Ayam Suwir Kemangi Pedas dengan Debellin Cookware

Ayam Suwir Kemangi Pedas dengan Debellin Cookware

Assalamua'laikum Warohmatullohi Wabarokatuh....
Malem...


Hai momies, ini menu makan siang saya tadi. Ayam suwir kemangi pedas. Bikinnya simple banget karena bahan bahannya sudah tersedia, saya tinggal sreng sreng aja. Ngabisin isi kulkas gituu... O yah ayamnya sebelumnya sudah saya rebus dulu memakai cookware cantik nan anggun dari Debellin. Emang apa sih bedanya jika dimasak dengan panci biasa? Nah yang saya pake ini Debellin granite series. Casserol dengan diameter 24 cm yang  merupakan alat masak dengan kualitas premium. Permukaannya dilapisi dengan batu granite, sehingga mudah dibersihkan, bebas dari PFOA. Selain itu, Casserole dari Debellin ini juga memiliki design yang elegant, dengan warna yang menarik.  Bagian bawah Casserolenya dilapisi dengan plat induksi sehingga cocok untuk semua permukaan kompor, dan Casserole ini anti lengket lho, serta sudah menggunakan teknologi Greblon. Lengkap donk ya...Pokoknya casserole ini salah satu must have item di dapur deh... cantik dan elegan. Kemarin saya masak ayamnya bentar aja udah empuk, beda deh sama panci yang biasa saya pake.




Pas masak ayamnya saya gak langsung dimasak hari itu juga karena lagi banyak kerjaan akhirnya ayam rebusnya saya simpan dulu di lemari es beberapa hari, nah baru tadi dieksekusi. Supaya tidak berbau amis, pas ngerebus ayamnya, saya tambahin aneka rempah juga. Optional sih, tapi percayalah, aromananya jadi jauh lebih oke, karena saya pake ayam pedaging gitu... Jadi, pas ngerebus itu tambahin juga daun salam, geprekan bawang putih, lengkuas dan jahe, sedikit aja jahenya. Jadi pas mateng ayanya wangi. Kalo ayamnya ga langsung dimasak, pisahkan air kaldunya, ayamnya disimpan diwadah tertutup di dalam freezer, sampai waktunya dimasak. Air kaldunya jangan dibuang ya, saring, kemudian bekukan. Lebih praktis kalo dimasukin ke ice tray gitu, jadi akenya lebih gampang.




Ayam suwir ini saya buat agak pedas, dengan tambahan cabe geluntungan juga, jadi kalo kurang pedes, bisa di klethus sekalian cabenya hehe... Tapi kalo momies nggak begitu suka masakan yang pedas, kurangi saja takaran cabe nya ya...tetep enak kok, apalagi dengan wangi kemangi dan daun jeruknya yang napolll... pas banget buat sajian makan siang. Gak percaya? yuk cobain.... ^_*



________________
AYAM SUWIR KEMANGI PEDAS







1 ekor ayam, rebus sampai epuk
[bahan rebusan ayam
Air + 3 siung bawang putih digeprek, jahe dan lengkuas di geprek, 4 lembar daun salam]
150-200 ml air kaldu rebusan ayam yang diambil dari air rebusan ayam
2 ikat kemangi, siangi
2 lembar daun jeruk, sobek sobek
2 lembar daun salam
1 batang sereh, geprek
Cabe rawit merah utuh
1 buah tomat, potong jadi 8 
Gula, garam, kaldu bubuk & sedikit merica
Minyak untuk menumis


Bumbu halus
1 buah bawang bombay
3 btr bawnag merah
4 siung bawang putih
4 buah cabe merah besar
8 buah cabe keriting + 5 buah cabe rawit , tambahkan atau kurangi takaran cabenya sesuai selera
1/2 sdt terasi
2 lembar daun jeruk



Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai wangi. Masukan daun salam, sereh dan daun jeruk. aduk rata. Masak sapai bumbu matang dan harum.  Masukan ayam, tuang air kaldu. Masak sebentar, tambahkan, gula, garam, kaldu bubuk dan merica. Aduk rata. Masukan tomat dan kemangi serta cabe rawit utuh. Cicipi, koreksi rasa. Sajikan  dengan nasi hangat.


________________

DEBELIN PREMIUM COOKWARE
WA: 08788 5022 999  



Selamat mencoba, semoga bermanfaat.....


Salam, 





0 comments :

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^