Ali Agrem

Ali Agrem

Assalamua'laikum...warohmatulloh wabarokatu...
Pagi...


Ali agrem ini merupakan kue khas dari daerah Jawa Barat dan Betawi. Bentuknya bulat kecil dengan lobang ditengahnya, persis seperti donat, namun ukurannya lebih kecil. Ali agrem terbuat dari bahan yang tidak terlalu banyak. Hanya tepung beras, kelapa, dan gula. Namun proses pembuatannya yang memakan waktu cukup lama. Adonan kue yang sudah tercampur harus diinapkan semalaman sebelum digoreng. Pun setelah matang, untuk mendapatkan tekstur yang lembut, kue harus disimpan dulu setidaknya setengah hari, sebelum disajikan. Rempong ya? mending ngesot ke pasar deh beli yang udah jadi hahah...

 

Ali Agrem



Sejujurnya saya masih belum puas dengan hasil akhir dari kue ali agrem yang saya buat ini. Secara keseluruhan udah enak. Hanya saja, sepertinya agak kurang air di adonannya. Emh terus lagi, penambahan kelapa itu saya masih ragu, apa memang versi ali agrem dari Jawa Barat pake kelapa parut yah, soalnya yang biasa saya makan gak kerasa kelapanya sama sekali. Mungkin versi Betawi yang pake kelapa parut, pikir saya. Saya udah ngubek-ngubek resepnya di internet, tapi semua resepnya memakai kelapa parut. Sebenarnya saya udah mau nyobain versi yang gak pake kelapa parut cuma belum sempet aja... Nanti mau saya bandingkan kira-kira enakan yang mana. Ntar deh kalo ada waktu, sekarang masih riweuh sana sini... hehehe.. _*




Ali Agrem



-----------------------------------------

ALI AGREM
Source: Tabloid Nova (versi modifikasi ala saya)



Ali Agrem






100 gr kelapa setengah tua, sangrai
150 gr gula merah (aslinya 75gr)
170 ml air (aslinya 125 ml)
250 gr tepung beras
50 gr gula pasir
1/4 sdt garam
1 lmbr daun pandan (optional)
Minyak untuk menggoreng




Rebus gula merah, pandan dan air sampai mendidih, saring. Langsung tuang ke tepung beras saat masih panas, tambahkan sisa bahan lain, aduk rata. Diamkan semalaman. Bentuk pipih bulat, lubangi tengahnya. Goreng dengan api sedang, karena terbuat dari gula merah jadi hati hati jangan sampai gosong karena akan langsung kecoklatan warna kulitnya. Angkat. Tiriskan. Diamkan selama 12 jam sebelum disajikan.



-----------------------------------------


Selamat mencoba, semoga bermanfaat... 



Wassalam,




6 comments :

  1. wa alaikumsalam....
    kirriiimmm,kayaknya aku pernah lihat ulasannya di tv,enak banget katanya >_< *kemudian ngilerrr*

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyoo enak bangeeet, ah jangan ngiler bikin aja yukss.. :D

      Hapus
  2. Teh, blognya makiiin kereeen...
    Ali agrem aq blm pernah nyoba, ga tau enakan pake kelapa apa pake nata
    #eh

    BalasHapus
  3. males buatnya teh...bisa terima orderan teh? he he he..
    belum pernah makan nih kayaknya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahha.. eh beneran lho kemarin sampe ada yang nge WA order pang bikinin ali agrem ini, dikiranya aku jualan... hihihi

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^