Lumpia Udang Rebung


Lumpia Udang Rebung

Assalamua'laikum warohmatulloh wabarokatu...

Ahiyyyy beneran rajin ya saya sekarang hehe... selamat malam semua, ketauan banget bokeknya nih, malem mingguannya ngeblog, padahal Bandung selalu menawarkan pesona yang warbyasa pas malem minggu gini [baca: macet] hehehe.... gak dink, maksudnya banyak banget tempat tempat kece buat nangkring dari jajanan paling lucu, murah enak sampe yang mahal mahal juga buanyakkk. Pasti menyenangkan kalo banyak duit ya bok..*yaiyalahhh.. hahah...




Lumpia Udang Rebung


Oyah malam ini saya mau ngeshare resep yang sebenernya udah tayang dari Ramadhan kemarin di blognya Lubna Karim sebagai salah satu guest post dalam rangka Joy from Fasting to Feasting IX yang selalu diadakan oleh beliau setiap moment Ramadhan. Kebetulan taun ini Alhamdulillah saya terpilih menjadi salah satu kontributornya dari Indonesia. Saya lupa dari berapa negara ya yang beliau pilih. Yah seru aja bisa menjadi bagian dari acara beliau. Terus kenapa baru diposting bu? ah maklum lah mood nya gak dapet dapet, jadi baru bisa posting sekarang Im so sorry Lubnaaaa... Sejujurnya saya juga ragu yah awalnya mau ikut apa nggak, soalnya artikel dan resepnya harus ditulis dalam bahasa Inggris. Kalo cuma yes or no yaa bisa bisa aja sih, tapi kalo bikin artikel panjang ntar duluuu bisa bisa diketawain se RT bhahah... untunglah temen saya mau bantu, sebut saja namanya Mawar bahahha... *dikeplak, oke yang bantu saya nerjemahin artikelnya yaitu Kiki, Diandandariskia, salah satu blogger dan temen saya di IG yang sekarang berdomisili di Malang. Tapi sekarang lagi vacum dulu si acuy ini soalnya baru lahiran. Selamat begadang ya buuu *bahahha.. Inget jangan pegang kamera dulu ntar dipelototin bumer repoott. Idih malah ngelantrur... lanjut yak ceritanya. Nah berkat bantuan Kiki ini jadilah artikelnya. Maksih banyak dah pokoknya. 




Lumpia Udang Rebung


Snack ini biasa disebut lumpia, atau secara umum dikenal dengan nama spring roll. Spring roll yang saya buat  terinspirasi dari Lumpia Semarang yang pastinya udah pada tau lha ya, dari Jawa Tengah. Panganan ini dipengaruhi oleh kuliner Tionghoa. Namun tentu saja dengan citarasa khas Jawa. Sebenarnya, Lumpia Semarang yang otentik memiliki aroma yang khas dengan tambahan saus, cabe rawit dan acar dalam penyajiannya.  Namun di resep ini, disesuaikan dengan selera kami di rumah  jadi saya buat  aromanya lebih ringan dengan saus pedas asam manis bukannya saus gula dengan irisan bawang putih kayak biasanya  lumpia ini  disajikan. Tetap lezat kok, dan kalo temen temen gak suka atau sedang menghidari aneka gorengan *diet gitu cinnn, lumpia ini bisa juga langsung dimakan tanpa digoreng terlebih dahulu. Gimana, asyik kan? jadii yukkk kita cus aja bikin. Dan berhubung ini udah rada rada jadoel, saya gak bikin vidionya. Kalo yang baru baru InsyaAlloh saya insert vidio juga. Biar ga usah repot nanya nanya lagi, tinggal intip aja cara bikinnya hehe...
 



-----------------------------  
LUMPIA UDANG REBUNG

 

Lumpia Udang Rebung



10 lebar kulit lumpia, siap pakai [beli aja di SPM] biar gampang

Isian:
250 gr rebung, iris tipis memanjang
150 gr udang, cincang halus
1 btr telur, kocok lepas
1 sdt kecap asin
2 sdm kecap manis
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
5 btr bawang merah
3 siung bwang putih
3/4 sdt garam
2 sdm minyak wijen
Minyak untuk menggoreng

1 sdm terigu, cairkan dengan sedikit air untuk perekat






Panaskan wajan, tumis bawang hingga harum. Masukan udang, orak arik hingga rata dan harum. Masukan rebung. Tambahkan gula, garam dan merica, kecap manis dan kecap asin. Aduk rata. Masukan telur, aduk. Tunggu hingga telur matang,  Cicipi. Paskan rasanya.

Ambil satu lembar kulit lumpia, beri 1 sdm isian, lipat, kemudian gulung, rekatkan dengan terigu. Lakukan sampai habis. Goreng hingga kuning kecoklatan.



-----------------------------


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...


Salam,


0 Komentar