Sate Lilit Bali [ Sate Lilit Ayam ]

Sate Lilit Bali [ Sate Lilit Ayam ]

Assalamua'laikum....
Pagii.....

Hellooo...me again haha... tumben jadi rajin :D. Okelah mudah mudahan istiqomah yes... besok ngeblog cantek lagi biar beneran jadi blohernya, bukan cuma ngaku ngaku doank, blogger tapi ngapdet blognya nggak T_T. 

Teruss.... resep apa sih ini? pastinya dah pada apal donk sama sate lilit Bali yang endolitaa ituhh... Kita bisa pake ikan selain ayam ya. Ini resep aslinya dari chef Yuda Bustara memang pake ikan, cuma saya ganti ayam, karena saya gak makan ikan.  Resepnya udah saya otak atik dimana mana tapi ya merujuknya ke resepnya chef yuda itu, saya liat nya di yutup, bekubek aja kalo mau liat versi aslinya.



Sate Lilit Bali [ Sate Lilit Ayam ]


Sebagai pelengkap saat menyantap sate lilit ini, saya juga masak urap, dan sambel tentunya! yeaayyyy.... lengkaplah sudah, kalo kata anak anak IG sekarang, bener bener kenikmatan yang HQQ bhahahha... Alhamdulillah saya mah jangan ditanya, anak anak pun sukaa... apalagi Kirei beuuhhh paling banyak makan satenya. Cobain ya ^_*


--------------------------------

SATE LILIT BALI [SATE LILIT AYAM]
ala Chef Yuda Bustara 
Dengan modifikasi semenamena ala saya _*


Sate Lilit Bali [ Sate Lilit Ayam ]





300 gr ayam dada ayam fillet (aslinya ikan dan udang), potong kecil
50 gr kelapa parut
50 ml santan instan (tambahan dari saya)
1 sdt air asam (lupa nggak kemasukin)
1 batang sereh, geprek, sebagian iris halus
2 lmbr daun salam
10 batang sereh, untuk tusukan sate



Bumbu yang dihaluskan:
1 buah cabe merah besar + 2 buah cabe keriting
5 btr bawang merah
3 siung bawang putih
1 ruas jari jahe
2 cm kunyit, bakar
1 sdt terasi, bakar
2 btr kemiri, sangrai
1/2 sdt gula merah
3/4 sdt garam
1 sdm minyak





Tumis bumbu sampai halus, masukan sereh, dan daun salam, aduk. Masak sampai matang dan harum. Matikan api, dinginkan.

Siapkan daging ayam, masukan ke dalam foodprocessor (aku ke blender), tambahkan bumbu yang sudah ditumis, kelapa parut, santan, minyak, gula dan garam. Proses sampai halus.

Siapkan tusuk sate lebar atau batang sereh, agak memarkan. Ambil 1-2 sdm adonan ayam, bentuk pentol kemudian lilitkan ke batang sereh atau tusuk sate. Lakukan sampai habis. Panggang di atas bara atau pan datar. Masak sampai matang. Sajikan hangat dengan sambal matah. Sedaaapp.


-------------------------------- 




Selamat mencoba, semoga bermafaat...




Salam,





2 comments :

  1. Assalamu'alaykum.....sukaaa banget sama sate lilit. Resepnya worth to try nih.... Boleh nyontek ya mbak Ayu :) Pinned it!

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikum salam warohmatulloh....
      mangga kak, met nyobain ya, mudah mudahan suka.. terima kasih sdh mampir :*

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^