Roti Isi Kacang Merah

Roti Isi Kacang Merah

Assalamualaikum warohmatulloh wabarkatu...
Wilujeng enjing...


Pertama kalinya bikin roti dengan isian kacang merah. Tapi saya lupa detil-detilnya gimana yah, Udah lama sih bikinnya... pokoknya tetep enak. Kacang merahnya kok gak merah? soalnya saya masukin juga cokelat bubuk biar gak ada aroma langunya sama sekali. Mungkin kalo di kita kacang merah tidak terlalu populer dijadikan isian, beda halnya di Jepang biasanya kacang merah dijadikan aneka macam isian. Memang bentuknya pun agak berbeda, kalo tidak salah namanya azuki. Lagi males lah saya gak gugling gugling dulu, pokoknya gitu lha ya... Nah terus kacang merah apa yang saya pakai ini? kalo yang saya buat ini cuma kacang merah biasa, yang buat campuran sayur asem *whoot? heheh... Gak masalah sih, yang penting kacangnya bener-bener udah berwarna merah tua dan ukurannya agak besar-besar supaya rasanya lebih gurih.



Roti Isi Kacang Merah



Resep rotinya pake yang water roux, supaya teksturnya lembut dan tentu saja hemat telur, karena adonan gak pake telur sama sekali. Btw, telur lagi mahal kan cin? ya udahlah cari resep resep yang eggless dulu aja jangan bikin maksuba atau apa itu  kue yang telurnya nyampe 30an? ajegileeee peengsan! bukan karena mahalnya aja sih, tapi kolesterolnya itu bokk... belum gula dan lemak nya pan.. hah, kalo aja sel tubuh bisa menjerit udah teriak teriak kali yah T_T.

Kalo ada yang bertanya-tanya kenapakah itu bentuknya mengerikan? heheh.. maklum lha ya, saya suka bingung mau dibentuk apa jadilah, cuma diuwel uwel aja. Gak ada bedanya mau bentuknya secanggih gimana, rasanya ya gitu-gitu aja kan?*pembelaan, aslinya karena memang males.. :P.




Roti Isi Kacang Merah




---------------------------------
ROTI ISI KACANG MERAH


Roti Isi Kacang Merah







Water roux [starter]:
25 gr tepung terigu protein tinggi [misal, cakra kembar]
125 ml air

Bahan Roti:
130 gr water roux
250 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang
11 gr ragi instant
35 gr mentega
100 ml air
70 gr gula pasir
30 gr susu bubuk
1/2 sdt garam

Olesan:
2 sdm susu bubuk + 4 sdm air
atau kuning telur

Isian:
250 gr kacang merah, rebus hingga lunak
110-120 gr gula pasir (adjust sesuai selera)
1 lmbr daun pandan
65 ml santan kental
Sejumput garam
1 1/2 sdm cokelat bubuk







Isian:
Bender kacang merah yg sudah direbus dengan santan hingga lembut. Masukan ke dalam panci, tambahkan sisa bahan lain, masak hingga airnya menyusut dan tidak lembek lagi (bisa dipulung). Dinginkan, bentuk bulat bulat. .



Roti:
Water roux:
Campur terigu dan air, aduk hingga rata kemudian masak di atas api kecil hingga mengental tapi jangan sampai mendidih dan bergerindil. Angkat, dinginkan.



Siapkan bahan roti, campur semua bahan kering, aduk hingga rata tambahkan air dan bahan starer, uleni adonan hingga kalis. Tambahkan mentega, uleni kembali hingga elastis. Istirahatkan adonan selama 30-60 menit, atau sampai adonan mengembang menjadi 2 kali lipat.
Kempiskan adonan, bagi menjadi 12 buah, bulatkan. Beri isian. Diamkan hingga mengembang lagi. Oles permukannya dengan bahan olesan. Panggang roti di suhu 200-250'c, selama kurang lebih 20 menit.


---------------------------------


Selamat mencoba, semoga bermanfat...


Wassalam,



6 comments :

  1. Coba kacangmerahnya kasih pewarna biar beneran merah hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasih pewarna tekstil ya biar nempel :P

      Hapus
  2. Mba.. kacang merah banyak jenisnya kah? Saya tahunya kacang merah doang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh iya kalo gak salah sih cemmacem cuma namanya yang saya tau azuki sm kacang merah yang biasa kita beli buat sayur asem :D

      Hapus
  3. Aduh jadi pengen nyoba bikin di rumah mom

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^