Kue Lumpur dan cerita hari ini



Assalamua'laikum...
malem mommies...

Hari rabu yang ceraaah alhamduillah dari siang, meski soreanya agak mendung tapi tetep ceria nan gembira yaaa.... Jadi bisa konsen bikin vidio kue lumpur ini, ga bgt kesorean soalnya. Iya, belakangan emang lagi seneng bikin vidio. Sebenrnya udah lama sih, udah punya akun yutup nya juga, cuma karena kesibukan yang gak jelas gituh, akhirnya jadi jarang bikin vidio. Baru minggu minggu ini nih mulai ngisi konten yutup dan IG dengan vidio lagi, dan yang saya bikin adalaaaaah... kue lumpur!

Pasti pada suka donk sama kue yang satu ini. Ini tuh paporit bangeeet. Kalo dulu pas masih tinggal di Bandung terus suka belanja ke Borma, nah di pintu masuknya itu ada yang suka jual aneka kue basah, salah satunya kue lumpur ini widihhh aromanya sadess bangeeed! wangggiiii ciiin.  Serius, aromanya wangi kemana mana, udah kayak mejiknya, yang bikin kita pengen balik lagi balik lagi buat jajan di situ hehe...

Sekarang udah ga tinggal di Bandung lagi, jadi suka kangen sama aneka jajanan yang enak enak di sana... huaaaa jadi cediiih... kangen Bandung, kangen susananya, kangen jajanan di sana T_T *lapingus....

Oke, karena belakangan kayaknya masih belum ada kerjaan ke Bandung, kita obati kekangenan ini dengan membuat salah satu camilan yang saya kangenin di sana, ya si kue lumpur ini. Kue yang lembut, wangi kentang berpadu butter, manis dan pas digigit beneran petjaaah di mulut, lumeeer dan endeeeuss! seriusss gak lebaay, emnag kue lumpur tuh enak bangeeed... yekaaan? *iyaian ajah!


Kue lumpurnya, saya pake resep kue lumpur NCC. Dulu sih pernah bikin kue lumpur syurga ala pak Sahak. Itu juga enyaaaak. Jadi kali ini saya coba resep dari ibu kesayangan Fatmah Bahalwan NCC. Kue lumpur yang ini pake kentang. Rasanya legiit dan wangi. 

Bikin kue lumpur ini kan sambil di shot yaaak. kok haus gitu ya sud untung aja nyetok Herbadrink sari jahe dan temu lawak. Widih mantep dah, pas panas panas kringetan minum yang seger dan asyik.  mommies udah pernah nyobain varian Herbadrink lidah buaya dan temulawak belum? kalo belum, cobain deh! segeeeer bangeet....







Cara bikinnya tinggal diseduh aja pake air dingin, ga usah make gula lagi udah manis kok, kayak saya heheh *garing. Jadi nanti tinggal diseduh pake air dingin, terus tambahin es batu yang banyaaak biar lebih seger. Minumnya siang siang pas terik gitu.... mantap!




------------------------------------------------

KUE LUMPUR KENTANG
resep asli dari Fatmah Bahalwan








500 gr kentang kukus, kemudian haluskan
500 ml santan
250 g tepung terigu
250 g gula pasir
2 butir telur utuh
1 butir kuning telur
1/2 sdt vanilli [ga pake]
100 g margarin leleh [saya pake butter]
1/2 sdt garam [lupa ga pake]


Kismis untuk toping


Kocok gula dengan telur sampai putih dan mengembang , masukkan garam dan vanilli sambil terus dikocok.
Tuangi santan, aduk rata, masukkan kentang dan tepung terigu secara bertahap sambil tetap diaduk rata. Kemudian masukan  mentega leleh, aduk rata.

Panaskan cetakan kue lumpur, poles mentega, tuangi adonan hingga ¾ penuh, tutup, biarkan setengah matang lalu taburi kismis, tutup lagi, biarkan sampai matang. Angkat.


------------------------------------------------



Selamat mencoba, semoga bermanfaat...



Salam,





0 comments :

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^