Lumpia Basah, Jajanan dari Bandung


Lumpia Basah, Jajanan Bandung
Ini adalah salah satu jajanan favorit saya. Rasanya gurih dan pedas, dengan aroma bawang putih yang kuat. Kalo biasanya saya beli, kali ini saya membuatnnya sendiri, dan ternyata rasanya jauh lebih enak dari pada beli...^^


Saya baru tau ada jajanan lumpia basah ini ketika  pertama kali kuliah di Bandung. Waktu itu lumpia basah yang enak ada dekat kosan, di sekitar daerah Gegerkalong, gak jauh juga dari kampus UPI. Waktu itu saya pikir lumpia di situlah yang paling enak, sampai akhirnya saya nemu tempat lumpia enak lainnya.. dan kemudian nemu lagi lumpia basah yang lebih enak,...di mana? di mana? ya di dapur saya sendiri lah hehehehe...*kemplang pake panci.. 

Unikya, lumpia basah Bandung itu agak beda dari lumpia dari daerah lain. Setahu saya, *yang memang sebenarnya serba tidak  tau * kalau lumpia basah dari daerah lain kan biasanya  terdiri dari rebung, wortel, jamur, buncis, ada juga yang pakai daging ...nah kalo lumpia basah yang di Bandung, yang khas itu, ya isiannya. Padahal sebenarnya simpel banget, cuma telur, tauge dan manisan bengkoang. Manisan bengkoang? iya beneran ini tuh kayak manisan...bengkoang yang digulamerahin terus direbus, warnanya coklat gelap, dan rasanya manis banget, kayak manisan lah... Cuma kali ini saya kurangi rasa manisnya soalnya saya kurang begitu suka. Bumbunya pun cuma satu macem, bawang putih! kecuali kalau misalkan suka pedas seperti saya, tentu donk pakai cabe setan, biar lebih gentayangan aja gitu pedesnya heheh... 

Er..tapi, belakangan saya nemu juga sih ada penjual lumpia basah yang sudah dimodifikasi isiannya, seperti yang saya beli di salah satu supermarket kemarin-kemarin...ternyata lumpia basah enak juga kalau ditambahin isian bakso dan sosis...padahal timbang telor, tauge dan bengkoang aja udah enak, apalagi dipakein bakso sama sosis ya permirsaaaa...emhh..yammmeeeehhh...



Read More...


Lumpia Basah, Jajanan Bandung


Lumpia Basah, Jajanan Bandung
Lipatannya berantakan, kebanyakan isi...

Lumpia ini juga uniknya memakai olesan dari tepung kanji yang direbus dengan gula merah, jadi kayak lem gitu, warnanya kecoklatan dan biasanya dioleskan di atas kulit lumpia. Nah untuk kulitnya sendiri, seperti yang tampak di poto, itu pakai kulit lumpia yang sudah jadi yang di jual dipasaran. Sedangkan cara menghidangkannya, setelah kulitnya dioles dengan lem kanji, terus taruh isian di atasnya, kemudian dilipet, di bungkus pakai daun pisang dan dimakan pakai sumpit....cuma karena gak punya daun pisang, saya taruh di piring saja...

Untuk resep lumpia ini, saya modifikasi sendiri, hasil dari mengamati si mamang-mamang tukang lumpia dan praktek sendiri di rumah. Hasilnya, Alhamdulillah tidak mengecewakan. Cuma catatannya, jika teman-teman mau membuat resep ini, tapi tidak suka pedas, skip saja cabenya. Terus kalau suka sekali dengan cita rasa manis, sebaiknya takaran gula di bengkoannya dibanyakin. Intinya, silahkan diadjust sesuai selera masing-masing la yaw...



LUMPIA BASAH BANDUNG






Lumpia Basah, Jajanan Bandung














Untuk 6 porsi


200 gr tauge
70 gr kol, iris halus
10 buah bakso sapi, ukuran kecil, iris tipis
3 buah sosis, iris tipis
3 butir telur
6 lembar kulit lumpia siap pakai
6 buah bawang putih, ulek halus
6 buah cabai rawit merah [optional], haluskan
Garam
Minyak untuk menumis


Olesan [rebus hingga kental, warnanya bening kecoklatan]:
3 sdm tepung kanji
70 ml air
2 sdm gula merah 

Manisan bengkoang [rebus semua bahan hingga airnya mengering]:
200 gr bengkoang, potong berbentuk korek api
40 gr gula merah
150 ml air, atau tambahkan bila perlu




Panaskan minyak tumis bawang putih dan cabai yang sudah dihaluskan sampai harum, kemudian masukan telur, orak arik sebentar lalu tambahkan bakso dan sosis. Tumis sambil di aduk-aduk kemudian masukan tauge dan kol, lalu masukan bengkoang yang sudah direbus bersama gula. Masak hingga layu, tambahkan garam, cicipi, tunggu hingga tauge dan kol matang, matikan kompor. Untuk memudahkan, bagi tumisan menjadi 6.


