Spiral Panggang dan Pasta SanRemo

Fussili panggang


Assalamua'laikum warohmatullohi wabarokatu...
Selamat malam mommies...

Ada yang berencana membuat sajian dari bahan pasta barangkali? Ini pertama kalinya saya testing produk pastanya San Remo, dan baru tau beberapa hal, bahwa ternyata San Remo itu  dibuat 100% dari Gandum Durum, tanpa pengawet, tanpa perasa, tanpa pewarna buatan  sehingga  jauh lebih sehat daripada Mie  ya mommies. Warna kuning berasal dari Gandum Durum yang di olah menjadi tepung Semolina sangat tinggi protein, rendah  GI (Glikemik Indeks) & tanpa rekayasa genetic (Genetically Modified Organisms Free).  Selain itu San Remo juga Halal, sertificat Halal Australia

Menurut dr. Ir. Nuri Andarwulan, M.Si, dari Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas teknologi Pertanian, IPB, Bogor,  seperti dikutip dari femina.co.id, mengungkapkan bahwa walaupun sama-sama terbuat dari biji gandum bagian paling dalam (endosperm), jenis gandum yang digunakan untuk memproduksi tepung semolina dan tepung terigu memang berbeda. Tepung semolina dihasilkan dari jenis gandum keras (hard wheat) yang memiliki kandungan protein sangat tinggi. Jadi, jika digunakan untuk membuat adonan pasta akan menghasilkan tekstur pasta yang lebih kenyal dibandingkan pasta tepung terigu yang cenderung mudah patah. Jadi ini salah satu kelebihan lain dari pasta San Remo ya mommies.

Kandungan serat dalam tepung semolina juga lebih tinggi dari tepung terigu. Hal inilah yang menyebabkan konsumsi pasta tepung semolina terasa lebih mengenyangkan dibandingkan konsumsi pasta tepung terigu (note: ada pasta yang dibuat dari campuran tepung terigu, tidak 100% tepung Semolina). Wah, pastinya kabar baik buat saya yang sedikit sedikit lapar berat heheheh...



Fussili panggang



Sebagai permulaan, saya mencoba varian spiral dari San Remo ini, niatnya ingin dibuat sajian one dish meal buat anak anak, karena sepertinya aman buat pencernaan mereka. Ditambah daging sayur susu dan keju, lengkap sudah saya tak perlu membuat makanan tambahan lainnya. Setelah saya coba, memang hasilnya lain. Setelah pastanya direbus hasilnya lebih kenyal dan agak tipis, sehingga merebusnya relatif lebih singkat dari pasta yang terbuat dari terigu. Setelah saya cicipi rasanya lebih ringan dengan warna lebih cerah. Hasilnya setelah diolah pun tidak mengecewakan, rasanya tetap selezat pasta yang biasa saya masak tapi dengan beberapa kelebihan yang sudah saya sebutkan di atas. 

Sejujurnya saya sendiri agak jarang memasak pasta, dan satu satunya olahan pasta favorit saya biasanya dimasak jadi seblak hehehe.. jadi kebayang membuat seblak dengan pasta spiral ini ditambah sayuran yang banyak plus telur dan suwiran ayam hm..... kebayang nikmeehhh....
Nah, Mommies bagaimana,  tertarik mencoba pasta ini juga?



-------------------------------------------------------------------------

SPIRAL PANGGANG


Fussili panggang




150 gr spiral Sanremo, rebus, tiriskan, beri sedikit olive oil sisihkan.



Lapis daging

150 gr daging giling
2 buah sosis
4 sdm saus spaghetti instan
2 sdm saus tomat
1 buah bawang bombay
2 siung bawang putih cicang halus
1 1/2 sdm saus sambal
1 buah wortel, potong kecil kecil
50 ml air
35 gr kacang polong
1/2 sdt merica
3/4-1 sdt sdt garam
1/2 sdt pala bubuk
1 sdt campuran dried italian herbs
1 1/2 sdm margarin

bahan saus putih:
400 ml susu cair
50 gr keju quick melt plus ekstra untuk taburan
1 1/2 sdm terigu
2 sdm margarin
1/2 sdt merica
1/2 sdt oregano kering





Lapis daging:
Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawnag putih sampai harum, masukan daging, masak hingga berubah warna, masukan sayuran, tambahkan air bila terlalu kering masak hingga sayuran layu. Masukan sisa bahan lainnya, cicipi, angkat.

Bahan saus:
Panaskan margarin, masukan terigu masak hingga berbuih, tuang susu. Masak hingga agak mengental, kecilkan api, masukan sisa bahan saus, aduk rata, cicipi. Koreksi rasa. matikan kompor.

Penyelesaian:
Siapkan pinggan tahan panas. Letakan 1/3 bagian pasta spiral yang sudah di rebus di dasar pinggan, kemudian tuang 1/2 bagian lapis daging, lalu tuang 1/2 bagian bahan saus. Masukan 1/2 bagian pasta  sisa lapis daging, tutup dengan pasta, tutup dengan lapisan saus keju. Taburi Keju quickmelt parut.

Siapkan loyang, tuang air panas di dasarnya. Taruh pinggan di atas loyang [manggangnya di au bain marie], kmeudian panggang selama 40 menit di suhu 170'C, dengan api atas bawah atau hingga matang. Sajikan hangat.



-------------------------------------------------------------------------



SAN REMO INDONESIA
Instagram: @sanremoindonesia
Facebook: SanremoIndonesia
Website: Sanremo





Semoga bermanfaat,



Salam,





3 comments :

  1. makasih mbak bias buat ide bukapuasa bareng keluarga besar nih

    BalasHapus
  2. bias jadi pilihan kalo anak lagi susah makan nih. mantap mbak

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^