Ayam Jamur Bumbu Teriyaki

Ayam Jamur Bumbu Teriyaki

Assalamua'laikum warohmatulloh wabarokatu...
Wilujeng enjing...


Pagi yang sendu di Sariwangi Bandung Barat, sedari subuh ujannya rintik rintik... gimana ditempatmu teman? Oke lupakan soal cuaca, itu basa basi gak penting sebenernya hueheheh....


Kali ini posting menu yang simple banget. Udah lama sih bikinnya. Jadi ada salah satu teman di Instagram [intip di sini], yang sedang berwirausaha membuat saus teriyaki homemade yang tanpa pengawet atau MSG, dan InysaAlloh halal, kebetulan saya dikasih sample produknya. Hasilnya tidak mengecewakan, tidak kalah dengan saus teriyaki botolan dari merk ternama itu lho... dan karena yang ini tanpa pengawet & MSG tentunya lebih menyehatkan! Selain dibuat tumisan kayak gini, saus teriyaki juga bisa dipakai untuk berbagai macam kebutuhan, tidak hanya untuk ayam, bisa juga tempe, tahu misalnya. Jika sudah tau cara mengolahnya, biarpun cuma tempe tahu, tapi tetap lezat kok. Atau yang paling simple, saus teriyaki ini bisa dipake untuk cocolan saus ayam katsu, gampang  banget, ayam katsu yang sudah digoreng, langsung deh dituang saus ini, terus dikasih topping wijen sangrai...jadi deh!







Resep yang saya buat kali ini juga gak ribet lah *da' apa atuh aku mah... :D, tapi tentunya tetap lezat dan  karena ada tambahan jamurnya, rasanya jadi lebih gurih. Kalo teman teman  memiliki kesibukan yang menyita waktu di pagi hari, untuk menyiapkan menu ini, bisa dilakukan semalam sebelumnya. Jadi supaya ayamnya meresap banget, rendam ayam dalam saus teriyaki semalaman dan simpan dalam lemari es [chiller], jadi besoknya tinggal eksekusi aja. Pas banget buat bekal anak sekolah, atau kalo suka makanan berat di pagi hari, untuk menu sarapan juga bisa... _:)



--------------------------
 AYAM JAMUR BUMBU TERIYAKI




Ayam Jamur Bumbu Teriyaki







300 gr dada ayam fillet, potong kotak
7 buah jamur champignon, iris tipis
1/2 buah paprika hijau, potong memanjang
3 sdm saus teriyaki
1 sdt kecap manis
3/4 sdt garam (sesuaikan dengan selera)
100 ml air
1/2 sdt merica bubuk
1 buah bawang bombay, iris bulat
3 siung bawang putih, cincang halus
2 ruas jari jahe, geprek
1 sdt gula pasir
Wijen sangarai untuk taburan
3 sdm minyak goreng, untuk menumis







Campur ayam dengan 2 sdm saus teriyaki, diamkan di dalam lemari es selama 30 menit. Panaskan minyak, goreng ayam, jaga api supaya tidak gosong, angkat, tiriskan.

Di bekas penggorengan ayam, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, masukan jamur aduk rata. Tambahkan air, gula, garam. Masak hingga jamur layu. Masukan ayam dan paprika, aduk, masukan kecap manis, merica dan sisa saus teriyaki, aduk rata, cicipi, koreksi rasanya. Sajikan dengan taburan wijen sangrai.



--------------------------




Selamat mencoba, semoga bermanfaat...



Wassalam,



8 comments :

  1. tuh bener kan dugaan saya, udah mah ayam jamur dibumbuinya pake teriyaki pulak, gambarnya menggoda pula...ngiler deh nih ah

    BalasHapus
  2. kenapa mesti di diamkan 30 menit di lemari es ???

    BalasHapus
  3. Sungguh menggoda iman mba ini ayam teriyakinya *ileran

    BalasHapus
  4. mb saus teriyakinya merk apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Delicious deh merknya kalo gak salah, coba aja cari dyanticake di instagram :)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^