Baked Churros

Baked Churros



Assalamua'laikum warohmatullohi wabarokatu...

Pernah nyoba bikin churros yang dipanggang? kalo belum, sesekali cobain deh. Rasanya nggak kalah sama yang digoreng. Tetep renyah dan krispi. Tentu saja bonusnya nggak berlumuran minyak heheh... Kalo bikin kue soes yang mana resepnya saman kayak resep churros ini, saya biasanya pake tepung protein tinggi. Supaya lebih bagus ngembangnya. Tapi karena yang saya buat kali ini churros bukan soes atau eclair jadi, saya ganti pake tepung terigu protein rendah. Proses pemanggangan juga ang biasanya sekali manggang hanya diisi satu loyang, kali ini langsung dua loyang, dan dengan suhu panggang yang relatif sedang, cenderung rendah malah, di suhu 120-150'C. 10 menit pertama di suhu 150'C, berikutnya turunkan ke suhu 120-130'C. Hasilnya tentu saja churros yang panjang tidak menggelembung, isinya padat, namun tetap renyah. Harus banget dicoba!



Baked Churros


Buat toppingnya, bisa dipilih taburan gula plus kayu manis aja udah enak. Tapi kalo temen temen suka saus cokelat, boleh juga pake. Kalo saya, pake keduanya, biar nampol heheh.. Disajikannya dengan cokelat hangat.. wihhh mantap banget... Serius gak pengen nyoba? T_T




-------------------------- 
BAKED CHURROS 



Baked Churros




125 ml air
50 gr margarin palmia
100 gr terigu protein rendah
1/4 sdt garam (krn margarin udah asin jd aku skip)
1 sdt gula pasir
2 btr telur

Toping
Gula bubuk+ kayu manis bubuk + gula palem, aduk rata  [kira kira aja takarannya]

Saus cokelat [rebus dgn api kecil sampai meletup letup]
100 gr dcc, cincang
1/2 cup susu
1 1/2 sdm gula palem
1 sdm butter
3/4 sdm maizena

 






Rebus butter dengan api kecil hingga meleleh, masukan terigu, gula dan garam, aduk sampai kalis. Matikan api. Tunggu hingga hangat masukan telur satu persatu lalu dimixer dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata. Masukan ke dalam plastik segi tiga yang sudah diberi spuit. Semprotkan di atas loyang. Panggang sampai matang. 10 menit pertama di suhu 150'c, selanjutnya turunkan jadi 120-130'c. Sajikan dgn gula dicampur kayu manis dan saus coklat.



--------------------------

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...



Salam,




4 comments :

  1. Kalo di panggang mengurangi lemak jenuh dari minyak, jadi langsing yaaaaa hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah gak juga sih kalo makannya sebakul T_T

      Hapus
  2. Aku tiap kali kesini bawaannya pasti emosi :D

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^