Perkedel Kentang Panggang

Perkedel Kentang Panggang
Sepertinya tidak harus dikasih testimoni panjang-panjang...meski cuma dipanggang, perkedel ini gurih dan enak... selain hemat minyak, tentu saja.  Pokoknya, harus dicoba....!



Hari ini kondisi saya kurang fit, dari semalam udah kerasa gak enak. Kirei chan  juga udah 4 hari demam, Alhamdulillah  udah baikan. Jadi   hari ini saya nggak masak, cuma ngukus-ngukus sayuran, seperti biasanya...

Untunglah 3 hari kemarin, saya membuat perkedel kentang yang kemudian saya fridge buat stok kalo tiba-tiba lapar membidadari buta...*colek teh Vera...., jadi bisa dijadikan menu makan hari ini. Dan bener ternyata pemirsaaa...meskipun sedang tidak enak badan, nafsu makan saya sama sekali tidak memburuk, saya tetap rakus seperti biasanya. Pagi-pagi udah saranpan, sambil ngemil stick bayam. Rada siangan dikit ngemil-ngemil bubur, *apah? bubur cemilan? makan beratnya apaaaa.... dan bolu gulung yang kemarin saya bikin..*resepnya menyusul ya... dan...karena Daddy belum pulang, jadi belum ada yang beliin makanan, sementara saya masih kelaparan, pilihan terakhir tentu melirik perkedel ini....Dalam keadaan lapar ruaar biasa, ditambah lagi tinggal seperlima bagian lagi, *kamsutnya tinggal seuprit, eh Kirei chan juga pengen... jadilah saya cuma icip-icip...

Masih laper  bokk:(...



Read More...



Perkedel Kentang Panggang




PERKEDEL KENTANG PANGGANG










Perkedel Kentang Panggang
















450 gr kentang, kupas, kukus, haluskan.
300 gr dada ayam fillet, cincang
1 buah wotel, potong kotak kecil
50 gr keju parut, 
3 buah buncis, iris halus
1 batang daun seledri, iris halus
1 buah bawang bombay, cincang halus
1/2 sdt pala bubuk
1/2 sdt merica bubuk
2 butir telur, kocok lepas
1/2 sdt garam
sejumput gula
50 ml air/ air kaldu
1 sdt kecap asin
1 sdm margarin, untuk menumis






Siapkan wadah campurkan kentang yang sudah dihaluskan dengan gula, garam, pala, keju, seledri, dan telur yang sudah dikocok. Aduk rata, sisihkan.

Panaskan margarin, tumis bawang bombay hingga harum, kemudian masukan ayam cincang, masak hingga ayam berubah warna, tambahkan buncis dan wortel, masukan air. Masak hingga air menyusut, beri sedikit gula dan garam serta kecap asin. Setelah airnya menyusut semua, cicipi, paskan rasanya, matikan kompor. 
Masukan tumisan ayam ke dalam wadah campuran kentang, Aduk hingga rata. 

Siapkan pinggan tahan panas, oles dengan margarin, lalu tuang campuran kentang dan daging, ratakan permukaannya, taburi keju. Panggang selama 30 menit, dengan api sedang.



Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



22 comments :

  1. Tadi blog-nya kenapa teh? kok error gitu?
    sekarang udah sembuh lagi nih blog-nya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak D, itu manti domain jadi di delete dulu domain yg lama, sementara pake momylicious.blogspot.com asalnya kan resep-masakan.web.id...

      tp sekarangmah udah bener lagi, gak tau ntar kl dah beli domain baru:D

      Hapus
    2. untung udah bener lagi....
      kalo sampe gak bisa bener lagi, tar aku bingung nyari tempat tongkrongan... :D

      nongkrong di sini itu enak, banyak makanan... :D

      Hapus
    3. meskipun gak pernah dikasi tester ya mbak...hihihi

      Hapus
  2. Lapar membidadari buta???
    Bidadari ga makan teh :p

    Ni perkedel ala bule lagi ya teh, taunya perkedel pan bulet2 bunder gitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bidadarinya udah turun ke bumi teh, jd serba disikat...makanan ama minuman udah pasti, blm termasuk sikat baju, sikat sepatu...dan sikat2 kamar mandi..udah langganan itu mah hihihi *sekalian curcol..

      bukan, ini mah perkedel ala Ujungberung aja:D

      Hapus
    2. Hahhhhh ujung berung? Kakakq rumahnya gedebage. Deket2 aja gitu kan teh

      Hapus
    3. deket sih kalo ke ujung berung mah *kali...

      cuma dari ujung berung harus naek ojek lagi ke gunung hihihihi...

      Hapus
    4. Tapi bukan gunung ciremai kan teh
      *ditimpuk neng vera*

      Hapus
    5. hihihi...gunung manglayang mbak, memang rada nyingcet sih rada jauh dr peradaban hihihi..

      Hapus
  3. wah...klo sy nyebutnya ini mashed potato Mbak....pernah mbikin, enak gurih ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooowh..
      berarti, kl bhs Sundanya Kentang bejek hihihi...

      tp apapun namanya yg penting enak ya:D

      Hapus
    2. iyaaa yg penting enaak.....samaan nih kita kmrn, sama2 ngolah kentang ^^
      klo di jepang sini mashed potato jd menu yg umum di resto atau cafe2... :)

      Hapus
    3. ouuugh gt..
      kl di kita kan yah yg populer dr kentang kl gak dibuat sambel goreng atau perkedel, jarang diolah jd yang lain..

      Hapus
  4. perkedel mah kecil kecil, eteh...
    kalo segede loyang gitu namanya pizza
    kumaha deuih..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya udah kali ini aku ngalah, buat mas riwin, aku ganti jd pizza kentang:P

      Hapus
  5. enaaak pisan sepertinya mbaaak...

    save dlu aah resepnya..

    makasih y mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 ini gurih bgt, mudah2an suka ya mbak..:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^