Sweet Potato Craker

Sweet Potato Craker
Simple banget deh bahannya, cuma ubi kukus yang dihaluskan, dicampur tepung, dikasih butter terus ditambahin gula dikit...pokoknya ini kategori camilan yang mudah, murah meriah, cocok buat emak, cocok juga buat dede^^



Haiyaaah.... pemirsa lucu juga yah ternyata kalo ubi jalar dibikin kracker... selain jadi unyu tampilannya, juga garing, gurih.. keriuk-kriuk lah pokonya... udah gitu, di rasanya juga bisa diadjust sesuai mood kita. Kalo pengen manis ya ditambahin gula, kalo pengen asin ditambahin garam*tentu dengan me-nyekip gulanya, terus kepyurin seledri cincang sama kaldu bubuk biar tambah gurih, lucuuu kan???*kedip-kedip bulu mata anti badai..

Thanks to mbak Endang Indriani yang selalu ngasih resep-resep jitu anti gagal. Berkat beliau ini, saya jadi bisa memanfaatkan seonggok ubi jalar yang terlunta-lunta nasibnya dipojokan dapur saya.. alasannya karena males... lagi males ngUbi. Asa bararosen  makan ubi terus dari minggu kemaren, intinya mah mati gaya gitu...Sampai akhirnya nemu resep ini, jadi semangat lagi deh berkreasi dengan ubi. 


Sweet Potato Craker



Sweet Potato Craker


Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan kracker ubi ini, salah satunya yaitu pada saat pencampuran bahan. Jadi, cara mencampur bahannya hampir sebelas dua belas lah kayak bikin kulit pie. Intinya mah jangan diuleni. Lebih baik diaduk memakai pisau pastry atau kalo nggak punya*kayak saya cukup pakai sendok kayu/spatula saja. Campurkan semua bahan, kemudian aduk hingga menjadi butiran yang beremah. Aduk terus hingga adonan dapat dipulung, namun tidak lembek. Nggak perlu pakai air lagi yah pemirsa sebangsa setanah air, cukup dengan bahan seadanya itu, adonan pun nantinya akan lembab sendiri dan bisa dibentuk.

Selanjutnya yang harus juga diperhatikan yaitu proses pencetakan dan pemanggangan...selain digilas manual, adonan digiling juga dengan memakai penggiling pasta, baru dicetak, biar rata. Tapi kalo gak ada ya gak apa-apa sih, paling ketebalannya aja kadang gak rata. Nah terakhir, yaitu proses pemanggangan. Kalo bisa sih yah, kalo lagi manggang ini jangan ditinggal lama-lama, soalnya sewaktu-waktu cracker harus siap-siaga buat dibolak balik biar gak gosong, soalnya cracker ini cepet jadi coklat pinggirannya, apalagi kalo suhunya agak tinggi, tau-tau gosong sebelah deh... bete kan?

O yah, satu lagi, resep asli crakers ini memakai tepung terigu sebanyak 190gr, yang kemudian dimodifikasi sama mbak Endang  dengan mengganti tepung terigunya dengan tepung gandum utuh dengan takaran yang sama. Nah kalo saya, seperempat dari takaran tepung terigunya saya ganti dengan tepung beras, dan pemakaian baking sodanya saya skip. Hasilnya ternyata agak keras pemirsa.. meskipun ngak sampai bikin sakit gigi sih*salah sendiri... Jadi  kesimpulannya, untuk hasil yang maksimal, lebih baik pakai bahan sesuai dengan yang tercantum diresep aja deh, otre? ^^


SWEET POTATO CRACKER


Sweet Potato Craker



150 gram tepung terigu
50 gr tepung beras [aslinya jumlah keseluruhan pemakain tepung terigu, sebanyak 190 gr dan gak pake tepung beras]
1 1/2 sendok teh baking powder [skip]
1/2 sendok teh garam
1 1/2 sdm gula pasir [aslinya 1 sdt ]
50 gram butter
200 gram ubi jalar kukus hingga lunak dan dihaluskan [aslinya 220 gr]









Campurkan semua bahan dalam wadah, kemudian aduk memakai sendok kayu/spatula, atau kalo punya pisau pastry pake itu aja. Aduk hingga adonan hingga rata dan adonan menjadi berbutir. Ketika disatukan, adonan menjadi kalis, dapat dibentuk, namun tidak lembek. Ambil sekepal adonan kemudian gilas dengan kayu penggilas, lalu giling sebentar di mesin pembuat pasta, lalu cetak adonan dengan cookie cutter. Jika malas memakai mesin pembuat pasta, adonan cukup digilas dengan kayu, asalkan sama ketebalannya, sehingga ketika proses pemangangan, crakersnya bisa matang merata.

Letakan adonan di atas loyang, kemudian panggang hingga kering kecoklatan. Karena beda oven, beda panas maka lama pemanggangan dan suhu panggang disesuaikan dnegan selera masing-masing yah.. kalo saya sih di set di suhu 100-150'C dan manggangnya luamyan lama, biar kering ke dalem-dalem. Konon katanya kalo manggangnya bener-bener garing, bisa tahan sampai 1 minggu.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



12 comments :

  1. Hmmmmm... Hiu deui... Aiiiihhhh.... Salah pemirsa sebangsa tanah dn sebngsa air, maksude :
    Hui deui... Hui deui...
    Manteps.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. pesaran ga sm resep ini*manas2in...:D

      Hapus
    2. iya bu.... lumayan juga mengkonsumsi hiu terus, lumayan bisa ngeluarin gas dari perut... gkgkgkgk...

      (angkat rok, langsung ngibriiiiitttt...)

      Hapus
    3. pencemaran udaaa...*pasang masker:P

      Hapus
  2. Balasan
    1. meminimalisir pemakaian props yang muahal, memanfaatkan ketas bekas:D

      Hapus
  3. waaaaa ane udah ngumpulin amplop ini buat prop teh, kebetulan kalo beli tho'miyah (semacam bakwan tapi bulat2) atau shamboosa (semacam lumpia) wadahnya amplop coklat kotak, tapi belom ada yg cocok di foto bareng si amplop... hiks....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini saya dapet kertasnya dari alas piring, sebenarnya gak berbentuk amplop cm dilipet aja :D

      Hapus
    2. kreatip sih teh... tularin donk...

      Hapus
    3. ehem..ehem... sebenernya kefefet sih, krn gak py props yg lucu hihihi...

      Hapus
  4. keren mbak ayuuuu...kapan2 nyoba aaahhh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. miaicih mb'yu...
      hayuuuu....cobain, sy udh bikin 2x:D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^