Tumpeng Mini



Assalamua'laikum warohmatullohi wabarokatu...
maleem...


Asalnya ngga nyangka banget bisa bikin tumpeng yang cukup kumplit untuk ukuran emak emak yang cepet banget capeknya kayak saya. Iyalah gimana ga capee, bikin tumpeng lengkap satu paket dengan aneka printilannya tentu menguras tenaga dan kadang emosi jiwaaa hahahha... abisnya digerecokin mulu sama bocah yang terus bolak balik cuma buat nyemilin kentang goreng atau nanya iseng mamiii nasi kerucutnya udah jadi belum? mamiii ayamnya udah mateng belom? mamiiii urap sayurnyaa manaa? mammiii..... Daddy kemana? mamii aku mau pipissss.. mamii aiko jambak aku....   ahelah ini bocah,  ga tau apa emaknya super riweuh dari motoin ingredients sampe masaknya udah kayak marathon. Ya...namanya juga anak anak..  anugrah sekaligus ujian mental :D.Itulah kenapa saya jarang banget bikin tumpeng kumplit, akan banyak yang harus dikerjannya dan jangan lupa cucian nya.. *garuktembok...


Sampai akhirnya suatu hari, saya baca pengumuman lomba memasak tumpeng dari salah satu akun instagram yang sala follow. Kalo bukan karea hadiahnya yang lumayan banget buat saya, kayaknya saya males banget bikin tumpeng dengan aneka printilannya ini. Dan setelah melewati proses yang lumayan panjang, akhirnya saya mengang! yeeay menang pemirsa... meski cuma dapet juara 2! haaaaa...Beberapa hari kemudian  kompor tanam sampai ke rumah saya dengan selamat,pas banget  momennya karena waktu itu saya lagi bikin rumah, jadi langsung angkut dan pasang! yeah... rumah baru kompor baru... sounds good... Alhamdulillah.






Jadi sebenernya kalo ga ada lomba itu mungkin saya ga akan bikin tumpeng ini heheh... tapi tenang saja pemirsah, buat temen temen yang samaan malesnya kayak saya sekarang tumpeng kumplit kayak gini bisaaa banget dibeli secara online. Terutama buat temen temen yang ada di jakarta. Ada banyak banget penjual yang dengan berbaik hati menawarkan aneka makanan berat ga cuma tumpeng tapi juga nasi bakar dan sejenisnya, snack box dan tentu saja dessert yang manis manis. Salah satunya yang saya tahu adalah Catering jakarta. 
 
Catering Jakarta  menyediakan beragam layanan paket dengan harga terangkau, dengan kualitas yang memuaskan. Bagi teman teman yang bermaksud melangsungkan acara pernikahan, khitanan, ulang tahun ataupun katering kantoran, bisa banget memakai jasa  Catering Jakarta ini. Untuk melihat beragam pilihan menu nya, teman teman bisa mengunjungi website  Catering Jakarta, jadi sekalian bisa langsung milih gitu... :)








Nah balik lagi ke resep ya...
Jadi sebenernya Resep ini memang sudah disediakan dari pihak penyelenggara lombanya, jadi kita peserta yang ikutan gak perlu repot repot nyari resep lagi, mereka sudah membuat resep sendiri, jadi kita tinggal merecooknya saja. Kedengerannya gampang? hehehe tunggu sampe liat daftar bahan ama yang harus dimasaknya. Meskipun terbaca cukup praktis, kenyataannya tetap merepotkan, karena lumayan banyak yang harus dibuatnya. Padahal si pembuat resepnya sendiri chef Gilang Ramdhano, sudah membuat ini terdengar sangat mudah, misalnya nasi tumpengnya dibuat di dalam rice cooker, urapnya di microwave dan sambal gorengnya dengan bumbu siap pakai. Pas praktek? ya salaamm...  dapur kayak abis kena apa gitu hehehe... da aku mah apa... bikin goreng oncom aja heboh apalgi tumpeng kumplit kan...:P




ingredients Tumpeng Mini




JASA CATERING JAKARTA
Website: http://jakartacatering.com/
Email: info@jakartacatering.com
Mobile: 081291220070
Phone:  02122855368




 ---------------------------------
 TUMPENG MINI KOMPLIT
 Resep dari chef Gilang Ramdhano yang saya sadur lagi dari mbak Duwe Dabeli_kitchen 
*karena cuma mbak duwe ini yang menulskan resepnya secara detil. 

