Oliebollen [wanna be]

Oliebollen

Assalamua'laikum warohmatulloh wabarokatu...

Pernah denger makanan oliebollen ini sebelumnya? pasti sering ya... meski tidak sepopuler donat, padahal sebenernya mirip mirip aja sih. Bedanya oliebollen memiliki adonan lebih basah dibanding donat. Rasanya? mirip! Cuma teksturnya aja lebih ringan. Bagian dalamnya fluffy banget, tapi luarnya garing. Enak deh. Oyah oliebollen juga sering dikasih tambahan kismis atau apel yang dipotong kecil kecil ke dalam adonanya, serta bentuknya yang bulat seperti bola, nggak bolong gitu maksudnya.

Di Negeri asalnya Belanda [ dan Belgia:  smoutebollen], Oliebollen ini merupakan makanan yang harus selalu ada pada saat perayaan tahun baru. Ya semacam kita yang harus selalu ada ketupat opor, atau rendang atau semur pas Lebaran gitulah. Gak aci kalo gak ada, istilahnya. Nah begitu juga dengan olibollen ini. Mereka basanya membelinya di toko toko atau membuat sendiri di rumah *ceunah... yang jelas harus ada aja. Kalo diliat liat, variasi oliebollen dari jaman baheula, kayaknya sih begitu begitu aja sih ya, dibuat dari tepung terigu, lemak, gula, garam, ragi, telur dan sedikit garam. Difermentasikan selama kurang lebih satu jam kemudian digoreng. Disajikan dengan gula halus. Tambahan lainnya palingan kismis atau potongan apel, atau keduanya yang dimasukan ke dalam adonan oliebollen ini, yang jelas konon katanya tambahan buah tidak boleh lebih dari 350 gr untuk 500 gr terigu. Tapi karena Aiko ga begitu doyan kismis saya jadi kepikiran gimana kalo ditambahin chocochips asik juga tuh kayaknya. Tapi ntar minyaknya jadi keruh kali yah T_T.



Oliebollen


Resep saya ini, kira kira aja sih yah, gak tau ini udah tepat apa belum yang jelas hasilnya lumayan memuaskan. Tapi mungkin adonannya agak sedikit encer kurang kentel. Entahlah. Tapi rasanya udah enak aja pokoknya. Oyah pas ngegoreng apinya jangan terlalu besar, ntar gak mateng dalemnya, luarnya udah keburu gosong duluan. Tapi jangan terlalu kecil juga karena akan terlalu menyerap banyak minyak. Yang sedang sedang ajalah pokoknya. Btw kalo diliat liat ini mirip kayak jajanan saya dulu waktu di kampung,  tapi namnya beda, nggak fancy sama sekali, namanya odading! hahaha... Kalo di tempat temen temen ada gak tuh odading? ya pokoknya miriplah sama itu :D. 



---------------------------
OLIEBOLLEN


Oliebollen




200 gr tepung terigu
1 sdm ragi
35 gr margarin, lelehkan
130-150 ml susu cair, hangat
60 gr gula pasir
1/4 sdt garam
1 btr telur
Kismis sesuai selera
Minyak untuk menggoreng
Gula tepung untuk dusting












Larutkan ragi ke dalam susu hangat. Masukan telur dan margarin, aduk rata. Masukan terigu. Aduk. Terakhir masukan kismis dan garam. Aduk rata hingga licin. Diamkan satu jam, permukaan adonan ditutup serbet bersih.


---------------------------


Salam,


 


2 comments :

  1. Kalo dalem nya di kasih ayam atau daging cincang pasti makyusss hahaha #laluDikepruk

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^