Ambil satu lembar kulit lumpia, olesi dengan lem kanji [kanji yang direbus  dengan air dan gula], ratakan lem kanji hingga ke seluruh permukaan lumpia, lalu taruh tumisan di atas. Lipat, kemudian sajikan hangat. 


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



26 comments :

  1. basah kumaha
    pake kuah aja enggak..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamsutnya, kulitnya gak digoreng mas..jadi basah gitu..kalo digoreng itu kan jadinya lumpia kering..:P

      Hapus
    2. ga digoreng atuh masih mentah ceu..?

      Hapus
    3. matenglah..kan kulitnya itu didadar dulu cuma sebentar jd warnanya masih putih..

      Hapus
  2. isi lumpianya melimpah ruah :D
    satu aja rasanya udah kenyang *maklum perut kecil

    yang isi rebung itu kayaknya enak banget ya teh. Pingiiiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo lumpia di bandung itu memang satu aja bikin kenyang.ukurannya jumbo, dan ngelipetnya gak kayak risoles yang api itu..tapi cukup dilipat seperlunya, pake daun pisang trs dimasukin plastik, dimakannya pake sumpit...nyam..nyam..

      sayangnya saya belum pernah nyobain yang pakai rebung:D

      Hapus
  3. Dari dulu penasaran sama lumpia basah
    Di semarang banyakan lumpia yg digoreng itu teh
    Isiannya cuma rebung, telur, ayam dan seafood

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. apanya ki?
      aku sih gak mateng..masih utuh ALhamdulillah heheh

      Hapus
  5. nyontek ya Teeeeh..., ini kesukaan Raihan sama Pandu

    BalasHapus
  6. Mba mau tanya kulitnya itu pake kulit lumpia yg dijual di pasaran atau buat sendiri ya? klo yg dijual di pasaran bisa langsung dimakan ya mba?

    BalasHapus
  7. Mba mau tanya kulit lumpia yg sudah jadi itu bisa langsung dimakan ya? tanpa perlu digoreng lg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa langsung dimakan kok, saya sudah nyobain:)

      Hapus
  8. ternyata olesannya dikasih kanji ya.. aku pernah nyobain, 'resep' dari anakku yg nanya sama si mamang, cuma dioles air gula merah. ok ai see.. soalnya klo gak pake kanji jadi cair pisan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl gak pake gula jadinya basah donk mbak hehehe...

      Hapus
  9. halah...jadi inget masa lalu nih teh..dulu di daerah dago pojok suka mangkal mamang yang jual lumpia basah...jadi pulang kuliah mesti beli..ya ga tiap hari sih...hmmm kira-kira enak mana yang lumpia basah gegerkalong dibanding lumpia basah dago pojok..he he he..
    kebayang enaknya lumpia basah itu..campuran yang pas toge telur dan manisan bengkoang...
    suka pisan sm lumpia basah ini..ah ntar cobain buat sendiri..secara sudah lama sekali ga makan lumpia basah...nuhun pisan resepna teh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhe saya belum pernah nyoba yang di daerah Dago... nah kalo disekitar situ saya malah sukanya jajan Kentang Arab... wuaah pokoknya enak banget deh..::D
      iya cobain jg yang ini yah hihihi
      sami2...:)

      Hapus
    2. Teh, sudah saya coba resep lumpia basahnya tetapi saya tidak pakai bakso dan sosis secara lagi mengurangi makanan olahan..enak..rasanya persis kayak lumpia basah si mamang jualan..he he he..masih inget aja ya...
      teh saya sudah posting di blog saya dan link back ke momylicious tentunya...
      nuhun pisan teh...

      Hapus
    3. ooo iya sama2 teh Monic hihihi...
      syukurlah kalo suka, sy jadi ikutan seneng...:D

      Hapus
  10. enak coba bikin dirumah bareng istri

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^