Peuyeum Goreng A la Katsu

Peuyeum Goreng A la Katsu

Assalamua'laikum warohmatulloh wa barokatu...
Wilujeng wengi...


Awww.... sejujurnya mata udah sepet, tapi rindu pengen ngeblog heheh... Padahal sebenarnya pengen curcol... eaaa...

Yah, seperti biasa, saya baru saja menyelesaikan cicilan tulisan untuk disetor ke seseorang. Klient tentunya. Belakangan sepertinya ideologi saya dengan dunia blogging semakin memudar, jujur. Dulu, ngeblog itu beneran nyari kesenangan. Pengen berbagi resep dan hahaha hihihi lepas tanpa beban. Gak pake mikir ini itu yang penting hepi. Belakangan, semua berubah ketika negara api menyerang... hohoho. Saya masih memakai istilah itu, meski Avatar Aang sudah tiada digantikan avatar Kora yang lebih Rawwk..... eaa ngacoo...  oke, maksudnyaaaahh, semua berubah ketika saya mulai mendapat satu dua pesanan. Awalnya cuma pesanan iklan produk, belakangan lebih sering pesanan poto produk. Lalu nambah lagi pesanan resep. Cukup sampai di situ? nggak!  ada juga yang pesen logo, sticker, ngiklan di medsos dan lain sebagainya.. omaygat! bayangkan, saya harus bisa menulis resep, tukang ngiklan dadadakan, tukang motret jejadian, tukang ngedit sticker dan bikin logo! *mimisan...




Peuyeum Goreng A la Katsu



Lelah? pasti lha ya...
Karena semua dilakukan di tengah kesibukan saya mengatur urusan domestik, masak, nyuci, nyetrika, ngejar-ngejar balita yang susah makan, ngejar-ngejar tukang sayur yang kayak gak niat jualannya, nge-gas aja gitu gak pake larak lirik emak-emak yang udah rempong lari-lari... nah nah semacam itulah *karena seumur-umur saya gak pernah punya ART. Dan yang paling berat adalah beban psikis saya yang beberapa bulan ini terus menerus menguras air bak *eh? sory... menguras emosi, kamsudnyah... Tapi yah begitulah... Meski dengan semuanya saya tetap cengengesan seperti biasa.  Pemirsa tidak usah berharap saya menuliskan hal hal melodramatis bak opera sabun, saya tetap waras dan bahagia, meski akhirnya curcol juga*ditakol readers. Ok, lupakan... Balik lagi ke soal ngeblog. Jadi sejak saya mulai tau bagaimana cara meng-uang-kan hasil jepretan saya, belakangan, ngeblog jadi tidaklah se-intens dulu. Tidak juga se happy dulu. Bukan perkara ngeblognya, bosen apa gimana gitu, bukan itu, tapi lebih ke manajemen waktu aja. Kayaknya sempit banget tibang pengen nge-share resep yang cetek-cetek aja susah beuud!. Jangankan share resep, komen aja kadang ada yang dibales, sekalinya dibales lama banget balesnya, atau lebih parah, malah lupa gak dibalesin...*diguyur jelantrah... Kalo blogwalking wah jangan ditanya, udah kayak ngilang aja dari  peredaran. Padahal aslinya pengeennn ih sungguh.. tapi lelah aja gitu seharian motret, ngurus ini itu, malem ngedit dan nulis beberapa pesenan, nah waktunya ngeblog dll, saya udah teler. Apalagi belakangan ada pertimbahan, mana dulu nih yang bakal cair duluan....
*doeng....~ 

 

Peuyeum Goreng A la Katsu



Emh...
lanjutin gak yah curcolnya?
kayaknya udahan dulu yah, pemirsa udah mulai mulez dan kezeel kayaknya. Jadi, sebelum saya disembor air mending ngebahas resep dulu aja kali yah, besok besok deh ya, saya curcol-curcol lagi, itu pun kalo ada yang baca... atau saya gak lupa*modus.


Jadi apa ini? semacam katsu kok penampakannya macam comro sih ceu? hahaha. iya emang. Padahal itu bikinnya gak segendut itu, tapi lonjong pipih, cuma pas udah digoreng, napa jadinya gendut yah... 
Idenya bermula ketika saya beli sekotak tape peuyeum [tape singkong] yang sebenarnya bukan pengen peuyeumnya, tapi lucu aja gitu liat beseknya, mini mini. Dasar emak-emak laper mata! woaahh beseknya bisa jadi dijadiin props juga, pikir saya, beli lah itu sekotak peuyeum. Bingung kan peuyemnya mau dibikin apa, pas saya icip rasanya kok begini... Saya intip di kertas kemasannya, ternyata oh ternyata itu made in Tegal! bookkkk aneh banget yah, Bandung kan gudangnya peuyeum, kenapa supermarketnya ngimpor puyeum dari tegal???!  jadilah itu rasanya gak keruan  [orang Tegal, no offense.. *piss]  Akhirnya, akang ngasih win win solution.. *cailah gaya... dibikin ala katsu aja, katanya. Ya sudin, besoknya jadilah peuyeum katsu ini. Soal rasa? entahlah... saya lagi puasa pas bikin, kata akang sih enak enak aja... :D. Penasaran? cobain lah sendiri.... _*



------------------------------
PEUYEUM GORENG A LA KATSU



Peuyeum Goreng A la Katsu




Untuk 12 buah


Bahan A:
250gr peuyeum [tape singkong], buang tengahnya, haluskan
1 1/2 sdm susu kental manis
75 gr keju, parut
1 sdt ekstrak vanilla
1 1/4 sdm maizena


Minyak untuk menggoreng



Bahan B [pelapis]:
1 sdm terigu, encerkan dengan sedikit air
Tepung roti kasar, secukupnya





Campurkan semua bahan A, kecuali minyak goreng. Ambil 1 sdm adonan bentuk bulat pipih. Lakukan sampai habis. Baluri dengan terigu tipis tipis aja jika terlalu basah.

Celup ke bahan B, gulingkan ke tepung panir. Goreng sampai kuning kecoklatan. Sajikan.



------------------------------


Selamat mencoba, semoga bermanfaat....

Salam,





12 comments :

  1. walaupun udah ngantuk begitu posting peyeum goreng ini pastiinget ke saya kan...kan cuma saya yang mengenal peyeum mah atuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha coba bikin peuyeum ubi cilembu kang :D

      Hapus
  2. iya teh riweuh kalau ga punya ART, aku juga gitu....riweuh..
    apalagi kalau sdh habis masak, ah seandainya ada ART, paling ga ada yang bantu beres-beres kekacauan..he he he..
    Okey teh Ayu nu meni geulis, nikmati saja, kan lumayan tuh transferannya, ha ha ha...
    Tuh peuyeum gorengnya asli montok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha tos atulah senasib...
      iya nuhuun...
      mntok kayak yang bikin T_T

      Hapus
  3. Masukkn tissue ke hidung buk tukaaang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bu perawat emmang selalu siap sedia hahaha..
      makasih mam Medina...:*

      Hapus
  4. kebayanglah enaknya,,,,kurang satu,saos sambel.. #eh hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. emh...????
      *kunyah puyeum cocol sambel :D

      Hapus
  5. Ayuuu sehat2 yaaaah... Cemungudh qaqaaaq!

    BalasHapus
  6. mbak Ayu, garpu seperti itu beli di DH kah ?

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^