Mie Goreng Mamak

Mie Goreng Mamak


Assalamua'laikum warohmatullohi wabarokatuh...
Selamat malem...

Hai, kali ini saya mau berbagi resep mie goreng yang menurut saya, enaaak banget. Mi goreng? dah byasaa kali.. eits, tunggu dulu, kalo namnaya mie goreng emang dah biasa, tapi Mie goreng mamak? Mungkin ga semua orang pernah denger ya, karena mie goreng ini lebih populer di Malaysia. Mamak sendiri berasal dari  bahasa tamil yang artinya bapak/saudara. Mamak di sini biasanya merujuk pada Restoran atau cafe cafe yang menyediakan makanan makanan dari India Muslim atau sejenis hidangan hidangan dari India Selatan. Itulah kenapa mie Goreng mamak lebih populer di Negara tetangga kita, karena memang berkembangnya dari sana.



Mie Goreng Mamak


Apa sih yang membuat istimewa dari mie goreng ini? tentu karena citarasanya yang lebih rich. Selain itu mie mamak juga terbuat tidak hanya dari mie, tapi juga memakai tahu, kentang rebus bakso seafood dan tentu saja ayam atau udang. Dalam satu porsi mie  kita tidak hanya dapet karbonya aja tapi tentu saja protein dan sayurannya juga. Ditambah, mie ini juga dibuat dengan bumbu kari dan sambel terasi. whoat? iyaa serius... kebayangkan gimana rasanya... guring dan langsung petjah lah di mulut hehe...





O yah, memmbuat mie mamak kali ini jadi lebih praktis dan lebih lezat tentunya, karena saya memakai sambal terasi siap pakai dari Littledragonchilli. Sebenarnya Produk utama Littledragonchilli itu sabel bawang, cuma mereka sekarang akan launching produk baru nya berupa sambal terasi. Nah kebetulan banget kan mereka bisa berjodoh dengan resep mie mamak ini. Jadi saya coba gabungin bikin mi mamak dengan Littledragonchili. Hasilnya? tidak hanya pedas mantap tapi juga beneran enaak. Itu karena Littledragonchilli terbuat dari bahan-bahan segar pilihan yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan kualitas sambel juara. Untuk yang rasa bawang, rasanya memiliki aftertaste yang sedikit agak kecut namun tetap pedas nikmat. Sedangkan, sambal terasinya terasa lebih rich, pedas, dan nikmeeh... O malahan iseng tadi siang saya cocol sambal terasinya dengan nachos.. wuiihh ga bisa berenti sayah saking enaknya heheh...






Littledragonchili terbuat dari 100% sambal asli tanpa pewarna, hadir dalam kemasan sachet yang travel-friendy (anti tumpah) dan kemasan botol yang cocok digunakan sebagai bahan masakan maupun dimakan langsung, kalo teman teman tertarik dengan sammbel ini, Cara pesan:
- online dari nomor yg ada di bio IG @littledragonchili
- seluruh outlet cabang Ikan Bakar Cianjur di Indonesia
- tokopedia, klikmarket, shope




 ---------------------------------
 MIE GORENG MAMAK
Diadaptasi dari Cheft Yuda Bustara 


Mie Goreng Mamak




100 gr mie telor kering, rebus, tiriskan beri minyak plus kecap. Aduk sisihkan.
10 ekor udang
2 buah fish cake / pake sosis
2 buah tahu, goreng sebentar, potong potong
1 buah kentang, rebus potong potong
Kol, tauge dan sawi hijau/ putih secukupnya
2 btr telur
Sejumput garam
3 siung bawang putih, cincang halus
Minyak untuk menumis
1 buah jeruk limo

Bumbu (aduk rata)
2 sdm kecap manis
2 sdm sambal terasi dari @littledragonchili
3/4 sdt bumbu kari bubuk siap pakai
3 sdm saus tomat




Tumis bawang sampai wangi, masukan udang, masak hingga berubah warna. Tambahkan bakso/ sosis tambahkan bumbu yg sdh diaduk, masukan tahu, aduk. Tambahkan mie, aduk rata kepinggirkan. Masukan telur, orak arik, aduk dengan mie. Masukan sayuran, aduk, cicipi. Sajikan hangat dengan perasan jeruk limo.
 
---------------------------------



Selamat mencoba, semoga bermanfaat...


Salam,





0 comments :

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^