Resep kentang yang ini saya cari cari sudah tidak ada di filenya  dan saya juga lupa masaknya gimana *tepojidat T_T





Bahan Nasi:

250 gr beras
350ml santan
1 lmbr daun pandan
1/2 buah jeruk nipis
1/2 sdt garam
7 ruas jari kunyit



Cuci beras denagn bersih, lalu masukan ke dalam panci rice cooker. Haluskan kunyit dengan blender lalu peras srinya. Tambahkan santan daun pandan, perasan kunyit dan garam ke dalam ice cooker. Masak hingga matang, sambil diaduk. Setelah matang masukan perasan jeruk nipis.


Kering Kentang:

1 buah kentang [ukuran besar]
1 sdm bumbu merah1 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
1 sdm air
3 lmbr daun jeruk
Minyak secukupnya
Kacang goreng



Kentang dipotong korek api, kemudian digoreng sampai garing. Sisihkan. Tumis bumbu, masukan gula garam, air dan daun jeruk, tunggu hingga kental. Matikan api masukan kentang dan kacang goreng, aduk sampai rata.


Bahan Urap Sayuran

2 batang kacang panjang
2 sdm lamtoro [ga pake]
75 gr kecambah
50 gr kelapa parut
1 sdm bumbu merah
2 sdm gula
1/4 sdt garam


Potong kacang dan kecambah sesuai selera. Masukan sayuran dan kelapa parut ke dalam plastic box, masukan bumbu merah, aduk rata. Masukan ke dalam microwave selama 3 menit. Sajikan.
 

Sambal Tomat

3 buah tomat
3 buah bawang putih20 buah cabe rawit
3 siung bawang putih goreng
3 siaung bawang merah goreng
3 sdt gula
1/4 sdt garam

 
Potong cabe, bawang putih dan tomat. Goreng sampai layu, kemudian haluskan dengan blender, masukan lagi ke dalam penggorengan tambahkan gula garam. Tunggu hingga kental. cicipi, angkat.


Bumbu merah

3 siung bawang putih
3 siung bawang merah
5 buah cabe merah1/4 sdt terasi [skip]
2 cm jahe [skip]
1 buah tomat merah



Bumbu Putih

4 ruas Lengkuas
3 ruas jahe
3 siung bawang merah
3 siung bawang putih
5 btr kemiri
1 sdt ketumbar
1/2 sdt lada bubuk


Haluskan bumbu dengan blender, panaskan di wajan sampai airnya menyusut.Tambahkan sedikit minyak, tumis sampai matang.



Ayam Laos/ Ayam Lengkuas

1 potong paha ayam [sy dua potong]
5 sdm bumbu putih
3 sdt gula
1 sdt garam
300 ml air
Laos secukupnya


Potong ayam dan cuci bersih. Tumis bumbu sampai harum, masukan ayam dan air, tunggu sampai mendidih. Masukan gula dan garam. Masak hingga air berkurang. Matikan api. Goreng ayam hingga kecoklatan. Masukan laos yang sudah diparut ke dalam sisa bumbu, peras laos hingga kering, lalu goreng hingga kecoklatan.




---------------------------------





Selamat mencoba, semoga bermanfaat...


Salam,




2 comments :

  1. Fotonya bagussss bgt mbakk... oiya selamat mbak menang lomba bikin tumpeng wl diriwehin anak2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbak say, hehe iya alhamdulillah seneng bangeet nget heheh

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^