Hanna's Klappertart

Hanna's Klappertart

Assalamua'laikum warohmatulloh wabarokatu...
Wilujeng enjing...


Klappertart merupakan salah satu adaptasi kuliner Manado-Belanda. Klappertaart sendiri artinya kelapa dalam bahasa Belanda, karena memang bahan baku utamanya adalah kelapa, ditambah susu, telur dan tepung. Cita rasa yang dihasilkan sangat "western" pastinya, namun dengan kreatifnya orang Manado menambahkan kenari, kismis dan kayu manis sebagai tambahan. Hasilnya? tentu saja perpaduan sebuah cita rasa kuliner Timur-Barat yang sangat sangaaat lezat... !

Klappertaart yang ada saat ini biasanya dibuat dengan cara dipanggang atau tanpa dipanggang. Klappertaart yang dipanggang hampir mirip dengan taart pada umumnya. Sedangkan yang tidak dipanggang, lebih mirip custard, sangat lembut teksturnya. Buat saya, mau dipanggang atau pun yang tidak dipanggang, dua duanya sama sama enak, hanya saja yang tidak dipanggang lebih simple cara membuatnya. Jadi belakangan saya lebih prefer bikin yang tidak dipanggang.



Hanna's Klappertart



Resep klapertaart yang saya buat ini, mengadaptasi dari resep klapertaartnya mbak Hanna. Pasti pada tau donk ya, Hanna's klappertart yang terkenal ituuhhh... dan memang resepnya sudah teruji, jadi jangan diragukan gimana rasanya... bukan cuma enak, tapi enaak pake bangeeetsss...! buat penyuka klapertaart harus banget nyobain, minimal bikin sekali seumur hidup lah hahaha... Salah satu heaven on earth menurut sayah, kecuali bagian menumpuk lemaknya... karena memang harus diakui, meski rasanya sangat lezat, namun klapertaart ini memiliki jumlah kalori yang tinggi. Penggunaan susu, kuning telur yang banyak, gula dan jangan lupakan butter nya! arrrkhh... antara rasa bersalah dan godaan menggiurkan... Jadi saran saya, buatlah setengah resep saja, kemudian tuang di wadah wadah kecil, supaya makannya jangan kebanyakan. Atau kal opun mau bikin satu resep, ambil secukupnya, sisanya bagiin ke rumah tetangga, atau anterin ke rumah saya juga boleh... *plakss...



Hanna's Klappertart


--------------------------
HANNA'S KLAPPERTAART
Source: Tabloid Lezat via mbak Camelia and mbak Yuyun


Hanna's Klappertart






100 gr tepung terigu + 1/2 gelas air [takaran airnya kira-kira]
1 sdm ekstrak vanilla
1 liter susu cair
1 kaleng susu kental manis
150 gr mentega (Misal,  Orchid)
200 gr gula pasir
6 kuning telur
1 - 1,5 kg kelapa muda







Campur tepung terigu dengn air, masukan kuning telur, aduk rata dengan whisker balon kecil hingga rata kemudian masukkan kedalam panci dengan cara disaring. Lalu masukkan secara berurutan, susu cair, susu kental manis 1/2 kaleng sedikit demi sedikit, mentega dan gula. Masak diatas api sedang, aduk semua adonan berlahan-lahan sekitar 20 menit terus menerus hingga adonan mengental, masukkan kelapa muda, aduk rata. Setelah agak mengental, tuangkan lagi sisa susu kental manis dan vanilla ekstrak, aduk hingga rata. Angkat, dinginkan.


Setelah dingin, siap untuk dituang ke loyang. Klappertaart siap diberi topping sesuai selera, (saya pake almond slice panggang, keju, kismis dan bubuk kayu manis). Masukkan ke dalam lemari es. Sebaiknya disajikan dingin.



--------------------------



Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,




8 comments :

  1. jiahhh pagi2 sukses ngiler liat yang beginian....
    duh teteh meni bening pisan fotona...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha nuhunnn teh monic... ih endes bgt inihh..

      Hapus
  2. aku sukak pakek bangget sama klappie, tapi orang rumah ga ada yang suka. jadi kalo mau bikin males banget, kebayang numpuk kalorinya itu krn dimakan sendiri. hmm tapi blm pernah bikin versi unbaked gini, coba ah..entah kapan

    BalasHapus
  3. Baru tau kalo klapertart ini ada aura belanda nya, aku pikir asli manado

    BalasHapus
  4. Udah lamaa pengen nyoba resep ini....belum kelakon juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ihh cobain um, seruu banget cill suka bangeett...:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^