Cinnamon & Sweet Potato Cracker

Masih nyambung dengan sweet potato craker yang dulu-dulu itu... bahannya jelas dari ubi donk... dicampur tepung terigu, sedikit gula dan kali ini bedanya saya kasih sedikit cinnamon bubuk... 


Ini kedua kalinya saya membuat cracker berbahan ubi. Dulu judulnya sweet potato crackers aja.. kali ini ada cinnamon di depannya karena memang saya tambahkan bahan tersebut supaya aromanya lebih oke. Selain itu, saya juga masih penasaran karena di percobaan pertama crackernya agak keras, akibat dari penambahan tepung beras. Makanya untuk resep yang ini hampir seluruh bahannya saya plek ikut resep aslinya kecuali penambahan cinnamon tadi. Yaa...biar lucu aja gitu... aromanya nggak terlalu flat...

Secara keseluruhan puas banget dengan hasil cracker yang kedua ini, meskipun saya agak 'nakal', menambahkan sedikit baking soda, padahal mah saya nggak begitu seneng yah pake bahan-bahan yang begituan. Tapi gak apa-apa deh, pakenya juga cuma dikit dan nggak tiap hari ini pake bahan-bahan yang begituan, pan? *pembelaan diri...

________
**Untuk kali ini, karena stok ubinya banyak jadi crackers ini saya bikin dua kali resep dari yang saya tulis di bawah. Tapi supaya pemirsa tidak bingung, takarannya saya tulis sesuai dengan sumber aslinya. Atau justru katerangan ini malah nambah pemirsa jadi puyeng yah? heheh mudah-mudahan nggak deh...



CINNAMON &SWEET POTATO CRACKERS












190 gram tepung terigu
1/2 sendok teh baking powder
1/2 sendok teh garam [lupa nggak pake]
2 sdm gula pasir [aslinya 1 sdt ]
50 gram butter
200 gram ubi jalar kukus hingga lunak dan dihaluskan 
1/4 sdt cinnamon bubuk






Campurkan semua bahan dalam wadah, kemudian aduk memakai sendok kayu/spatula, atau kalo punya pisau pastry pake itu aja. Aduk hingga adonan hingga rata dan adonan menjadi berbutir. Ketika disatukan, adonan menjadi kalis, dapat dibentuk, namun tidak lembek. Ambil sekepal adonan kemudian gilas dengan kayu penggilas, lalu giling sebentar di mesin pembuat pasta, lalu cetak adonan dengan cookie cutter. Jika malas memakai mesin pembuat pasta, adonan cukup digilas dengan kayu, asalkan sama ketebalannya, sehingga ketika proses pemangangan, crakersnya bisa matang merata.

Letakan adonan di atas loyang, kemudian panggang hingga kering kecoklatan. Karena beda oven, beda panas maka lama pemanggangan dan suhu panggang disesuaikan dnegan selera masing-masing yah.. kalo saya sih di set di suhu 100-150'C dan manggangnya luamyan lama, biar kering ke dalem-dalem. Konon katanya kalo manggangnya bener-bener garing, bisa tahan sampai 1 minggu.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



2 comments :

  1. keliatan kriuk2....itu ngegilingnya tipis banget ya Mbak.....supaya kriuk...klo tebel ntar jd cookies :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi iya kl gak tipis nggak kering,
      kl tipis gini, jadinya kriuuuuk bgt:D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^