Pumpkin Turnovers

Pumpkin Turnovers

Assalamua'laikum warohmatulloh wabarokatu....
Wilujeng wengi...


Turnuvers itu sejenis pastry yang dibuat dengan cara memasukan filling ke dalam adonan [misalnya puff pastry] kemudian dilipat dan ujung ujungnya saling direkatkan. Untuk isiannya bisa macem macem, ada yang manis atau asin, bisa diseuaikan dengan selera masing masing. Turnovers asin biasanya berisi daging atau sayuran, sedangkan yang manis biasanya diisi dengan selai, buah, atau seperti yang saya buat ini, diisi dengan labu kuning. Turnovers tidak hanya bisa dibuat dengan adonan puff pastry saja, tetapi juga bisa dibuat dengan adonan pastry tipe yang lain. Cara mengolahnya pun bervariasi bisa dipanggang atau digoreng. Turnovers biasa disajikan sebagai dessert. Terutama yang manis ya... Kira-kira begitulah, saya kurang pandai mendeskripsikannya_^




Pumpkin Turnovers



Saya memilih labu kuning sebagai isiannya karena unik aja, kayaknya bakalan lembut banget pas digigit. Apalagi pake tambahan kayu manis, jadi lebih semriwing aromanya. Cara membuatnya pun relatif mudah, apalagi kalo puff pastry yang digunakan adalah yang siap pakai. Kita tinggal masukin isiannya. Panggang... jadi deh! Udahlah hidup udah susah kita bikin yang mudah aja hehehe.. 



Pumpkin Turnovers




O yah labu yang saya pakai ini agak basah, kurang tua kayaknya, jadi hasilnya setelah dikukus  berair gitu... Untuk menyiasati biar pas dimasukin ke adonan gak mbelenyek ke mana-mana, saya memasak dulu semua bahan fillingnya sebelum dipanggang. Tapi kalo labunya gak terlalu basah, gak usah ya, langsung aja masukin ke adonannya.



Pumpkin Turnovers



Hasilnya? puff pastry yang kering renyah berpadu dengan lembutnya labu dan aroma khas dari kayu manis. Simple padahal, tapi kok enak juga yah... Alhasil saya sampe ngabisin beberapa buah turnovers hangat  ini sekali santap. Untunglah keburu eling hehehe... kalo nggak libas aja seloyang abis semua... _T



------------------------------------- 
 PUMPKIN TURNOVERS



Pumpkin Turnovers





10 lmbar puff pastry ukuran 10x10 cm
1 btr telur, kocok lepas




Isian:
1 cup labu kuning yang sudah dikukus dan dihaluskan
1/2 sdt kayu manis bubuk
1/3 cup gula pasir
1 sdt vanilla ekstrak
Kismis, sesuai selera
27 gr susu bubuk







Isian:
Campurkan labu, gula, susu, kayu manis dan ekstrak vanilla, aduk rata. Tambahkan kismis, aduk.
Siapkan satu lembar puff pastry, beri 1 sdm isian kemudian lipat, rekatkan sisi sisinya dengan cara ditekan memakai garpu. Olesi permukaanya dengan telur yang sudah dikocok. Panggang di suhu 200'c selama 12-15 menit. Sajikan.



-------------------------------------


Selamat mencoba, semoga bermanfaat....


Salam,



8 comments :

  1. duhhh appetizing bangeeet.... mauuu....

    BalasHapus
  2. duuuhh asli fotonya buat ngiler, kirim ke medan dong :D

    BalasHapus
  3. Selamat ya teteh..udah menang cookbook challenge

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama mbak selma, selamat juga buat mbak selama heheheh

      Hapus
  4. Aku suka kalo isi nya tuna trus ditemani es teh manis

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^