganti, juga cara perebusannya. Saya merebus daging sapi ini di panci presto, biar cepet, setelah empuk, dagingnya dipotong-potong kecil, baru dicampurin sama bumbu dan kuah santan. Cuma ada yang beda dengan soto ini, pas saya nemu sebungkus adas manis dan cengkeh, iseng, saya tambahkan kedua bahan tersebut, jadinya aroma sotonya mirip-mirip sama gule atau rendang hihihi... Nah, buat temen-temen yang mau nyoba resep ini, adasnya bisa diskip ya kalo nggak suka, tapi kalo kata Daddy mah, teuteup endang bambang gulandaang...!


Soto Daging


SOTO DAGING


Soto Daging




Bahan:
500 gr daging sapi, rebus hingga empuk, potong dadu
500 ml air kaldu rebusan daging
3 cm lengkuas, memarkan
1 batang serai
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk, sobek-sobek
Minyak goreng
1/2 sdt merica bubuk
200 ml santan kental
Gula
Garam
2 buah wortel, potong otak kecil [optional]



Bumbu yang dihaluskan:
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sdt ketumbar, sangrai
1/2 sdt jinten, snagrai
2 ruas jari kunyit
Pala, parut secukupnya
3 cm jahe
2 butir kemiri, sangrai
1/2 sdt adas [optional]
3 btr cengkeh [optional]




Pelengkap [sebagian, saya gak pake karena gak ada stok]:
kecap manis
Daun seledri, iris halus
Daun Bawang, iris halus
Kentang goreng [potato chips]/ emping goreng
Sambal cabe
Jeruk limau








Cara membuat:
Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan daun salam, serai, dan lengkuas. Tunggu sampai harum, masukan air rebus hingga mendidih, masukan santan, tambahkan gula, merica dan garam. Masukan daging, kecilkan apinya, tambahkan wortel kemudian masak hingga  kuah santannya agak mengental. 
Cicipi rasa kuahnya, apabila sudah pas, angkat.

Penyajian:
Siapkan mangkuk saji, masukan soto daging, tambahkan daun bawang dan seledri, kucuri dengan jeruk limau dan kecap, beri sambal cabe jika suka. Sajikan juga bersama dengan kentang goreng/emping melinjo.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



4 comments :

  1. waaa, tumben nie masak dagingnya banyakan teh...
    *slodorin mangkok gede.....

    salam ku wat mamah tertjinta....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih edisi lagi banyak duit hhahahah...
      *maksutnya itu mangkuk minta dicuciin? ogaaahhh...:P

      maacih....^^

      Hapus
    2. buat diisi soto dong mamih... kan lagi banyak duit, secara ibu guru lagi tanggung bulan... hahay... belon gajian... minta lauk ke mamih wae laaaah....

      *pasang muka melaszszs....

      Hapus
    3. alamak..watir hehhehehe..
      mintanya ke warung padang aja bu, pasti di kasih..:D
      cuma pulangnya kudu bayar heheh

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^